Ribuan Masjid Sudah Hancur di Suriah

Rezim Suriah menargetkan seluruh peninggalan peradaban dan warisan Islam, baik itu masjid-masjid maupun monumen bersejarah lainnya

Ribuan Masjid Sudah Hancur di Suriah
sahabatalaqsha.com
Masjid Umayyah di Halab (Aleepo) yang ikut dihancurkan pasukan Assad.

Terkait

Hidayatullah.com–Jaringan organisasi HAM di Suriah melaporkan lebih dari 1.450 masjid telah dihancurkan di Suriah, baik secara keseluruhan bangunan maupun sebagiannya.

Masjid-masjid itu hancur akibat dari bentrokan dan penembakan-penembakan yang terjadi sepanjang konflik Suriah. Bahkan peninggalan-peninggalan kuno dan penting dari Islam pun turut hancur.

Laporan yang dilansir oleh Aljazeera (14/07/2013) itu juga mengutuk apa yang terjadi terhadap masjid-masjid tersebut sebagai akibat dari operasi militer.

Padahal Suriah dikenal dengan masjid-masjidnya dan menara-menaranya di dunia Arab dan Muslim. Namun sekarang Suriah terkenal dengan masjid-masjidnya yang sudah dihancurkan oleh rezim Bashar al-Assad.

Salah satunya adalah Masjid Khalid bin Walid di Homs, telah dibom oleh rezim al-Assad.

Nasib yang sama juga dialami Masjid Umayyah di Aleppo. Mimbar dan menaranya yang dibangun oleh Nuruddin Zanki telah dihancurkan oleh rezim al-Assad. Anggota Ikatan Ulama Suriah, Majid Makki, kepada Aljazeera mengatakan bahwa hingga kini masjid-masjid masih menjadi tempatnya revolusi, tempatnya jihad dan juga tempat keluarnya kebebasan.

Ia menafikan adanya militan bersenjata yang berlindung di masjid. Makki mengatakan, rezim Suriah menargetkan seluruh peninggalan peradaban dan warisan Islam, baik itu masjid-masjid maupun monumen bersejarah lainnya.*

Rep: Ahmad Sadzali

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !