Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

250 Pelajar Berprestasi Ramaikan Forum Pelajar Indonesia ke -5

FOR-5 diikuti 250 pelajar Indonesia berprestasi dari 29 propinsi
Bagikan:

Hidayatullah.com—Dengan mengusung tema “Ayo Kreatif Demi Indonesia” sekitar 250 pelajar Indonesia berprestasi dari 29  propinsi mengadakan Forum Pelajar Indonesia  (FOR) ke-5.

Antusiasme para pelajar untuk turut serta dalam kegiatan ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jumlah pendaftaran peserta mencapai 1.085 orang dan setelah melewati proses seleksi yang ketat tersaring 250 pelajar berprestasi SMA, SMK dan MA dari 29 propinsi yang berhak mengikuti FOR ke-5 di Jakarta. 

Ketua Panitia penyelanggara, Fikri Mochammad Khaerul mengatakan, “Pada kegiatan FOR Ke-5 ini sangat diharapkan untuk para pelajar lebih bisa menciptakan keterampilan sehingga mereka bebas mengembangkan diri mereka di berbagai bidang. Mereka semua mempunyai ide dan gagasan yang sangat bagus dan mereka juga akan mendapatkan banyak pengalaman berharga serta melakukan berbagai macam kegiatan positif.”

“Kami sangat senang karena sampai tahun ke-5 kegiatan FOR masih mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari para pelajar di seluruh Indonesia, dan masih mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.

FOR merupakan perhelatan akbar para pelajar Indonesia yang telah diselenggarakan sejak tahun 2009 silam dan sudah memasuki tahun kelima.

Sampai saat ini kami sudah mempunyai 1.200 alumni, serta 250 peserta aktif di 27 provinsi,“ tutur Fajar Kurniawan selaku Direktur Indonesia Student & Youth Forum.

FOR ke-5 dilaksanakan mulai Hari Selasa (18/12/2013) di Auditorium Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dibuka Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof.Dr. Agus Sartono, MBA.

Proses seleksi peserta FOR berlangsung selama satu bulan dan tidak hanya dilihat dari prestasi akademis semata tetapi para peserta harus memiliki ide dan gagasan dalam bentuk program yang berkaitan dengan cara mereka mengespresikan kecintaan terhadap Indonesia.

Para peserta harus melalui seleksi yang sangat ketat mulai dari seleksi administrasi dan pembuatan video yang berdurasi maksimal 30 detik dengan tema Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan terhadap Indonesia.

“Saya bangga bisa terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat serta memiliki kesempatan bisa bergabung bersama kawan-kawan dari daerah lain untuk belajar banyak hal dan saling menularkan semangat di kegiatan FOR 5 2013,” tutur seorang peserta asal Jawa Barat.

Acara FOR ke-5 dilakukan dengan serangkaian kegiatan seperti “Dialog Kebangsaan, Corporate Visit, Meet the leader dan CEO, Workshop”, dan beberapa aksi dari para peserta seperti Kampanye MPGG (Merah Putih Gaya Gue) dan aksi sosial seperti penanaman pohon bagian bibit di Car Free Day.

Puncak acara akan dipusatkan di Blok M Plaza pada hari Ahad (22/12/2014) , yang dihadiri oleh pengusaha dan Pimpinan Partai Golkar Aburizal Bakrie.

“Kegiatan seperti FOR patut untuk diapresiasikan. Saya sangat berharap, acara FOR ini dapat terus berjalan karena telah memberikan wadah bagi para pelajar di Indonesia untuk berkreativitas dan memberikan banyak pengalaman yang berharga. Saya juga berharap, agar kegiatan FOR dapat terus menginspirasikan pelajar lainnya untuk terus berkreativitas demi Bangsa dan Negara Indonesia,” demikian disampai Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan dalam sebuah dialog di Dapur Sunda Resto.*/kiriman Nosef Nunggaran

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Fadhil Rahmi Kembali Terpilih Ketua IKAT 2015-2018

Fadhil Rahmi Kembali Terpilih Ketua IKAT 2015-2018

Kelompok Pengajian Warga Indonesia di Belanda Ulas Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam

Kelompok Pengajian Warga Indonesia di Belanda Ulas Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam

BMH adakan Tabligh Akbar bertema “Inspirasi Da’i Tangguh”

BMH adakan Tabligh Akbar bertema “Inspirasi Da’i Tangguh”

Guru Besar Al-Azhar Kairo Sampaikan Hikmah Zakat di Kepri

Guru Besar Al-Azhar Kairo Sampaikan Hikmah Zakat di Kepri

Sejumlah Tokoh Hadiri Pelantikan Pengurus IPSA Aceh

Sejumlah Tokoh Hadiri Pelantikan Pengurus IPSA Aceh

Baca Juga

Berita Lainnya