Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Pustaka

Merancang Bisnis ala Tatktik Perang Rasulullah

Bagikan:

MENELAAH sepak terjang Rasulullah صلى الله عليه و سلم bagaikan mengarungi lautan yang tak bertepi. Keluasan suri teladan beliau mencakup semua aspek hidup dan kehidupan. Hal ini menunjukkan bahwa Rasulullah memiliki kecerdasan manajerial yang tinggi dalam mengelola, mengatur, dan menempatkan anggota masyarakatnya dalam berbagai posisi sesuai kemampuannya, sehingga dapat mencapai tujuan utama, yaitu membangun masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Ilahi.

Dalam buku Ilham Juara Berbisnis dari Strategi Perang Nabi ini, setidaknya ada dua hal yang menjadi perhatian utama penulisnya, yaitu taktik berperang dan strategi berbisnis ala Rasulullah.

Dalam dunia militer, beliau adalah pemimpin perang yang andal dengan strategi dan taktik yang ampuh. Dalam dunia bisnis, beliau adalah pebisnis ulung yang sukses from zero to hero.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh pasukan muslim membutikan betapa dahsyatnya taktik perang yang dirancang Rasulullah. Dan, ternyata, taktik beliau tersebut sangat aplikatif untuk diterapkan dalam bidang yang lain, bisnis misalnya. Hal ini telah banyak dibuktikan oleh para pengusaha muslim yang sukses dalam dunia bisnis (hal.62).

Buku ini, misalnya, mencontohkan skema peperangan Badar. Ketika terjadi perang Badar, Rasulullah صلى الله عليه و سلم terlebih dahulu menerapkan perang individu sebagai langkah penyerangan. Adu fisik dan kemampuan mengayunkan pedang yang ditunjukkan Umar bin Khattab dan kedua sahabat lainnya sebelum perang Badar benar-benar berkecamuk. Kemenangan Umar dan sahabat yang lain membuat musuh ketakutan. Semangat musuh menciut melihat ketiga pasukan muslim berhasil menumbangkan lawan tandingnya dalam adu pedang.

Dalam dunia bisnis, serangan model perang Badar yang dikenal dengan istilah frontal attack tersebut lebih condong untuk mematikan gerak lawan bisnis dengan menandingi produknya dalam persaingan pasar. Di sini cara-cara strategis untuk menggempur lawan bisnis harus diprioritaskan. Peningkatan kualtias produk, segmentasi dengan cara menurunkan harga di pasar dan pelayanan yang super eksekutif adalah dari sekian banyak cara kewirausahaan yang bisa dilakukan (hal.71-73).

Penulsi buku ini juga mendedah strategi perang Khandaq Rasulullah صلى الله عليه و سلم yang menggunakan tipu daya parit. Syahdan, tentara musuh bergerak dengan penuh keyakinan dapat menaklukkan kota Madinah sebagai markaz Rasulullah dan para sahabatnya. Namun, di luar dugaan, mereka terkejut ketika sampai di perbatasan melihat sebuah parit membentang lebar yang menghalangi upaya mereka untuk menusuk ke jantung pertahanan kaum muslim. Di sisi lain, brikade pasukan muslim terlihat berjaga-jaga dan dalam posisi siap tembak. Walhasil, tentara lawan hanya bisa mengelilingi parit itu sambil menggerutu (hal. 195-199).

Strategi perang parit adalah suatu keniscayaan bila perusahaan bisnis menerapkannya dalam setiap medan laga menghadapi persaingan kompetitor di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Sebagaimana fungsi perang parit untuk menahan gempuran musuh bahkan mencegah masuk ke wilayah kaum muslim, maka lawan-lawan bisnis dipaksa tidak bisa berbuat apa-apa terhadap usaha bisnis yang kita bangun, sementara kita bebas melakukan apa saja.

Selain uraian starategi perang Badar dan perang Khandaq, dalam buku ini juga dipaparkan aneka strategi perang Rasulullah lainnya sesuai tuntutan situasi dan kondisi masa itu. Ketika Anda mampu mengaplikasikan langkah-langkah pemenangan perang beliau ke dalam dunia bisnis, tentu Anda akan mengalami kesuksesan yang tidak saja membahagiakan Anda secara pribadi, juga membahagiakan banyak orang di sekitar Anda. Bagaimanapun, Anda tidak dibenarkan tamak mencari keuntungan pribadi dengan menghilangkan kebahagiaan orang lain. 

Berbagai strategi kemenangan perang Rasulullah صلى الله عليه و سلم, dalam buku ini, dapat mengilhami dunia bisnis demi meraih hasil yang maksimal. Terlebih bagi Anda yang menginginkan keuntungan penuh barakah dalam berbisnis, buku ini layak dijadikan panduan.  

Ahmad Fatoni

Bukumania, tinggal di Malang

============

Judul Buku         : Ilham Juara Berbisnis dari Strategi Perang Nabi

Penulis              : Abdurrahman Sandriyanie Wahid

Penerbit             : DIVA Press, Yogyakarta 

Cetakan             : I, Agustus 2013

Tebal                 : 214 halaman

Harga                 : Rp 32,000/-

Rep: -
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Agar Anak Bebas dari Setan

Agar Anak Bebas dari Setan

Freemason di Indonesia, Sejarah yang Disembunyikan

Freemason di Indonesia, Sejarah yang Disembunyikan

Cara ulama Menyelesaikan Ikhtilaf dalam Hadits

Cara ulama Menyelesaikan Ikhtilaf dalam Hadits

Menguatkan Cinta dengan Bijak Menyikapi Problematika Rumah Tangga

Menguatkan Cinta dengan Bijak Menyikapi Problematika Rumah Tangga

Menata Ulang Format Pendidikan Islam

Menata Ulang Format Pendidikan Islam

Baca Juga

Berita Lainnya