Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Berita dari Anda

Peringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, KBRI Kairo Terima Ucapan Mursy

Bagikan:

Hidayatullah.com—Hari Jumat pagi (17/08/2012) halaman rumput Wisma Duta Besar RI di Kairo, Mesir dipadati oleh WNI yang melakukan upacara pengibaran bendera memperingati hari proklamasi kemerdekaan RI.

Bertindak selaku inspektur upacara, Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, dan komandan upacara Mayor Alvin Dermawan Sukardi. Para siswa Sekolah Indonesia Kairo bertindak sebagai pasukan pengibar bendera (Paskibra). Adapun sekitar 100 peserta yang hadir dalam upacara tersebut adalah perwakilan dari masyarakat Indonesia di Mesir dari unsur staf KBRI, mahasiswa, pelajar Sekolah Indonesia Kairo, WNI ekspatriat dan para tenaga kerja Indonesia yang sedang berada di shelter KBRI.

Upacara yang berlangsung selama tiga puluh menit tersebut beralangsung dengan khidmat dan lancar.

Seusai upacara, Duta Besar RI, Nurfaizi Suwandi, saat diwawancarai stasiun Televisi Channel 1 dan Radio Kairo Siaran Indonesia (RCSI) menyatakan bahwa pengakuan atas kemerdekaan Republik Indonesia dipelopori oleh Mesir.

Sejarah mencatat bahwa Mesir merupakan sahabat dekat Indonesia dalam perjuangan melawan kolonialisme melalui berbagai pergerakan internasional, termasuk dalam konteks kerja sama  negara-negara Asia-Afrika pada tahun 1955.

Dalam wawancaranya, Dubes RI mengatakan, kerja sama kedua negara akan semakin ditingkatkan, terutama dalam hubungan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua negara.

Selama ini, hubungan di bidang ekonomi ditandai dengan peningkatan angka perdagangan secara signifikan. Total perdangan dari tahun ke tahun menunjukkan trend peningkatan dengan surplus bagi Indonesia. Angka perdagangan tahun 2010 sebesar USD 1,07 miliar, kemudian naik menjadi USD 1,58 miliar tahun 2011.

Di bidang investasi, produk Indonesia di Mesir diwakili oleh  Indofood dan Kedaung Group Indonesia. Minat pelaku bisnis Mesir terhadap pootensi ekonomi Indonesia terus meningkat seiring dengan keterbukaan perekonomian Mesir.

Utusan Mursy

Sehari sebelummnya, (16/08/2012) KBRI Kairo menerima utusan dari Presiden Muhammad Mursy menyampaikan selamat atas kemerdekaan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, pejabat dari kantor Grand Chamberlain (Protokol Istana Presiden), Mr. Tarek Afifi, menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan RI dari Presiden Mohammed Mursy dan rakyat Mesir kepada pemerintah dan rakyat Indonesia dan berharap semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Dalam rangka memperingati proklamasi kemerdekaan RI, KBRI Kairo melaksanakan serangkaian kegiatan. Selain upacara, sebelum datangnya bulan puasa, KBRI telah melaksanakan kegiatan olah raga yang diikuti oleh para staf KBRI, mahasiswa dan WNI secara umum.

Selain itu, pada tanggal 29 Agustus 2012 mendatang KBRI akan melaksanakan kegiatan resepsi diplomatik mengundang para counterpart KBRI, baik dari kalangan pemerintah Mesir, swasta, dan dari perwakilan negara-negara asing yang berada di Mesir.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Daurah Tahfizh al-Qur’an, 9 Hari bisa Hafal 5 Juz

Daurah Tahfizh al-Qur’an, 9 Hari bisa Hafal 5 Juz

Santri Yogyakarta Peduli Korban Gempa-Tsunami Palu

Santri Yogyakarta Peduli Korban Gempa-Tsunami Palu

Berbagi Qurban hingga Desa Terpencil di Mataram

Berbagi Qurban hingga Desa Terpencil di Mataram

Terapkan Protokol Kesehatan, PW Kepri Siap Ikuti Munas V Mushida Virtual

Terapkan Protokol Kesehatan, PW Kepri Siap Ikuti Munas V Mushida Virtual

Hadirkan Kerinduan Tanah Air, WNI Islamabad Adakan Buka Puasa Bersama

Hadirkan Kerinduan Tanah Air, WNI Islamabad Adakan Buka Puasa Bersama

Baca Juga

Berita Lainnya