Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Fahmi Islam Harumkan Indonesia di Maroko dengan Predikat “Musyarraf Jiddan’’

Fahmi mengharumkan bangsa Indonesia dengan predikat Summa Cum Laude
Bagikan:

Hidayatullah.com—Awal tahun baru, negeri yang akrab dengan sebutan terbenamnya matahari (Al-maghribi),Maroko, kembali dikejutkan dengan berita hangat yang ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Tepat hari Sabtu (12/01/13), bertempat di Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Sidhi Mohammed Benabdillah Fes, berlangsung sidang doktoral Ustad Fahmi Islam Jiwanto, mahasiswa Indonesia asal Kediri yang berhasil meraih pridekat “musyarraf jiddan’’ (summa cum laude) dalam bidang maqoshid syari’ah, demikian dikatakan oleh Sukmahadi, salah satu pelajar Indonesia yang turut hadir pada acara ini

Fahmi Islam Jiwanto sukses dalam uji doctoral  dalam bidang maqoshid syari’ah  dengan judul, “Maqashid as-Syari’ah wa Dauruha fi Shiyaaghot al-Mustaqbal” (Maqosid Syari’ah dan Perannya dalam Membentuk Masa Depan Masyarakat Islam) dengan didampingi tim pengujinya yaitu Dr. Jilali Al Marini, Dr. Muhammad Roughi, Dr. Abdul Hak Yadir, dan Dr. Umar Jiddiyah.

Sidang yang dimulai pukul 09.00 pagi waktu setempat dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia Untuk Kerajaan Maroko H. Tosari Widjaja, sejumlah perwakilan PPI Maroko dari tiap-tiap daerah di Maroko, citivitas akademika Universitas Sidhi Mohammed Benabdillah dan mahasiswa Maroko di Fakultas  Sastra dan Humaniora. 

Di tengah berlangsungnya sidang tersebut, Dr. Mohammed Roughi selaku pembimbing dan menjabat sebagai Rektor. Univ, Qurawiyyin memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Ust. Fahmi Islam Jiwanto karena telah berhasil mempertahankan apa yang telah ditulis dalam disertasinya. 

“Saya mengenal baik Fahmi Islam Jiwanto melalui adab dan cintanya terhadapa ilmu, sayapun tahu bahwa ia hafal al-Quran. Saya berharap semoga bisa menjadi ulama umat,’’ begitu komentar Dr. Muhammad Roughi sebelum acara ini selesai. Hal senada juga diutarakan oleh salah satu tim pengujinya yaitu Dr. Abdul Haq Jiddiyah.

Setelah istirahat 15 menit selepas sidang selesai maka, tim penguji kembali menuju forum untuk mengumumkan nilai yang pantas diberikan untuk mahasiswa Indonesia ini.  

Dalam kesempatan itu, Dubes RI H. Tosari Widjaja beserta jajaran staff KBRI Rabat, mahasiswa/i Indonesia dan masyarakat Indonesia di Maroko menyampaikan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh Fahmi Islam. Dubes RI H. Tosari Widjaja berharap semoga ilmunya bermanfaat untuk umat, masyarakat dan negara Indonesia.*/kiriman Kusnadi El-Ghezwa Koordinator Media Informasi Perhimpunan Pleajar Indonesia (PPI) Maroko

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

BMH Siapkan Program Ifthar Bersama Muslim Rohingya

BMH Siapkan Program Ifthar Bersama Muslim Rohingya

Hari Gizi Nasional, BMH Bantu Menyehatkan Generasi Papua

Hari Gizi Nasional, BMH Bantu Menyehatkan Generasi Papua

Kunci Produktif Menulis Itu “Why”, Bukan “How”

Kunci Produktif Menulis Itu “Why”, Bukan “How”

IGI Aceh Tingkatkan Kompetensi Guru-guru SLB di Tengah Pandemi

IGI Aceh Tingkatkan Kompetensi Guru-guru SLB di Tengah Pandemi

IMS Kirim Tim Medis Bantu Korban Kabut Asap Sumatera dan Kalimantan

IMS Kirim Tim Medis Bantu Korban Kabut Asap Sumatera dan Kalimantan

Baca Juga

Berita Lainnya