frontpage hit counter

‘Miracle Fruit’: Agar Semua Terasa Manis Dalam Hidup…

“miracle fruit” yang sesungguhnya hanyalah untuk orang yang beriman, yang bisa mengubah rasa apapun dalam hati dan pikirannya

‘Miracle Fruit’: Agar Semua Terasa Manis Dalam Hidup…

Terkait

Oleh: Muhaimin Iqbal

ADA sekitar seratusan tanaman yang disebut dalam Al-Qur’an dan Al –Hadits yang memiliki khasiat penyembuhan. Sebagian dari tanaman ini sudah mulai kami dokumentasikan di www.shipha.com/indo untuk memudahkan pencarian berdasarkan penyakit, berdasarkan jenis tanaman dlsb. Salah satu buah yang berkhasiat sebagai obat tersebut adalah lemon, atau atrujjah atau Citrus medica L. Rasa lemon yang dianggap enak di Arab karena mereka sudah terbiasa, bagi yang tidak biasa memakannya langsung akan terasa sangat asam – itulah sebabnya dalam ungkapan Inggris untuk menggambarkan ke-masaman hidup orang mengungkapkannya dengan “when life gives you lemons…”.

Cara tradisional yang efektif untuk melawan rasa asam lemon ini adalah sebelum memakannya – orang memakan terlebih dahulu buah yang disebut miracle berry atau disebut juga miracle fruit – dalam bahasa latinnya disebut Synsepalum dulcificum tetapi maaf saya belum ketemu nama lokal kita. Ada zat yang disebut miraculin yang dihasilkan oleh miracle fruit ini sehingga apapun yang kita makan sesudah memakan buah ini akan terasa manis. Rasa manis ini bisa bertahan di lidah kita antara 15 – 60 menit.

Bayangkan potensinya buah ini, obat atau jamu dengan rasa apapun akan menjadi manis bila sebelum meminumnya kita minum dahulu miracle fruit. Para penderita diabetis tidak lagi memerlukan pemanis buatan bila rindu pada rasa manis, karena dengan buah ini makanan atau minuman sesudahnya akan selalu terasa manis. Buah yang berkhasiat sebagai obat seperti lemon tersebut – yang rasa aslinya asam menurut lidah kita – akan terasa manis sehingga menjadi obat yang rasanya bisa kita nikmati.

Begitu efektifnya miracle fruit ini untuk mengubah rasa apa saja dari yang hambar, asam, pahit menjadi semuanya terasa manis – membuat saya merenung, bila untuk rasa yang sifatnya fisik – Allah menurunkan miracle fruit untuk membuat semuanya menjadi manis, maka adakah Allah juga menurunkan ‘miracle fruit’ dalam arti kiasan – yaitu suatu ‘buah’ yang bila kita meminumnya , semua yang kita alami dalam hidup sesudah itu akan terasa manis?

Ternyata subhanallah, ‘miracle fruit’ untuk menghadapi seluruh pasang surutnya hidup itu memang ada dan kita sudah sangat sering mendengarnya karena memang ada di sekitar kita – bagi yang menyadari keberadaannya. Apa nama ‘buah’ itu? Apalagi kalau bukan buah iman. Bahwasanya setelah kita bener-bener menelan ‘buah’ iman ini semua akan terasa manis dapat kita pelajari dari hadits berikut :

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusan baik baginya dan kebaikan ini tidak dimiliki oleh selain seorang mukmin. Apabila mendapat kesenangan ia bersyukur dan itulah yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah ia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya.” [HR. Imam Muslim].

Bahwa rasa manis (seperti manisnya buah) ini juga digunakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk menggambarkan ‘rasa manis’nya Iman ada dalam sabda beliau:

“Tiga perkara yang apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman : Allah dan rasulNya lebih dicintainya dari selain keduanya. Dan siapa yang bila mencintai seseorang, dia tidak mencintai orang itu kecuali karena Allah ‘Azza Wajalla. Dan siapa yang benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila di lempar ke neraka.” [HR Bukhari Muslim]

Bahkan resep praktis ‘miracle fruit’ yang satu ini juga telah diresepkan langsung olehNya. Sangat efektif untuk mengobati segala kesedihan, kesusahan, kesempitan , kegalauan dan sejenisnya. Obat dari ayat Al-Qur’an ini adalah juga salah satu do’a matsur – yang senantiasa diucapkan oleh uswatun hasanah kita Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

حَسْبِيَ اللّهُ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung.” (QS At Taubah [9] :129).

Dari dua hadits dan satu ayat di atas, kita dapat menjadi semakin yakin bahwa yang diberi kesembuhan total dari seluruh penyakit itu hanyalah orang yang beriman – tidak dimiliki oleh selain orang beriman.

Semua manusia boleh memperoleh miracle fruit untuk merasakan manis dalam lidahnya – apapun yang dia makan. Tetapi ‘miracle fruit’ yang sesungguhnya hanyalah untuk orang yang beriman, yang bisa mengubah rasa apapun dalam hati dan pikirannya untuk selalu terasa manis dan positif. InsyaAllah.*

Penulis Direktur Gerai Dinar, kolumnis hidayatullah.com

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !