Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

428 Mahasiswa Baru Ikuti Pembekalan dan Orientasi di KBRI Kairo

Mahasiswa baru di Mesir mendapatkan orientasi di KBRI Kairo
Bagikan:

Hidayatullah.com–Mesir merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mendalami ilmu agama Islam. Selain memiliki Al-Azhar sebagai Lembaga Pendidikan Islam tertua yang berhaluan moderat,  Mesir juga merupakan sumber peradaban dunia dan kaya dengan peninggalan sejarah.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar RI di Kairo, Nurfaizi Suwandi, Senin pagi (19/11/2012) saat menyampaikan amanat sebagai inspektur upacara dalam rangka pembekalan bagi mahasiswa Indonesia yang akan menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi Mesir.

Pada tahun akademik 2012/2013 ini, sebanyak 428 mahasiswa baru telah sampai ke Mesir. 

Dalam amanatnya, Duta Besar juga meminta kepada mahasiswa Indonesia agar senantiasa menjaga nilai-nilai bangsa Indonesia yang santun dan berakhlak mulia.

Selain itu, Duta Besar mengingatkan agar mahasiwa mempersiapkan diri sejak awal untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, bukan hanya di kampus, tetapi juga di luar kampus.

Pada kesempatan upacara di halaman KBRI tersebut, Atase Pendidikan KBRI Kairo, Prof. DR. Sangidu, M.Hum, selaku penanggung jawab kegiatan, antara lain melaporkan bahwa dari 428 mahasiswa baru tersebut, 14 orang dari mereka mendaftar di Fakultas Kedokteran di berbagai perguruan tinggi Mesir.

Atase Pendidikan juga menjelasakan bahwa mahasiswa yang telah datang ini merupakan hasil seleksi di Jakarta yang dilakukan oleh tim dari al-Azhar yang diikuti oleh 2800 calon mahasiswa.

Setelah upacara, para peserta juga mendapatkan tambahan materi seputar ke-KBRI-an yang disampaikan oleh Duta Besar RI dan pejabat yang lain di KBRI Kairo.

Selain para mahasiswa, acara tersebut  juga dihadiri oleh para pejabat KBRI Kairo, dan para akademisi tanah air yang sedang berada di Kairo dalam rangka membina dan menjalin kerja sama dengan Mesir, yaitu Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UGM, Pengelola Program Master dan Doktor Kajian Timur Tengah UGM, dan Direktur Program Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sebelumnya (18/11/2012) para peserta telah mendapatkan pembekalan yang bertempat di Aula Pusat Studi Ekonomi Islam Soleh Kamel Universitas Al-Azhar, dengan materi seputar ke-Mesir-an, Ke-Azhar-an dan teknik belajar yang baik di Universitas Al-Azhar untuk meraih prestasi yang gemilang.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara KBRI Kairo dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir.*/ M Nur Salim, Mesir

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Puluhan Mahasiswa Unmul Adakan Aksi Sumpah Pemuda

Puluhan Mahasiswa Unmul Adakan Aksi Sumpah Pemuda

Sekolah Pemikiran Islam: Dakwah Itu Kewajiban Setiap Muslim

Sekolah Pemikiran Islam: Dakwah Itu Kewajiban Setiap Muslim

Identitas Kader Nasyiatul Aisyiyah Bukanlah Aktivis yang Tinggalkan Keluarga

Identitas Kader Nasyiatul Aisyiyah Bukanlah Aktivis yang Tinggalkan Keluarga

Ini Panduan Penting bagi Para Penuntut Ilmu

Ini Panduan Penting bagi Para Penuntut Ilmu

Bersama UBN, SPI Mengenang Keulamaan Buya Hamka

Bersama UBN, SPI Mengenang Keulamaan Buya Hamka

Baca Juga

Berita Lainnya