Mahasiswa Indonesia Raih Gelar “Summa Cum laude” di Maroko

Selama tahun 2012 ini, Maroko telah menelorkan sebanyak 11 sarjana-serjana  asal Indonesia. Dengan rincian 6 orang strata 1, 3 orang master dan 2 orang doktor

Mahasiswa Indonesia Raih Gelar “Summa Cum laude” di Maroko

Terkait

Hidayatullah.com—Hari Jumat (21/12/2012) bertempat di auditorium Az-Ziyani, Fakultas Sastra dan Humaniora, Universitas Moulay Ismail-Meknes Maroko, seorang putra Indonesia M. Helmi Basri, MA meraih gelar doktor dengan predikat “Summa Cum Laude”

Sidang disertasi doktoralnya digelar  pukul 15.30 waktu Maroko dengan judul “At-Ta’amul al Maqaasidy Ma’a as-Sunah an-Nabawiyah wa Tanziiluhu ‘ala Ba’dli al-Waqaai’i al-Mu’aashiroh fi Indonesia” (Interaksi Maqasid terhadap Sunnah Nabawiyah dan Pengaplikasiannya terhadap Beberapa Realita Kontemporer di Indonesia).

“Tim penguji terdiri dari tiga orang, yakni Dr. Mohammed As-Saisie (ketua), Dr. Farid Syukri (anggota), dan Dr. Moulay Umar Bin Hammad (anggota). Sedangkan sebagai pembimbing yakni Dr. Khalid Muqali,” demikian ujar Herdiyansah Amran, salah satu mahasiswa Indonesia di Maroko yang ikut menghadiri acara tersebut.

Sidang juga dihadiri oleh Pelaksana Pensosbud KBRI Rabat, Bapak Suparman Hasibuan, serta sejumlah perwakilan anggota PPI Maroko dari tiap-tiap daerah masing-masing. Diantaranya, dari kota Rabat, Casablanca, Mohammedia, Kenitra, Fes, dan dari kota Meknes sendiri. Tampak pula sebagian mahasiswa Maroko juga ikut menghadiri acara tersebut.

Sidang disertasi yang berjalan cukup menarik dan sedikit menegangkan ini, berjalan lancar dan sukses. Walau ada beberapa kritikan dari dewan penguji, namun Helmi Basri, MA. berusaha mempertahankan apa yang ditulis dalam disertasinya.

Setelah break untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah, acara dilanjutkan dengan pembacaan hasil keputusan sidang.

Dalam keputusan ini, dewan penguji menganugerahkan predikat “Summa Cum Laude” (Musyarrof Jiddan) kepada Dr. Helmi Basri, MA.

Herdi juga mengatakan bahwa, dengan gelar doktor yang diraih oleh Helmi Basri sore kemarin. Maka, selama tahun 2012 ini, Maroko telah menelorkan sebanyak 11 serjana-serjana muda untuk tanah air tercinta. Dengan rincian 6 orang strata 1 (LC), 3 orang strata 2 (Master), dan 2 orang strata 3 (Doktor).

Dalam kesempatan, ini ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko H. Habib Chairul M, Lc. Serta anggota PPI Maroko dan warga Indonesia di Maroko memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Ust, Helmi Basri.

Ketua PPI Maroko H.Habib Chairul M, Lc. Menyampaikan bahwa hal ini tentu menjadi kebanggan kita bersama sebagai bangsa Indonesia. Semoga dengan semakin banyaknya alumni lulusan Negeri Maghribi ini, dapat menambah warna baru dalam khazanah keilmuan dan pemikiran keislaman di tanah air. Amiin.*/Kiriman Kusnadi El-Ghezwa, Koordinator Media Informasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !