|
Home
Nasional
Dialog Publik tentang Syiah di IAIN Sunan Ampel
Cak Nun: “Saya Tidak Mempertanggungjawabkan Apa-apa”
Selasa, 23 Oktober 2012
Hidayatullah.com--Dialog publik bertema “Aliran-Aliran dalam Islam, Haruskah Syiah Ditolak” di IAIN Surabaya pada Senin (22/10/2012) ikut menampilkan budayawan Emha Ainun Nadjib atau kerap dipanggil Cak Nun menjadi salah satu pemateri.
Di awal berbicara, Cak Nun menyatakan perbedaan Sunnah-Syiah itu layaknya perbedaan NU-Muhammadiyah, namun di sesi tanya jawab ia mengaku tidak berpendapat apa-apa.Dia juga mengatakan dirinya bukan MUI dan kurang paham dalil dan hadits.
Saat acara sesi tanya-jawab, salah seorang peserta sempat bertanya kepada pria yang dikenal produktif menulis ini tentang perbedaan antara ikhtilaf dan iftiraq, antara perbedaan ijtihadiyah dan akidah. Menurutnya, pertentangan Sunnah-Syiah bukan persoalan ideologis.
“Saya tidak berpendapat apa-apa. Saya juga tidak paham khilafiyah. Hadits yang penanya maksud, saya baru dengar dari sampeyan”, jawab Cak Nun sambil nunjuk-nujuk jari kepada penanya.
Cak Nun mengaku, kapasitasnya tidak berfatwa dan tidak mempertanggungjawabkan apapun.
“Fatwa dan tanggung jawab itu kapasitas pemerintah dan ulama, bukan saya,” ujarnya.
Budayawan asal Jombang itu pun tidak menjawab pertanyaan penanya secara subtansial. Ia hanya menyatakan, “Saya tidak mempertanggung-jawabkan apa-apa, saya diundang diskusi di sini agar anak-anak mahasiswa semangat,” ujarnya.
Padahal sebelumnya, retorikanya diarahkan bahwa perbedaan Sunnah-Syiah dianalogikan dengan perbedaan NU-Muhamadiyah. Beberapa peserta menilai, pernyataan yang dikeluarkannya membingungkan.
Salah seorang penanya dari panitia bahkan sampai meminta kepada pembicara untuk menyatakan kejelasan kepada para pembicara. Ia ingin tahu, apakah Syiah itu ditolak apa diterima. Dan sekali lagi, Cak Nun hanya menanggapi, “Saya tidak berpendapat dan berfatwa!”.
Anggota Syuriah PWNU Jawa Timur Habib Ahmad bin Zein yang hadir pada acara dialog tersebut sempat berkomentar bahwa pernyataan Cak Nun itu sudah berbau Syiah.
“Dia justru lebih berbahaya dari pada Syi’i,” ungkapnya kesal di luar gedung usai acara.*/Kholili Hasib
Red: Cholis Akbar
|
|
|
| |
KOMENTAR |
| |
|
| |
Fitriyah , Selasa, 23 Oktober 2012
Lha kalo Cak Nun tidak mempertanggungjawabkan apa2 ngapain datang? lagi pula mengatakan SYiah sama dengan Sunni sbg NU-Muhammadiyah itu rumus dari mana cak nun? mbok serahkan ini pada ulama, caknun harusnya tahu diri wilayah2 seperti ini domain ulama, bukan budayawan atau sosiolog |
| | |
 |
| |
|
| |
Saiful Tasrif , Selasa, 23 Oktober 2012
Cak nun tak mengerti apa yg diucapkannya ..ASBUN ..bukankah lebih baik DIAM jika tak mengerti sesuatu... Ciri khas moral SYI`AH...bikin keributan dan tak bertanggung jawab... |
| | |
 |
| |
|
| |
Muslim , Selasa, 23 Oktober 2012
coba kita cermati ciri ciri orang yang dikatakan 1. kafir 2. muslim 3. munafik |
| | |
 |
| |
|
| |
Nur , Selasa, 23 Oktober 2012
kalau sudah berani bicara perbedaan sunni & syiah seperti NU & Muhammadiyah, harus berani pertanggungjawabkannya. mungkin dlm kehidupan yang fana ini dia bisa mengelak, tapi dia akan merasakan ketika disidang di depan Hakim Yang Maha Adil (Allah SWT) |
| | |
 |
| |
|
| |
Han , Selasa, 23 Oktober 2012
cak Nun, sampeyan seharusnya punya pendirian |
| | |
 |
| |
|
| |
Abu Nabil , Selasa, 23 Oktober 2012
Dalam hal ini mestinya panitia juga tahu diri kalo temanya tentang aliran2 dalam Islam dan Syi'ah seharusnya yang di undang orang yang paham tentang tema tersebut. paling tidak dari MUI atau Ormas Islam bukan dari kalangan budayawan sehingga ngomongnya tidak ngelantur seperti cak Emha. dari jawabannya saja sudah sangat jelas kalau beliau gak paham tentang apa dan siapa itu Syi'ah. mudah2an cak Nun mau belajar dari pengalaman ini sehingga jawabannya tidak membingungkan Ummat. |
| | |
 |
| |
|
| |
Fahrizal , Selasa, 23 Oktober 2012
Yang Saya bingung RANAH AGAMA kenapa mengundang BUDAYAWAN ya. Karena AGAMA dan BUDAYA menurut saya pribadi keBANYAKAN bertolak belakangnya. |
| | |
 |
| |
|
| |
Bhuz , Selasa, 23 Oktober 2012
ah ... Emha Ainun Najib betapa kecewanya hatiku ini terhadap sampian ... selamat tinggal cak ! wis gak pateken aku gak onok sampean ! |
| | |
 |
| |
|
| |
Sasa , Selasa, 23 Oktober 2012
Mending gak usah dibahas2, semakin dibahas akan semakin ruwet. Contoh tuh LDII nggak pernah mau dtg dlm seminar2 yg bahas dia, sekarang bisa jadi amirul haj. Penyakit di Indonesia, aliran yg sudah tertuduh salah akan semakin disalahkan walaupun punya alasan yang rasional sekalipun. |
| | |
 |
| |
|
| |
Rachmad , Selasa, 23 Oktober 2012
ah, kalo sampeyan anti syiah, sedang cak nun tidak anti apa-apa mengapa pada ribut. Media yg mengabarkan kebenaran ini bisa kroscek ke panitia, kalo tidak ada peran budayawan di diskusi tersebut, pasti terjadi baku hantam. umat islam bakal diketawain lagi sama yahudi, tuh gampang kan bikin mereka bertengkar hehehe |
| | |
 |
| |
|
| |
Alafaruq , Selasa, 23 Oktober 2012
udh ketahuan bro,.klo org yg nama panggilan nya dg sebutan cak,.hampir dia itu para pejuang pluralis,.sebut aja cak nur,.cak nun,.cak lele cak terong eh salah ngomong,.pecak terong. kalau dia membadain syiah sperti NU dan MU,.berarti ini indikasi om cak nun masih mbelain syiah,.gak tegas alias penclak penclok,. |
| | |
 |
| |
|
| |
Abu Iyaad , Selasa, 23 Oktober 2012
assalamu'alaikum,,inilah fitnah diantara sekian banyak fitnah yang akan muncul sebelum datangnya hari kiamat..benar sekali kalau rasulullah memberikan berita sebelumnya kepada kita, bahwa islam akan terpecah menjadi 73 firqah..hanya satu yang akan masuk surga, siapa kelompok itu? adalah yang mengikuti cara beliau dan para sahabatnya berislam..para sahabat sama sekali tidak melaknat dan mencaci ahlul bait dan khulafaurrasyidin..sebagaimana syi'ah dengan pemahaman sesatnya. faham Ahlussunnah amat jelas tentang aqidah dan syariah..berhati hati dalam mengkafirkan orang lain,dan mengikuti Al quran dan sunnah sepenuhnya.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Nuryadin Majid , Selasa, 23 Oktober 2012
dari dulu saya sering mengikuti tulisan cak nun di tempo dan selalu begini, beliau tidak pernah berani menyatakan dia di pihak mana,,, apa mungkin terlalu takut disalahkan...??? kalau soal bersilat kata-kata beliaulah orgx... |
| | |
 |
| |
|
| |
Dandang Gulo , Selasa, 23 Oktober 2012
Mungkin panitia ingin mencoba menggali akar masalah sunni syiah dari berbagai perspektif, dari kajian agama murni, dari sisi politik hingga latar belakang budaya, maka diundanglah mbah Emha sebagai tokoh budayawan... Menurut saya sah-sah saja panitia mengundang beliau...kalo masalahnya mbak Emha tidak menjawab pertanyaan peserta sesuai dengan harapan, ya memang karena kapasitasnya sebagai budayawan, tidak salah beliau menjawab seperti itu, kalo ndalil malah tambah salah tho... Saya penggemar tulisan2 EMHA dan banyak mengkoleksi buku2nya...saya bisa memahami apa yg dikatakannya, walaupun tidak semua saya setuju, namanya manusia nggak ada yg sempurna...jadi kalau ada yg tidak paham jawaban beliau, tergantung tingkat pemahaman dan kecerdasannya. Kalo pada akhirnya acara tsb, menunjukkan ketidaksiapan orang untuk menerima perbendaan pendapat.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Alban , Selasa, 23 Oktober 2012
Lha wong budayawan yang diundang. Karya pikirnya adalah seni, jadi beda adalah artistik. Saya setuju kalau dia itu lebih berbahaya dari syi'i |
| | |
 |
| |
|
| |
Suyudi , Rabu, 24 Oktober 2012
budayawan suruh bicara reog, angklung, jaipongan, wayang... baru cocok, kalo bicara islam jelas ulama sumbernya, kalo mau dibanding-banding sama syiah lebih jauh lagi, syiah itu bukan islam cuma ngaku islam saja ... |
| | |
 |
| |
|
| |
Dandang Gulo , Rabu, 24 Oktober 2012
Mbah Emha adalah budayawan yg background pendidikannya eks pesantren..karya2nya banyak bernuansa islam, dan terakhir beliau juga banyak mengusung isu pluralisme.mungkin ini sebagai counter balance atas pembicara laiinya, kalo pembicaranya kontra syiah semua yg gak seru dan tidak fair diskusi tsb...masalah syiah itu sesat atau tidak benar kata Emha, ulama lah yg mempunyai otoritas untuk mengatakan itu, khususnya MUI. Semua kembali pada hati nurani kita masing-masing, mau ikut yg mana..sunni atau syiah...pada akhirnya hanya Alloh SWT yg memberikan petunjuk jalan yg lurus... |
| | |
 |
| |
|
| |
Abuyusuf , Rabu, 24 Oktober 2012
budayawan ya nyari sensasi aja, lebih kepada apa yang dimaui pasar, yang penting laku , dan namaya tidak dicap sebagai orang yang tidak sepaham. pokoke cari selamat aj.... |
| | |
 |
| |
|
| |
Metal , Kamis, 25 Oktober 2012
Emha...Emha... tambah tua kok tambah keblinger... bukan malah tobat |
| | |
 |
| |
|
| |
Troentoeng , Selasa, 30 Oktober 2012
nuwun sewu.... lha kulo niki mboten ngertos menopo-menopo. lha namung tukang pados rongsokan. kulo Islam nggih amergo tiyang sepuh kulo Islam, masyarakat panggenan kulo Islam. Kulo tumut tahlilah amergo wonten kampung kulo tahlilah dados tradisi, lan poro kyai ingkang mimpin. Lha nek kulo dikon sinau menopo sunni, syi'ah. khawarij. jabariyah, qadiriyah lan sanes-sanesipun, lha utek kulo mboten nyantel. kulo SD mawon mboten tamat. lha nek Islam namung kangge wong sing pinter-pinter... lha kulo terus pripun? kulo mboten pinter je... kulo namung yakin... Asy hadu an laa ilaaha illa Allah wa asyhadu anna muhammad ar rasulallah... lajeng kulo ngaloni shalat, poso, mbayar zakat, lan insya Allah hajji menawi tabungan kulo sampun cukup lan pemerintah nyukani kloter hajji...... |
| | |
 |
| |
|
| |
Faisal , Kamis, 01 November 2012
Sebelum kita memberikan komentar terhadap artikel ini, lebih baik lihat kejadian nyatanya pada video ini http://www.youtube.com/watch?v=obnFq4bMGwc&feature=relmfu Pertama, saya ingin mengoreksi pernyataan pada artikel ini "Di awal berbicara, Cak Nun menyatakan perbedaan Sunnah-Syiah itu layaknya perbedaan NU-Muhammadiyah, namun di sesi tanya jawab ia mengaku tidak berpendapat apa-apa.Dia juga mengatakan dirinya bukan MUI dan kurang paham dalil dan hadits." pada video itu cak nun tidak pernah memberikan analogi Sunny-Syiah sama dangan NU- Muhammadiyah. Hal ini brarti artikel ini memberikan kebohongan kepada publik. Suatu hal miris jika artikel ini ditulis oleh LSM yang profesional. Selain itu memang bukan kapasitas seorang cak nun untuk memberikan fatwa. fatwa itu bukan hal yang bisa dibuat main main. apalagi dicetuskan oleh satu orang. Fatwa seharusnya dicetuskan oleh organisasi agama agama dan yang mewakilinya, dalam hal ini cak nun menyarankan agar MUI, NU, Muhammadiyah, dagri dan ulil amri negeri ini duduk bersama untuk membicarakan permasalahan di sampang. Mohon dikoreksi ulang. Terimakasih. |
| | |
 |
| |
|
| |
Abdurrahaim Izzuddin , Kamis, 01 November 2012
Tak delok komentare wes koyo Ajudane Gusti Allah Kabeh. Cak Nun itu malah seneng di gitukan, mungkin itulah tiket beliau ke syurga, di fitna, di hina, dan di jelek-jelekkan |
| | |
 |
|
|
| |
KIRIM KOMENTAR ANDA : |
|
|
| |
| Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Hidayatullah.com. Redaksi berhak menghapus/menutup komentar yang berbau pelecehan, kasar, intimidasi, bertendensi SARA. |
|
|