Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Bahasa Indonesia Mulai Diminati di Arab Saudi

Para peserta pidato, ketua Panitia HUT RI dan Pelaksana Fungsi Pensosbud
Bagikan:

Hidayatullah.com–Bahasa Indonesia di Arab Saudi semakin lama semakin popular, bukan saja karena banyaknya jumlah  komunitas Indonesia di Arab Saudi, namun juga karena berbagai upaya Perwakilan RI dalam mempromosikan bahasa Indonesia di Negara petro dolar tersebut.

Salah satau nya adalah lewat lomba pidato bahasa Indonesia bagi penutur asing dengan tema “Aku Cinta Belajar Bahasa Indonesia” yang diadakan pada 4 Juli 2012 di kantor KJRI Jeddah.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-67 tersebut mendapatkan perhatian tersendiri  dari warga asing khususnya warga Arab Saudi.

Sebanyak 9 warga asing ikut berkompetisi dalam lomba yang baru pertama kalinya diadakan di Arab Saudi. Tercatat 1 orang warga sudan, dan 8 orang warga Arab Saudi menampilkan kebolehannya berpidato di hadapan sekitar 50 penonton yang terdiri dari para warga Asing.

Acara yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan Restoran Betawi – Jeddah ini dihadiri oleh Plh. Konjen RI Jeddah Cahyono Rustam, Fikdanel Thaufik GM Garuda Indonesia Arab Saudi, Hussein Muhammad Daghiri Kepala Siaran Bahasa Asiang Radio Kerajaan Arab Saudi, Miftahul Jannah Kepala Seksi Siaran Bahasa Indonesia Radio Kerajaan Arab Saudi dan para peserta Kursus bahasa Indonesia di KJRI Jeddah.

Bertindak selaku Dewan Juri  Nur Ibrahim Pelaksana Fungsi Pensosbud II, Muzaffar Syahidu dan Rafiq Rakip kedua nya adalah pegawai KJRI Jeddah.

Ketua Panitia HUT RI Moehammad Amar Ma’ruf dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba pidato bahasa Indonesia bagi penutur asing merupakan bagian dari upaya Perwakilan RI untuk mempromosikan bahasa Indonesia di Luar Negeri, dan meningkatkan people to people contact.

“Indonesia adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Jumlah penduduk Indonesia saat ini lebih dari 250 juta jiwa. Selain itu, Indonesia adalah Negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Saat ini, bersama Arab Saudi, Indonesia masuk dalam Negara kelompok G-20. Artinya semakin hari posisi Indonesia semakin penting bagi dunia Internasional. Karena posisi Indonesia semakin penting di dunia maka peran bahasa Indonesia di dunia juga semakin penting,” demikian diungkapkan oleh Dr, Redha Siraj Al-Thigah dalam pidatonya yang mengantarkanya menjadi Juara I dalam lomba tersebut.

Al-Thigah, yang meraih gelar doktor dari University of Brandford Singapura berhasil membawa pulang tiket Garuda Indonesia Jeddah – Jakarta – Jeddah.

Kepada para peserta lain diberikan voucher makan gratis masing-masing senilai SR 125 di Restoran Betawi Jeddah.

Di sela-sela acara juga diadakan penyerahan sertifikat peserta kursus bahasa Indonesia di KJRI periode bulan Maret – Mei 2012 yang diserahkan oleh Plh Konjen RI Jeddah Cahyono Rustam.

Cahyono Rustam menambahkan bahwa KJRI Jeddah telah mengadakan kursus bahasa Indonesia bagi penutur asing sejak tahun 2004 hingga saat ini. Warga asing di Arab Saudi menyambut baik Kursus BIPA ini, terbukti tidak kurang dari 40 orang tiap tahunnya mendaftarkan diri untuk mngikuti kursus yang diadakan 2 kali seminggu secara gratis.

Di akhir acara panitia juga mempromosikan kuliner Indonesia melalui hidangan santap malam dengan menyajikan sate, sop ikan, dendeng balado, perkedel dan capcay dari Betawi Restaurant. Terlihat para peserta dan penonton sangat menyukai menu Indonesia.*/kjri Jeddah

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mata Pelajaran Dayah di Turki sama Seperti Dayah di Aceh

Mata Pelajaran Dayah di Turki sama Seperti Dayah di Aceh

Mahasiswa Muslim Kutuk Serangan Zionis Israel terhadap Masjid al-Aqsha

Mahasiswa Muslim Kutuk Serangan Zionis Israel terhadap Masjid al-Aqsha

BSMI Salurkan Bantuan Obat-obatan Orthopaedi ke RS Nepal

BSMI Salurkan Bantuan Obat-obatan Orthopaedi ke RS Nepal

Hidayat Nurwahid Bersiliaturrahim dengan WNI di Qatar

Hidayat Nurwahid Bersiliaturrahim dengan WNI di Qatar

IIUI Gelar Konferensi Internasional Pendidikan Bahasa Arab

IIUI Gelar Konferensi Internasional Pendidikan Bahasa Arab

Baca Juga

Berita Lainnya