frontpage hit counter

Ifthar Jama’i Qatar Charity dengan Penyandang Cacat Aceh

Ifthar Jama’i Qatar Charity dengan Penyandang Cacat Aceh

Terkait

Hidayatullah.com–Ramadhan merupakan momen untuk memaksimalkan semangat berbagi kebahagiaan terhadap sesama, khususnya mereka yang papa. Merealisasikan semangat berbagi itu, Qatar Charity Indonesia (QCI) Cabang Aceh mensponsori pelaksanaan ifthar jama’i (buka puasa bersama) para penyandang cacat (penca) se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar pada hari Senin (6/8) kemarin, bertepatan dengan 17 Ramadhan 1433 H.

Mitra pelaksana kegiatan ini adalah pengurus PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) wilayah Aceh bertempat di Aula Dinas Sosial prov. Aceh dengan tema “Silaturrahmi Dan Berbagi Kasih Ramadhan Bersama Penyandang Disabilitas Kota Banda Aceh Dan Aceh Besar”.

Selain dihadiri oleh 200 penca, juga dihadiri oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh dan Pemko Banda Aceh serta beberapa tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua PPCI Aceh, Ifwan Sahara, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan ukhuwah islamiah di antara para penyandang disabilitas khususnya penyandang disabilitas yang berada diwilayah kota Banda Aceh dan Aceh Besar disamping mengharapkan perhatian serius dari pemerintah daerah.

“Dengan adanya moment ini, kami juga berharap perhatian dan respon yang lebih intens dari pemerintah Aceh, SKPA, SKPD dan instansi terkait  terhadap hak-hak dan kewajiban para Penyandang Disabilitas”, ungkap Ifwan Sahara kepada hidayatullah.com.

“Secara khusus kami mengaturkan ribuan terima kasih kepada Qatar Charity Indonesia (QCI) Cabang Aceh yang terus peduli dan berbagi kepada para penyandang cacat dengan beragam progamnya seperti ifthar jama’i ini. Sebelumnya ada program paket sembako Ramadhan dan pembagian daging qurban Iedul Adha. Di samping itu juga ada beberapa rekan kami yang telah mendapatkan santunan rutin sehingga kehidupan mereka menjadi lebih baik dari pada sebelumnya”, ujar Ifwan Sahara melanjutkan.

Sedangkan Ahmad Arif, PJ progam Ramadhan 1433/2012 QCI Aceh, mengungkapkan, “Acara ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk selalu bersama penca dan berbagi kebahagiaan kepada mereka. Motto kami adalah Caring is sharing, peduli itu dengan berbagi.”

Selanjutnya, Ahmad Arif menjelaskan, untuk Program Ramadhan 1433 H ini, ada tiga kegiatan yang dilaksanakan QCI Aceh. Pertama, ifthar jama’i sebanyak 6000 porsi bekerjasama dengan 20 mitra local di seluruh Aceh mulai 1-20 Ramadhan. Kedua, pembagian sillah ramadhaniyah (keranjang/paket sembako ramadhan). Ramadhan kali ini, tiap paket terdiri dari beras 5 Kg, susu 1 kaleng, gula 1 Kg, sirup kurnia 1 botol dan minyak goreng bimoli 2 liter. Paket ini dibagikan kepada 370 penerima di Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun dan Lhokseumawe yang terdiri dari 278 anak yatim, 42 keluarga fakir miskin dan 50 pengusaha mikro. Ketiga, pembagian zakat fitrah pada 28-29 ramadhan nanti, insya Allah.

Ketiga kegiatan itu plus Idul Adha yang akan datang merupakan seasonal progam (program musiman) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 silam.

Lima belas menit sebelum tiba waktu berbuka, para penca diberikan siraman rohani oleh Ust. Haris Ismail.

“Tujuan berpuasa Ramadhan itu adalah menwujudkan TAQWA yang merupakan singkatan dari Taubat dari dosa masa lalu, Qana’ah dengan apa yang telah Allah berikan, Wara’ dari segala hal syubhat dan Yakin dengan kemuliaan islam sebagai agama rahmatan lil’alamin”. Demikian inti dari ceramahnya.*/Ahmad Arif, Qatar Charity Indonesia Cabang Aceh

Rep: Cholis Akbar

Editor: arief

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !