Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Advertorial

Pilih Paket Wisata Atau Rencanakan Perjalanan Sendiri, Ini Plus Minusnya

Bagikan:

Pilih Paket Wisata Atau Rencanakan Perjalanan Sendiri, Ini Plus Minusnya Liburan ke luar kota atau ke luar negeri bisa dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa paket wisata. Tentu ada untung ruginya ketika memilih paket wisata atau merencanakan sendiri. Sebelum memutuskan yang mana, coba deh pertimbangkan plus minus dari masing-masing pilihan.

Memakai Paket Wisata

  • Plus –

Simple

Kamu tinggal memilih paket yang mana yang sesuai dengan keinginan dan juga budget. Selebihnya diserahkan kepada pihak tour and travel. Yang kamu perlukan cuma duduk manis dan menerima instruksi dari guide.

Mulai dari transportasi selama di kota tujuan, tempat menginap sampai di mana kita makan, semua sudah diatur oleh pihak tour. Termasuk tiket masuk ke tempat wisata jika ada.  Kamu tinggal menikmatinya saja.

Hemat

Dengan paket, harga yang kamu dapatkan bisa lebih murah daripada berangkat sendiri. Karena ketika berombongan, harga bisa ditanggung bersama dan pastinya ada diskon

Tak pusing mau ke mana

Tujuan wisata selama di tempat tujuan sudah ditentukan oleh pihak tour. Ketika kamu tidak mengetahui seluk beluk sebuah kota, perjalanan dengan tour bisa mengurangi rasa pening karena bingung mau ke mana. Mereka lebih mengerti destinasi wisata yang dituju dan bagaimana caranya untuk sampai ke lokasi.

Merencanakan Sendiri

  • Minus

Tidak bebas

Semua jadwal harus menyesuaikan dengan ketentuan pihak tour. Termasuk jadwal bangun tidur dan makan. Dan juga kamu tidak bisa extend ketika merasa betah di suatu kota. Semua harus mengikuti itinerary yang sudah ditetapkan.

Tidak puas

Biasanya tour memampatkan jadwal agar semua tempat wisata bisa dikunjungi. Tak jarang akhirnya kamu hanya lima menit di tempat tertentu, lalu langsung balik lagi. Keterbatasan waktu membuatmu tak bisa explore tempat wisata sampai mendalam.

Mahal

Jika dibandingkan dengan berangkat sendiri dengan sistem backpacker, maka perjalanan dengan tour akan terasa lebih mahal.

Mengunjungi Tempat Bukan Keinginan Kita

Sebenarnya kamu ingin ke mana, tapi tidak ada jadwalnya di dalam tour yang kamu ikuti. Jadi cuma bisa pasrah deh.

Merencanakan Sendiri

  • Plus

Bebas

Kamu mau berangkat kapan, naik apa, beli tiket pesawat online di mana, nginap di mana, semua keputusan ada di tangan kamu. Bebas mau ke mana saja dan berapa lama tinggal di satu kota, tanpa ikatan jadwal dari tour.

Lebih Murah

Kalau kamu dapat tiket dengan harga terbaik, perjalananmu menuju kota tujuan pasti lebih murah daripada kamu pakai tour. Ibarat sama-sama naik ekonomi, tapi kamu bisa mencari tiket pesawat online dengan harga promo besar-besaran di Traveloka.com. Lebih untung kan?

Selain itu kamu juga bisa menghemat di penginapan dan juga makanan. Tidak harus melulu di hotel atau resto seperti kalau ikut tour. Di sinilah kesempatanmu untuk mengeksplor kuliner lokal yang nggak bisa didapat dari tour.

Lebih Puas

Mau berwisata ke mana dan tinggal di sana berapa lama, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan.

  • Minus

Sedikit destinasi

Tujuan wisata kamu di satu kota bisa jadi lebih sedikit daripada ikut tour.

Biaya Tambahan

Seperti tiket masuk ke tempat wisata, biaya transportasi selama di kota tujuan, membuat pengeluaran liburanmu semakin bertambah.

Tersesat

Ketidaktahuan tentang kota baru yang belum pernah dikunjungi bisa jadi membuatmu tersesat.

Nah, ada plus minusnya sendiri-sendiri kan? Pertimbangkan dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum memutuskan liburan sendiri atau dengan tour. [AD]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Huda Ridwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tim Tanggap Darurat ACT Siaga di Lokasi Bencana Sukabumi

Tim Tanggap Darurat ACT Siaga di Lokasi Bencana Sukabumi

ACT Distribusi Paket Pangan Ramadhan untuk Pengungsi Somalia

ACT Distribusi Paket Pangan Ramadhan untuk Pengungsi Somalia

Terdampak Covid-19, ACT Jawab Keluhan Pedagang Kecil Ibukota

Terdampak Covid-19, ACT Jawab Keluhan Pedagang Kecil Ibukota

Pasar Sembako Indonesia Gratis Dibuka di Kota Gaza

Pasar Sembako Indonesia Gratis Dibuka di Kota Gaza

Janji Eks Dubes Andy Rachmianto untuk Diplomasi Kemanusiaan di Palestina

Janji Eks Dubes Andy Rachmianto untuk Diplomasi Kemanusiaan di Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya