Jum'at, 26 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Pustaka

Launching Buku: “I Love Pesantren”

Bagikan:

Hidayatullah.com–Bermula dari memberikan tugas menulis kepada peserta didiknya, Ghofar El Ghifary, guru Bahasa Indonesia di SMP Al-Qalam Jakarta, berkeinginan untuk mengumpulkan karya siswa-siswanya itu menjadi sebuah buku antologi.

Indikasinya cukup sederhana, ia ingin para peserta didiknya mampu menulis sebuah buku yang diakui dunia, dalam artian tercatat di Perpustakaan Nasional dan ber-ISBN (International Standard Book Number). Kini, usahanya selama mengajar di sekolah berasrama tersebut tak sia-sia.

Buku “I Love Pesantren” adalah bukti nyata dari beberapa usahanya. Setelah sebelumnya juga terbit buku perdana dengan judul “Ternyata Aku Lulus UN” yang diterbitkan oleh penerbit Leutika Publisher, Jogjakarta.

Bersama El Nisa Publisher, Jakarta, Ghofar berhasil mengapresiasi karya tulis anak-anak didiknya yang kedua menjadi sebuah buku. Buku yang ditulis oleh Siswa-siswa SMP Al-Qalam Jakarta tersebut adalah buku kumpulan cerita pendek dan puisi. Di mana mereka mampu menuliskan beberapa cerita yang berlatar belakang kehidupan pesantren. Di sini para pembaca dapat mengambil pelajaran yang teramat penting bagaimana menyikapi rasa rindu ketika kita jauh dari keluarga dan orang tua, bagaimana pula kita menyiasati segala kebutuhan dan keperluan yang harus ditangani dengan mandiri.

Salah satu dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Drs. Syarifudin Yunus, M.Pd., juga ikut andil dalam memberikan endorsment-nya mengenai lahirnya buku “I Love Pesantren” ini.

“Dengan munculnya buku ini telah membuktikan kepada kita bahwasannya kehidupan di pesantren tidak melulu belajar tentang hitam dan putih, tetapi juga belajar bahwa hidup itu berwarna,” ujar dosen yang dikenal inspiratif oleh para mahasiswanya itu.*

Rep: Akbar Muzakki
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Menapak Jejak Islam di Andalusia

Menapak Jejak Islam di Andalusia

Berdoalah dalam Urusan Apa Pun

Berdoalah dalam Urusan Apa Pun

Belajar Islam Dari Sumbernya

Belajar Islam Dari Sumbernya

Mengungkap Sisi Politik Buya HAMKA

Mengungkap Sisi Politik Buya HAMKA

pendidikan adab budi pekerti

Buku Paket tentang Adab Islami 1

Baca Juga

Berita Lainnya