Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Filantropi

Ponpes Salman Al-Farisi Dirikan Pos Peduli

Bagikan:

Hidayatullah.com—Pondok Pesantren Salman Al-Farisi menggelar kegiatan bakti sosial dan pembagian hadiah bagi para santri. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara “Peresmian Ponpes Salman Peduli (Pos Peduli) dan Silaturahmi Rumah Qur’an Salman Al-Farisi”.

Dihadiri ratusan santri, kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kuttab, Komplek Putri Ponpes Salman Al-Farisi, Harjosari, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Ahad (14/11/2021). Ustadz Ahmad Saijo, selaku Kepala Divisi Dakwah dan Humas Ponpes Salman Al-Farisi menyampaikan, paket sembako berisi beras, minyak, gula, susu, teh, mie instan dan lain-lain dibagikan untuk para dhuafa di sekitar pesantren.

“Pos Peduli ini merupakan unit yang dikelola Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi, tugas besarnya adalah memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Kami berharap adanya pesantren di tengah masyarakat, bisa menjawab kebutuhan mereka semampu yang kami bisa,” kata Ustadz Ahmad di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Mudir Ponpes Salman Al-Farisi, Ustadz Sani Alisyahbana, Lc. mengungkapkan Pos Peduli menjadi wadah bagi para santri mengasah kepekaan sosial mereka. “Kemarin, bertepatan dengan liburan anak-anak santri untuk merangsang kepekaan sosial mereka, pondok memberi tugas bagi anak-anak santri untuk mengumpulkan donasi sembako. Jadi salama liburan 10 hari di rumah, mereka kembali ke pondok membawa bantuan sembako. Donasi sembako ini diperuntukkan bagi siapa pun yang membutuhkan, utamanya kita bagikan kepada tetangga dan warga sekitar pesantren, baik di Harjosari atau Karangpandan,” jelas Ustadz Sanif dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Sanif mewakili pihak pesantren, mempersilahkan Camat Karangpandan, Bapak Rusdiyanto yang hadir di lokasi untuk meresmikan Pos Peduli. “Dengan memohon ridha dan agar peran Pondok Pesantren Salman Al-Farisi dalam kegiatan Pos Peduli berjalan maksimal dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kami nyatakan dibuka,” ucap Bapak Rusdiyanto menandai diresmikannya Pos Peduli.

Selain itu, Bapak Rusdiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pengelola Ponpes Salman Al-Farisi. Mengingat begitu banyak kegiatan pesantren, khususnya Pos Peduli yang memiliki program membantu masyarakat sekitar.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengelola Pondok Pesantren Salman Al-Farisi yang telah menyampaikan beberapa uraian banyak sekali peran dari pondok pesantren yang akan dilaksanakan. Jadi tidak hanya untuk mencari ilmu agama saja, namun juga untuk memenuhi kepentingan-kepentingan masyarakat yang ada di sekitar wilayah Karangpandan,” imbuhnya.

Usai peresmian, acara dimeriahkan pula dengan dongeng yang edukatif untuk menghibur anak-anak bersama Kak Wahyu. Puncak acara adalah pembagian 100 paket sembako kepada para dhuafa dan 250 hadiah bagi ratusan santri Kuttab dan Rumah Qur’an Salman Al-Farisi.

Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Peduli atau disingkat Pos Peduli adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Lembaga tersebut dikelola oleh Divisi Dakwah dan Humas Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi. Hal ini merupakan bagian dari dakwah bil hal, yakni memberikan aksi nyata ke tengah masyarakat.

Sebagaimana layaknya sebuah lembaga, Pos Peduli juga memiliki berbagai program. Di antaranya; Santri peduli,Santunan yatim dan dhuafa, Pembiayaan Rumah Quran (RumahQu) Salman Al-Farisi, Program Pembiayaan Dai Muallim Al-Qur’an (MULQI), Dukungan Beasiswa Penghafal Al-Qur’an, Kedaruratan dan Pemulasaraan Jenazah, Sedekah Jum’at, Sedekah Air, Tanggap Bencana, Infaq Produktif.

Hadirnya Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Peduli (Pos Peduli), diharapkan bisa memberikan kontribusi positif serta solusi ke tengah masyarakat. *

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

baitul wakaf

Baitul Wakaf dan Almaz 313, Bangun Ratusan Masjid di Pedalaman

BMH Wisuda 26 Santri Sekolah Pemimpin

BMH Wisuda 26 Santri Sekolah Pemimpin

wakaf al-quran

Wakaf Al-Quran untuk Santri Pesisir Maluku

istri masuk islam

Dai Tangguh BMH Dampingi Gadis Dayak Bersyahadat

Laznas BMH Raih WTP

Laznas BMH Raih WTP

Baca Juga

Berita Lainnya