Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

PPI Yaman Kembali Launching Buku Baru

Bagikan:

Hidayatullah.com–Satu lagi buah karya yang berhasil dilahirkan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Yaman di tengah kesibukannya menjalani aktivitas akademis. Setelah buku sastra Simfonie Balqies berhasil launching di lima Negara; Hongkong, Rusia, Yaman, Indonesia dan Singapura, hari Senin (07/01/2013), PPI Yaman kembali melaunching buku terbarunya berjudul “KodifikasiInterdisipliner”.

Buku setebal 172  halaman tersebut merupakan kumpulan karya ilmiah yang telah didiskusikan dalam forum diskusi ilmiah bernama “FIKROH: Kanal Penajam Intelektual”. 

Sebuah forum kajian ilmiah di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Dakwah PPI Yaman yang menjadi wadah dinamika intelektualisme para pelajar di Yaman, baik mereka yang menempuh studinya di bangku perkuliahan, maupun dengan sistem halaqah di masjid dan pesantren.

“Walau selama ini terkesan bahwa pemikiran konseptual dan metodologis mulai pupus, namun buku ini cukup guna menepis sangkaan tersebut. Sudah seharusnya para intelektual muda Muslim yang telah mengenyam pendalaman atas turâts untuk membangun kembali tatanan paradigma Islam, guna merevitalisasi tradisi keilmuan kita. Buku “Kodifikasi Interdisipliner” adalah sebuah langkah penting dalam mengejar cita-cita mulia tersebut,” ujar Ismail Fajrie Alatas, MA, sejarawan dan kandidat Ph.D Universitas Michigan, Amerika Serikat, dalam endorsemen buku tersebut.

Tema-tema yang diangkat dalam buku ini pun sangat bervariasi dan tidak hanya satu disiplin keilmuan tertentu. Mulai dari studi pemikiran tokoh klasik-kontemporer hingga telaah seputar masalah-masalah sosial-keagamaan. Tulisan-tulisan yang ditorehkan dalam buku ini juga menjadi bukti kuat adanya progresivitas serta keseriusan para pelajar di luar negeri dalam menyikapi problematika yang sedang berkembang di Nusantara.

Sementara itu, Koordinator PPI se-Dunia, Zulham Effendi, memberi apresiasi terhadap kesuksesan penerbitan buku ini.

“Buku ini telah menantang saya dan seluruhPelajar Indonesia se-Dunia untuk bisa menulis buku di tengah-tengah kesibukan akademis yang tidak pernah ada habisnya. Salam sukses, PPI untuk Indonesia,” kata Zulham.*/kiriman Dzul Fahmi, Mahasiswa Fakultas Syariah wal Qanun Universitas Al-Ahgaff, Hadhramaut-Yaman 

Rep: Sarah Chairunisa
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mobile Masjid Mudahkan Anggota Komunitas Bike to Work Shalat

Mobile Masjid Mudahkan Anggota Komunitas Bike to Work Shalat

Begini Suasana Hapus Tato Perdana di Palembang

Begini Suasana Hapus Tato Perdana di Palembang

Warga Indonesia di London Ingin Berinvestasi Syariah

Warga Indonesia di London Ingin Berinvestasi Syariah

Peringati Hari Kemerdekaan RI, IMS Gelar GGN

Peringati Hari Kemerdekaan RI, IMS Gelar GGN

Hapus Tato Ribuan “Sahabat Hijrah” di Pulau Seribu Masjid

Hapus Tato Ribuan “Sahabat Hijrah” di Pulau Seribu Masjid

Baca Juga

Berita Lainnya