frontpage hit counter

Istanbul: Di Mana Semuanya Pertama Kali Dimulai

Pertandingan sepak bola pertama di Istanbul diselenggarakan 121 tahun di padang Kuşdili, Kadıköy antara Club Moda melawan tim gabungan dari İzmir

Istanbul: Di Mana Semuanya Pertama Kali Dimulai
DS
Istanbul di masa lalu

Terkait

Hidayatullah.com–Dari karya arsiteltural hingga perkembangan teknologi dan dari kehidupan sosial hingga standar ekonomi dan budaya, Istanbul telah menjadi rumah bagi sejumlah hal baru selama bertahun-tahun.

Süleyman Faruk Göncüoğlu telah melakukan penelitian tentang pengalaman pertama yang sangat penting bagi sejarah budaya kita, dengan mempublikasikan buku berjudul, “Istanbul’un İlkleri” (Hal-hal Pertama Istanbul).

Bukunya, yang dipublikasikan oleh Timaş Publishing House, merupakan sebuah antologi yang terdiri dari pengalaman pertama Istanbul, termasuk periode sejarah Istanbul mulai dari Bizantium kuno, Ottoman hingga Republik.

Baca: Istanbul yang Tenang dan Menenangkan

Buku ini mendorong pembaca untuk mengelilingi aula pameran pertama di Istanbul dan mendengarkan suara “halo” pertama yang keluar dari sebuah penerima telepon untuk pertama kalinya di Istanbul.

Berdasarkan penelitian Göncüoğlu, kita telah mengumpulkan sejumlah contoh dari daftar yang pertama menarik ini, kutip Daily Sabah.

Jalanan mobil pertama di Istanbul

Penduduk Istanbul pertama kali melihat mobil pribadi bertenaga bensin di pemukiman Fenerbahçe Istanbul pada 1895. Mata mereka tertuju pada sebuah Renault-Landaulet milik Deputi Basra Züheyrzade Ahmet Pasha, orang-orang menunjukkan perhatian yang besar pada kendaraan itu.

Saat impor kendaraan berbahan bakar cair diperbolehkan pada 17 Agustus, 1907, jumlah kendaraan  di Istanbul berangsur-angsur meningkat. Kecelakaan lalu lintas pertama dilaporkan terjadi melibatkan supir pribadi Duta Besar Italia di depan Masjid Şişli, yang berakhir dengan penangkapannya oleh polisi di pemukiman Pangaltı.

Penduduk Istanbul merasakan basket

Pertandingan basket pertama di Istanbul dimainkan di Perguruan Tinggi Robert’s 113 tahun yang lalu. Tujuh tahun setelah pertandingan pertama itu, pertandingan lain diorganisir di aula olahraga Sekolah Menengah Atas Galatasaray, sementara pertandingan profesional pertama diselenggarakan antara tim Turki dan Amerika pada 4 April, 1921 di sebuah bangunan sekolah yang saat ini merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Cağaloğlu. Tim Amerika memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 18-14.

Percakapan pertama melalui telepon

Pada 1881, Istanbul terpesona oleh suara “halo” pertama yang diresonansikan dari sebuah penerima telepon. Tidak sampai tiga thaun kemudian dengan diperkenalkannya telepon yang paru pada Pameran Paris 1878, Sultan Ottoman Abdülhamid memulai usahanya membangun jaringan telepon pertama Istanbul.

Baca: Ruhul Islam Sultan Abdul Hamid II

Pada tahun 1919, papan-hubung telepon Istanbul memiliki 9.600 pelanggan, sementara panggilan telepon jarak-jauh pertamanya dilakukan antara Istanbul dan Ankara.

Gila bola dimulai di Istanbul

Pertandingan sepak bola pertama di Istanbul diselenggarakan 121 tahun yang lalu di padang Kuşdili, Kadıköy antara Club Moda dan sebuah tim gabungan dari provinsi İzmir, sedangkan klub bola pertamanya, bernama Black Stockings, didirikan pada 1897 oleh Fuad Hüsnü dan teman-temannya. Fuad Hüsnü juga merupakan pesepakbola Turki pertama dari Istanbul. Klub olahraga Turki resmi pertamanya merupakan Klub Olahraga Galatasaray.

Galeri-galeri seni kota kuno

Aula Pameran pertama yang dibuka pada tahun 1901 di Beyoğlu Şark Pasajı bernama Pera Hall. Yang menampilkan lukisan-lukisan serta pahatan, tetapi aula itu ditutup tiga tahun kemudian.

Empat tahun setelah penutupannya, pameran seni pertama di kota itu diadakan oleh Asosiasi Pelukis Ottoman dengan judul “Pameran Galatasarat” dan diikuti oleh 44 seniman. Pameran-pameran semacam ini secara regular diadakan hingga tahun 1950-an.

Para pelukis wanita juga mempunyai kesempatan untuk menampilkan lukisan-lukisan mereka untuk pertamanya kalinya di pameran tersebut.

Bangunan pertama dengan listrik dan sistem pemanas

Bertahan dalam periode kekuasaan Sultan Abdülhamid II, Mansion Mahmud Cemil Molla juga telah melihat banyak hal pertama. Rumah itu dibangun untuk Menteri Kehakiman pada masa Abdülhamid II, Mahmud Cemil, pada tahun 1885 oleh arsitek Italia Alberti di sebuah hutan di sebelah kiri Pemakaman Nakkaştepe, yang berlokasi diantara pemukiman Kuzguncuk dan Beylerbeyi.

Baca: Desa Bersejarah Ottoman di Bosnia

Rumah yang menandakan langkah pertama Istanbul menuju kehidupan moderen, dilengkapi dengan listrik, sistem pemanas dan telepon yang dipasang di luar istana. Sistem pemanas bangunan itu juga merupakan salah satu contoh hal pertama yang ada di Istanbul, sementara listriknya disediakan dari generator khusus. Bangunan itu saat ini digunakan sebagai kantor Mesa Construction Istanbul.

Moda: Di mana pantai pertama Istanbul dibuka

Di Ensiklopedia Istanbulnya, Reşat Ekrem Koçu menulis bahwa budaya mandi di luas terkenal pada masa Ottoman dikarenakan Tempat Pemandian Laut Çardak Pier yang beroperasi antara tahun 1826 hingga 1850.

Penduduk Istanbul pertama kali berkenalan dengan konsep “pantai” ketika warga Belarusia yang lari dari Rusia tiba di Istanbul. Konsep itu dilakukan pertama kalinya di pemukiman Moda sedangkan umat Muslim kebanyakan lebih memilih pantai-pantai Altınkum dan Küçüksu yang berlokasi di Rumelikavağı.*

Rep: Nashirul Haq AR

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !