frontpage hit counter

Shalatlah untuk Mengingat Allah

Orang beriman merasakan nikmatnya shalat dan merasakan betapa nikmatnya berdekatan dengan Allah dalam shalat.

Shalatlah untuk Mengingat Allah
Ilustrasi.

Terkait

FIRMAN Allah Subhanahu Wa Ta’ala,

Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingatKu.” (QS. Toha: 14)

Shalat merupakan jembatan dan untuk mengingat Allah dengan senantiasa menyebut asma-Nya dalam shalat. Aktivitas zikir merupakan manifestasi dari kecintaan seorang hamba kepada Allah. Karena barang siapa yang mencintai kekasihnya, maka otomatis dia akan banyak menyebut nama kekasihnya tersebut. Begitu pula orang-orang beriman yang sangat cinta kepada Allah, karena dia tahu hanya Allah-lah dzat yang pantas dicintai.

Dengan mendalami ilmu-Nya, maka semakin dalam keimanannya dan semakin besar pula rasa cintanya kepada Allah. Seiring dengan itu, semakin banyak pula dia berzikir menyebut asma Sang Kekasih sejati.

Allah memfasilitasi proses itu dengan suatu kegiatan ritualitas yang begitu tinggi bernama shalat. Maka orang beriman akan merasakan nikmatnya shalat dan merasakan betapa nikmatnya berdekatan dengan Allah dalam shalat.

Inilah yang terjadi pada para sahabat, tabi’in serta para ulama salafusshalihin. Tanpa sadar mereka menghabiskan waktu untuk melaksanakan shalat karena merasakan keasyikan dalam shalatnya. Inilah yang disabdakan Rasulullah Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam: “Dan dijadikan bagiku hiasan mata dalam shalat.” Ini menjadi bukti bahwa shalat sangat erat kaitannya dengan keimanan dan kecintaan kepada Allah, dua amal yang paling utama. Dampaknya sangat jelas bahwa orang yang banyak mengingat Allah dia akan banyak diingat oleh Allah. Dia memang tidak akan menyia-nyiakan amalan hambanya.*/Sudirman STAIL (sumber buku: Top Ten Amalan, penulis: Anwar Anshary)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !