Ahad, 28 Maret 2021 / 14 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Kebugaran itu Penting Bagi Kader Dakwah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Gerimis yang membasahi langit Serpong Utara, tak menyurutkan kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menghadiri acara “Ahad Sehat Keluarga Serpong Utara” yang diadakan oleh DPC PKS Serpong Utara. Acara yang diawali dengan Senam PKS Nusantara ini digelar di Terminal Pasar Gedung Hijau, Perum Pondok Pakulonan, Serpong Utara, Ahad lalu (19/02/2012).

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut mukhoyam yang digelar oleh DPD PKS Kota Tangerang Selatan pertengahan Maret mendatang,” ujar Slamet Suwarno, Sekretaris DPC PKS Serpong Utara di sela-sela acara.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD PKS Kota Tangerang Selatan, Unggul Wibawa menyampaikan taujih tentang pentingnya kebugaran bagi para kader dakwah di Mushola Al Furqon yang tak jauh dari Terminal Pasar Gedung Hijau.

Unggul  Wibawa mengatakan, kegiatan pra mukhoyam itu penting sebelum mengikuti mukhoyam. Sehingga kader PKS harus menyiapkan mental dan fisik. “Mukhoyam itu momentum, yang penting adalah sebelum dan sesudah mukhoyam,” ujar pria yang akrab disapa Unggul ini.

Dikatakannya, mukhoyam adalah salah satu kegiatan yang dapat menjalin ukhuwah dan meningkatkan kebugaran tubuh. Menurut Ust. Unggul, seiring bertambah umur juga akan berpengaruh pada kebugaran tubuh.

Karena itu, yang bisa dilakukan untuk mengurangi penuaan dini adalah dengan membentuk persepsi dan menjaga serta mengelola gaya hidup.

“Biasanya penurunan kebugaran karena budaya hidup yang tidak pas,” kata Unggul. Beliau juga prihatin dengan berita kematian kader-kader yang meninggal di usia muda.

“Urusan kematian adalah takdir Allah dan masalah akidah. Tapi kita perlu memaksimalkan ikhtiar,” ungkapnya.

Beliau menjelaskan, untuk menjaga kebugaran perlu dilakukan budaya hidup sehat seperti makan cukup gizi, dengan lauk tahu dan tempe sudah cukup,  dan jangan makan makanan junkfood.

Kemudian, lanjut beliau,  istirahat yang cukup, kurang tidur menjadi masalah karena orang yang istirahat kurang denyut jantungnya menjadi lebih kencang, dan cenderung minum banyak sehingga bisa menyebabkan kegemukan.

“Selain itu metabolisme tubuh juga perlu istirahat,” jelas Unggul.

Unggul menambahkan, olah raga teratur juga penting dan dilakukan secara bersama-sama, orang yang bergaul dengan orang bugar maka akan ketularan suka olah raga, karena kebugaran itu menular seperti keimanan sehingga perlu dilakukan secara jama’i .

“Orang bugar produktivitasnya lebih  tinggi, dan tugas-tugas dakwah hanya bisa dilaksanakan oleh orang-orang yang bugar,” imbuhnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 -11.00 WIB ini juga dimeriahkan dengan game teamwork yang diikuti lebih dari 50 kader PKS Serpong Utara dan pengumuman pemenang hadiah lomba Surat Cinta Untuk DPC Serpong Utara.*/Cipto, PKS Serpong Utara

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Islam Bangkit karena Budaya Literasi

Islam Bangkit karena Budaya Literasi

MTS Nurul Iman Kupang Belajar Zakat ke BMH

MTS Nurul Iman Kupang Belajar Zakat ke BMH

Pendiri SPI: Perang Pemikiran Butuh Keseriusan & Persiapan

Pendiri SPI: Perang Pemikiran Butuh Keseriusan & Persiapan

Mahasiswa Indonesia Ikut Kompetisi Renang antar Universitas se-Arab Saudi

Mahasiswa Indonesia Ikut Kompetisi Renang antar Universitas se-Arab Saudi

Memenangkan Ghazwul fikri dengan Ilmu

Memenangkan Ghazwul fikri dengan Ilmu

Baca Juga

Berita Lainnya