Rabu, 17 Februari 2021 / 5 Rajab 1442 H

Berita dari Anda

Sekolah Hidayatullah Batam “Belajar di Laut”

Bagikan:

Hidayatullah.com–Murid SD dan SMP Putri sekolah Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam mengadakan kegiatan “Tadabbur fil Bahri”. Acara yang dilaksanakan pada Rabu, 7 Nopember 2012 itu bertempat di Balai Budidaya Laut Batam dan Pantai Melayu Batam. Pembelajaran tentang dunia laut tersebut merupakan bagian dari kegiatan semester yang direncanakan rutin diselenggarakan setiap semesternya. Selain itu, belajar sambil berwisata ke pantai merupakan kegiatan yang digemari anak didik ditambah biayanya yang tergolong ekonomis.

Kegiatan “Tadabbur fil Bahri” tersebut ternyata tidak khusus bagi murid saja, bagi orangtua dan atau wali murid yang berkeinginan mendampingi putra-putrinya sekaligus menambah wawasan kelautannya, diperkenankan ikut menjadi peserta kegiatan tersebut.

“Kita semua sangat butuh menambah wawasan terkait kehidupan di dalam laut, karena laut merupakan tempat hidup makhluk Allah yang terluas di muka bumi ini,” ujar Zen selaku ketua panita.

“Lihat saja murid maupaun orangtuanya sangat antusias dan senang karena selain bisa mengenal lebih jauh kehidupan laut, mereka juga dapat penyuluhan dari tim humas Balai Budidaya Kelautan Batam,” imbuh pemuda yang juga  dosen di STKIP Hidayatullah Batam.

Sementara bagi orangtua murid, kegiatan ini menjadi liburan khusus sekaligus belajar bersama putra-putrinya.

“Hari ini hari aktif kerja, namun kami ijin dan rela dipotong gaji asalkan dapat mendampingi anak-anak ke pantai. Kami juga menjadi lebih kenal jenis makhluk hidup ciptaan Allah yang ada di laut,” ujar seorang wali murid yang tidak ingin disebut namanya.

“Hari ini anak-anak begitu riang-ceria dan cuaca alam juga cerah mendukung kegiatan ini”. Imbuh orangtua yang membawa kedua putrinya tersebut.

“Ini pengalaman hidup saya yang pertama dan menyenangkan ketika di pantai. Kami belajar bersama, mandi di pantai bersama ustadzah menggunakan kerudung dan yang hebat lagi untuk pertama kalinya saya sholat berjamaah di bibir pantai,” Kata Kerensia Manik, santriwati SMP Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam asal Madura.

“Kami jadi lebih mengenal jenis ikan laut yang selama ini senantiasa mendoakan kami ketika sedang belajar. Subhanallah ikan-ikan itu sangat indah dan unik yang tak mungkin manusia mampu menciptakannya,” ujar Putri Oktaviana Akbar Simandjuntak, teman sekamar Kerensia Manik.

Pak Sama’an selaku divisi humas Balai Budidaya Laut Batam merasa kagum saat menerima sekaligus menjadi penyuluh dalam acara tersebut.

“Sejak datang hingga acara berlangsung anak-anak ini tidak henti bertasbih, ini luar biasa yang jarang saya temukan dari murid sekolah lain. Harapan besar kami bisa menggandeng sekolah Luqman Al-Hakim dalam acara sosialisasi kelautan yang sering kami adakan di televisi swastam,” ujar beliau.

Sebagai penutup acara, setiap murid secara sukarela membawa lima potong sampah yang mereka pungut di tepi pantai dan memasukkannya ke dalam tong sampah. Alhamdulillah 30 menit menjelang ashar kegiatan sudah berakhir, seluruh murid SD Luqman Al-Hakim 02 Batam pulang ke rumah masing-masing beserta orangtuanya. Sedangkan bagi santriwati SMP Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam diminta berpisah lagi dengan keluarganya karena harus kembali ke asrama melanjutkan  belajar. */Zen, Batam

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Usamah

Bagikan:

Berita Terkait

Pesantren Tahfidz Diteror Orang Tak Dikenal

Pesantren Tahfidz Diteror Orang Tak Dikenal

Komunitas ‘Aswaja Garis Lurus’ Ajak Teladani Ketegasan Pendiri NU

Komunitas ‘Aswaja Garis Lurus’ Ajak Teladani Ketegasan Pendiri NU

PKS Akan Gelar Munas ke-4  di Depok Jawa Barat

PKS Akan Gelar Munas ke-4 di Depok Jawa Barat

InPAS dan JMMI ITS Adakan Bedah Jurnal Islamia Bahas Syiah

InPAS dan JMMI ITS Adakan Bedah Jurnal Islamia Bahas Syiah

Penting Umat Islam Lakukan Islamisasi Sejarah

Penting Umat Islam Lakukan Islamisasi Sejarah

Baca Juga

Berita Lainnya