frontpage hit counter

“Namanya Juga Usaha…”

Terkadang, karena alasan itu, banyak faktor harus diabaikan. Keselamatan dalam berlalu lintas, misalnya.

“Namanya Juga Usaha…”
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Mobil pick up bermuatan sangat penuh ini melintas di Jl Raya Kalimulya, Depok Jawa Barat, 30 September 2017.

Terkait

SEMAKIN kerasnya kehidupan, begitu dirasa orang banyak, memaksa warga masyarakat, terutama para pencari nafkah, untuk semakin giat dan bekerja keras.

Terkadang, karena alasan itu, banyak faktor yang harus diabaikan. Keselamatan dalam berlalu lintas, misalnya, bukan lagi menjadi pertimbangan utama. Melainkan efektivitas dalam ‘mencari sesuap nasi’ yang dikedepankan.

Seseorang kedapatan awak hidayatullah.com tengah mengendarai sepeda motor dengan muatan penuh. Sejumlah sangkar burung yang tampaknya masih baru diboncengnya, diikat di jok belakang. Dan ia melaju di tengah keramaian Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017) pagi.

Baca: Jangan Tiru ‘Adegan’ Ini

Pengendara sepeda motor bawa muatan sangkar burung di Jl Raya Lenteng Agung Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017). [Foto: Syakur/hidayatullah.com]

Pada kesempatan lain, seorang pria membawa berbagai jenis barang yang ditumpuk di atas roda dua jenis bebek di perempatan Jl MT Haryono-Jl Otista Raya-Jl Dewi Sartika, Jakarta Timur, 9 Oktober 2017. Barang bawaan pria itu terlihat lebih besar dari ukuran gabungan kendaraan dan pengemudinya. Enggak keberatan apa ya?

Pengendara sepeda motor bawa muatan lebih di Cawang, Jakarta Timur. [Foto: Syakur/hidayatullah.com]

Lain lagi. Sebuah mobil pick up melaju di Jl Raya Kalimulya, Depok, Jawa Barat, dengan muatan penuh, berisi puluhan karung barang-barang bekas. Saking penuhnya muatannya, ban belakangan kendaraan itu tampak kempes, dijepret hidayatullah.com, 30 September 2017. Sang pengemudi begitu laju mengemudikan mobilnya. Hemm, kayaknya kejar setoran nih….

Pada 10 Oktober lalu, seorang pengendara roda dua melaju di Jl Raya Pasar Minggu, dengan muatan penuh di kursi belakang dan di depannya; berkotak-kotak kardus entah apa isinya. Utamakan keselamatan ya!

Pengendara sepeda motor bawa muatan lebih di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 10 Oktober 2017.

Sehari sebelumnya, seorang pria lain membawa jualannya sambil berjalan kaki, kedapatan oleh media ini di Jl MT Haryono, dekat Stasiun Cawang. Sebenarnya pria ini membawa sepeda, tapi mungkin karena sepedanya penuh muatan, ia terpaksa menuntunnya saja. Semangat cari nafkah ya, Pak!

Pria ini menjajakan dagangannya di Cawang, Jakarta Timur, sambil jalan kaki dengan menuntun sepeda, 29 September 2017.

Berbagai pemandangan sejenis bukan lagi barang langka ditemui di kota-kota metropolitan maupun kota-kota lainnya. Suatu hal yang mungkin bisa saja dimaklumi.

“Namanya juga usaha,” begitu biasa dalih orang-orang. Gambar-gambar ini dijepret dengan kamera ponsel.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !