Senin, 5 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Advertorial

Masya Allah, Anak-anak Miskin Pelosok Desa Pun Ingin Jadi Penghafal al Quran

Anak-anak Dusun Ngasem, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.
Bagikan:

UPAYA untuk mendidik dan menjadi penghafal al-Quran ternyata tidak hanya dimonopoli anak-anak dan lembaga-lembaga yang ada di kota atau pesantren-pesantren terbaik, tetapi juga oleh lembaga pendidikan al-Quran dan anak-anak di desa. Cobalah tengok anak-anak yang berada pelosok desa di ujung Propinsi Jawa Timur ini, tepatnya di RT 05/RW 07 Dusun Ngasem, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, sejumlah anak sedang bersemangat menghafal al-Quran.

Jumlah mereka ada 27 anak. Yang sudah ikut belajar hafalan al-Quran sebanyak 15 anak. Alhamdulillah sudah ada yang selesai menghafal juz 30 dan mau menginjak juz 29.

“Mereka anak-anak buruh tani miskin, beberapa di antaranya sudah kehilangan orang tuanya (yatim). Tapi anak-anak ini punya semangat belajar dan ingin bisa baca al-Quran, serta ingin menjadi penghafal Quran,” kata Ust. Lulut Purwo yang setia mendampingi anak-anak desa itu belajar al-Quran.

Menurut Ust. Lulut, anak-anak itu memiliki motivasi menghafal Al Quran seperti anak-anak lain di kota, yang orang tuanya mampu mengirim ke pesantren-pesantren terbaik. Tetapi dengan kondisi yang ada, mereka cukup belajar dan menghafal al-Quran di desa mereka berada saja.

Namun, tantangannya tidak ringan. Kekurangan sarana dan kebutuhan dana operasional menjadi salah satu hambatan yang dialami Ust. Lulut. Untuk mengharapkan bantuan orangtua anak tidak mungkin, karena mereka tergolong duafa. Meski demikian, dia tidak berputus asa. “Mohon kami didoakan, agar bisa istiqomah mendampingi anak-anak. Kami ingin mereka bangkit dan terjaga akhlaknya dengan al-Quran.”

“Saat ini yang sangat mendesak kami butuhkan adalah sarana belajar dan biaya operasional,” tutur Lulut

penghafal-quran-pacitan4

Bagi yang tergerak untuk membantu anak-anak itu, bisa berpartisipasi dengan memberikan dukungan, baik berupa dana, peralatan dan sarana belajar, atau busana muslim, melalui Yayasan Wakaf Quran Suara Hidayatullah. Donasi bisa ditransfer ke rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) No. 372.000.5353 an. YYS. Wakaf Quran Suara Hidayatullah.

Jangan lupa tambahkan angka unik (misal 123) dalam setiap transfer donasi. Contoh Rp.1.000.123. Silakan konfirmasi ke WA: 0813.1752.5826. Informasi lebih lanjut di http://sejutaquran.org/. *

banner-wakaf-quran

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Santri TPA di Riung Kini Antusias Belajar al-Quran

Santri TPA di Riung Kini Antusias Belajar al-Quran

Logo Baru ACT, Refleksi Visi Lembaga yang Rahmatan Lil ‘Alamin

Logo Baru ACT, Refleksi Visi Lembaga yang Rahmatan Lil ‘Alamin

Di Tobelo Empat Santri Berbagi 1 Al-Quran

Di Tobelo Empat Santri Berbagi 1 Al-Quran

Pandemi, Kemiskinan, dan Industri Filantropi sebagai Solusi Ekonomi

Pandemi, Kemiskinan, dan Industri Filantropi sebagai Solusi Ekonomi

NPC dan Mitra Distribusikan 28 Ton Lebih Daging Kurban ke Palestina

NPC dan Mitra Distribusikan 28 Ton Lebih Daging Kurban ke Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya