Rabu, 19 Januari 2022 / 15 Jumadil Akhir 1443 H

Opini

9 Hal Jarang Diketahui tentang Mursy

Mursy saat shalat berjamaah
Bagikan:

Oleh: Muhammad Zulfikar Rakhmat

DI SAAT-SAAT kacau seperti sekarang ini, hal pertama yang selalu menjadi korban adalah kebenaran. Dan penguasa, –atas dukungan media—selalu menjadi pengelola informasi dan menjadi pemenanng memanipulasi fakta.

Dan itu adalah yang dapat kita temukan di Mesir sekarang ini dimana Presiden yang terpilih oleh rakyat ditahan atas kejahatan yang tampaknya semakin hari semakin bertambah.

Dr Mohammad Mursy hanya orang biasa, sebagai pemimpin, dia pasti memiliki banyak kesalahan, menjadi presiden adalah pengalaman pertama bagi.  Termasuk pengalaman gerakan al Ikhwan al-Muslimun masuk dalam istana.

Ada beberapa kesalahan kebijakan Mursy (lebih tepatnya, sikap terburu-buru) di awal pemerintahannya, yang akhirnya melahirkan kudeta.

Di antaranya; sejak awal langsung memusuhi Israel, hal ini terbalik dengan pendahulunya  Husni Mubarak. Ia juga langsung berhubungan dengan Gaza sampai membua pintu Rafah.

Ini setidaknya memancing permusuhan Amerika dan Israel. Karena sejak masa Anwar Sadat, Amerika adalah negara pendonor utama Mesir. Sikapnya soal Suriah yang mendukung oposisi membuat Bashar al Assad marah.

Di luar masalah-masalah ikhtiar politik Mursy dan Ikhwan yang akhirnya berujung kudeta, dari banyaknya tudingan yang ditujukan kepada Mursy ada beberapa fakta yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Beberapa Fakta

Setidaknya adalah sembilan fakta yang jarang diketahui tentang Mursy;

Pertama, Mursy adalah seorang penghafal (Hafiz) al-Qur’an

Salah satu fakta yang jarang diketahui adalah bahwa Mursy ialah seorang penghafal al Qur’an. Ini adalah hal yang sangat jarang bagi seorang pemimpin di masa sekarang.

Kedua, ia seorang yang pandai

Banyak yang menganggap bahwa Mursy adalah seseorang yang tidak begitu pandai dan berpendidikan. Media-media Barat sering menggambarkan Mursy sebagai pemimpin yang selalu berketergantungan pada bawahannya tanpa mampu berfikir menggunakan kemampuannya sendiri.

Namun bukti-bukti menunjukkan bahwa Mursy sebenarnya adalah pemimpin yang jauh lebih berpendidikan daripada pemimpin-pemimpin Mesir sebelumnya. Ia memiliki gelar doktor dari Amerika dan ia adalah seorang dosen dan kepala jurusan di Universitas Zagazig. Lebih lagi, Mursy pernah bekerja di beberapa proyek di Amerika dan pernah menjadi dosen tamu disana.

Ketiga, Mursy tinggal di sebuah apartemen

Tidak seperti presiden-presiden Mesir sebelumnya yang memiliki istana besar dan mewah, ketika Mursy masuk ke Istana Presiden untuk pertama kalinya, ia memutuskan untuk tinggal di apartemen kecil ia di sudut kota Kairo.

Keempat, Mursy menolak perlakuan khusus

Dalam sebuah peristiwa, Mursy memiliki adik yang sakit parah. Para dokter yang merawat mengatakan bahwa adiknya akan mendapatkan pengobatan yang lebih baik jika dia dipindahkan ke rumah sakit di Eropa atau Amerika. Namun Mursy menolak dan mengatakan bahwa ia dan keluarganya tidak ingin diperlakukan berbeda daripada penduduk mesir lainnya. Pada akhirnya, adiknya meninggal dunia di sebuah rumah sakit pemerintah seperti warga Mesir lainnya.

Kelima,  Sikapnya pada seorang Janda Tunawisma

Suatu hari ketika Mursy melihat seorang wanita. Ia menghentikan mobilnya dan keluar untuk mendatangi wanita ini. Ketika ia mengetahui bahwa wanita ini adalah seorang janda yang sudah tidak mampu lagi membayar apartemennya, ia memerintahkan bawahannya untuk menyediakan apartemen untuk wanita tua tersebut. Namun sejak Mursy ditahan, wanita ini kembali menjadi tuna wisma.

Dalam video di Youtube berjudul شاهد حكاية هذه المرأة التي ساعدها مرسي وهي نائمة على الرصيف itu,  sang wanita yang didatangi Mursy adalah seorang tunawisma yang sering tidur di jalan-jalan kota Kairo.

Keenam, Mursy adalah seorang yang suka menolong

Faktanyam ia seorang pemimpin yang sering ikut serta dalam aksi kemanusiaan. Ia pernah mengunjungi Aceh sesaat setelah Tsunami menewaskan ratusan ribu orang. Ia datang ke Indonesia sebagai bagian dari aksi kemanusiaan untuk membantu para korban Tsunami membangun kembali kehidupan mereka.

Ketuju, Mursy presiden dengan bayaran paling rendah

Mursy tetap saja memilih untuk tinggal di apartemennya sendiri. Lebih lagi, seperti yang dilansir oleh Muslim Matters, Mursy adalah presiden dengan bayaran paling rendah di dunia. Pernah dikatakan bahwa gaji Presiden Mursy adalah 10 ribu dolar Amerika pertahun. Namun saat ia ditangkap, badan intelijen Mesir mengungkap bahwa Mursy belum pernah mengambil penghasilannya selama menjabat sebagai Presiden.

Kedelapan, Mursy jarang meninggalkan shalat berjamaah di masjid

Menurut beberapa sumber terpercaya, Mursy adalah seseorang yang selalu mencoba untuk tidak melewatkan shalat berjamaah di masjid. Ia juga sering terlihat meneteskan air mata di saat khutbah Jum’at berlangsung.

Kebenaran adalah korban pertama dalam peperangan. Dan saya percaya bahwa lebih banyak lagi kebenaran-kebenaran tentang Presiden Mursy yang dapat diceritakan. Perlu diingat bahwa Mursy adalah manusia biasa yang ada baik dan buruknya.
Tulisan tentu subyektif, apakah kita suka atau tidak itu hanya pilihan. Semoga fakta-fakta ini dapat membantu kita untuk lebih adil dan mengetahui lebih detail sosoknya.*

Penulis adalah asisten peneliti di jurusan hubungan internasional dan politik Timur Tengah, Universitas Qatar.

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Islam dan Pelestarian Lingkungan

Islam dan Pelestarian Lingkungan

Aceh dan Wahabi, Sebuah Wacana Menarik [2]

Aceh dan Wahabi, Sebuah Wacana Menarik [2]

Mengurus Muallaf Berkelanjutan di Aceh

Mengurus Muallaf Berkelanjutan di Aceh

Adzan di Acara Natal dan Masalah Toleransi [2]

Adzan di Acara Natal dan Masalah Toleransi [2]

Pedofilia dan Derita Anak-Anak Indonesia

Pedofilia dan Derita Anak-Anak Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya