frontpage hit counter

Ada Surga pada Kedua Orang Tuamu [2]

Sahabat, makalangkah yang tepat yang dapat kita lakukan yaitu mulailah mendo’akan dan berbuat baik kepada mereka, bila mereka masih hidup, marilah kita menyayangi dan membahagiakan mereka

Ada Surga pada Kedua Orang Tuamu [2]

Terkait

Sambungan artikel PERTAMA

Maka, akan ada balasan bagi orang-orang yang menyakiti kedua orang tuanya yaitu:

  1. Diharamkan masuk Surga

Mereka juga diharamkan mencium aroma Surga ataupun masuk kedalamnya. Sebagaimana hadis yang berbunyi: “Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk Surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)”. (H.R. Nasa’idan Ahmad)

2.  Dibenci oleh Allah Subhanahu Wata’ala

Jika kamu ingin dicintai oleh Allah Subhanahu Wata’ala, maka cintailah kedua orang tuamu. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist: “Keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, danmurka Allah pun tergantung pada murka kedua orang tua.” (HR. al-Hakim)

3. Shalatnya tidak diterima di sisi Allah Subhanahu Wata’ala

Sia-sia saja shalatnya orang-orang yang durhaka kepada orang tuanya. Walaupun sekhusyuk apapun, tetap saja Allah Subhanahu Wata’ala menolaknya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist: “Allah tidak akan menerima shalat orang dibenci kedua orang tuannya yang tidak menganiaya kepadannya.” (H.R.  Abu al-Hasan bin Makruf).

4. Ditimpa azab di dunia

Orang yang durhaka kepada bapak ibunya tidak hanya memperoleh dosa. Mereka juga akan diazab oleh Allah Subhanahu Wata’ala selagi mereka hidup di dunia. Al-hakim dan al-Ashbahani, dari abubakrah r.a.dari Nabi Shalalahu ‘Alaihi Wassallam, beliau bersauba, “Setiapdosaakandiakhirkanoleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunnya di dalam hidupnya sebelum mati.”

5. Segala amal perbuatannya dihapuskan

Meskipun kamu berbuat baik terhadap semua umat manusia di dunia, tapi kalau  durhaka pada orang tua, sungguh kebaikan itu sia-sias aja di sisi Allah. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Thabrani: “Ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua, seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu dan jahil.”

Sahabat, makalangkah yang tepat yang dapat kita lakukan yaitu mulailah mendo’akan dan berbuat baik kepada mereka, bila mereka masih hidup, marilah kita menyayangi dan membahagiakan mereka, bila mereka telah tiada, jangan pernah lupa untuk mendoakan agar mereka memperoleh kebahagiaan di sisi Allah Subhanahu Wata’ala sehingga kita terhindar dari azab Allah Subhanahu Wata’ala yang sangatpedih.

Setelah kita mengetahui adanya larangan untuk bertindak kasar kepada kedua orang tua kita, Apakah kita masih mau menyakiti hati mereka kembali?*/Rita Puspasari

 

 

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !