frontpage hit counter

Program Simapes

Dirilis Pesantren Virtual, “Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren” Versi 2.00

"Sejak launching program Simapes pada tahun 2014 ‎M/1436 H, sudah ratusan ‎pesantren yang mengirimkan permohonan untuk mendapatkan copy ‎(salinan) program tersebut."

Dirilis Pesantren Virtual, “Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren” Versi 2.00
skr/hidayatullah.com
[Ilustrasi] Santri dan teknologi.

Terkait

Hidayatullah.com– Pesantren Virtual, di tahun baru Islam ini, tepatnya pada 1 Muharram 1439 H lalu, merilis ‎program ‎Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren (Simapes) Versi 2.00.

Versi 2.00 dari Simapes ‎memuat fitur-fitur tambahan seperti E-rapor sesuai Kurikulum 2013 versi revisi tahun 2017, ‎penambahan fitur import dari data Excel untuk semua komponen database, serta perbaikan dan ‎bug yang ada pada versi sebelumnya.

“Dalam versi terbaru sistem manajemen keuangan, juga ‎semakin disempurnakan untuk mendukung administrasi keuangan pesantren yang umumnya ‎rumit dan kompleks,” jelas ‎Ketua Dewan Asatidz Pesantren Virtual, Muhammad Niam Lc LLM, dalam keterangan tertulis diterima hidayatullah.com di Jakarta, Jumat (22/09/2017).

Baca: Lulusan Pesantren Bisa Unggul di Bidang Sains Jika Diberi Kesempatan

Program yang  didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi Wakaf Ilmiyah ini, katanya, telah ‎‎mendapatkan sambutan positif dari masyarakat dan berbagai pesantren di seluruh wilayah ‎Nusantara, dari Aceh ‎sampai Papua.

“Sejak launching (peluncuran) program Simapes pada tahun 2014 ‎M/1436 H, sudah ratusan ‎pesantren yang mengirimkan permohonan untuk mendapatkan copy ‎(salinan) program tersebut,” sebutnya.

Tercatat olehnya sekitar 136 pesantren besar telah mengirimkan permohonan resmi ‎untuk mendapatkan copy atau update (pembaruan) program Simapes.

Beberapa pesantren juga melakukan ‎pelatihan dalam mengimplementasikan Simapes.‎

Baca: Sistem Pesantren di Indonesia jadi Inspirasi Madrasah di Pakistan

Pada tahun 2016, Simapes resmi diadopsi oleh RMI Jateng dan direkomendasikan agar ‎dimanfaatkan oleh pesantren-pesantren di Jawa Tengah, dalam rangka mempopulerkan ‎manajemen digital  di pondok-pondok pesantren.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok ‎Pesantren Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, katanya, juga telah menjadikan ‎Simapes sebagai aplikasi manajeman pesantren yang resmi dapat digunakan di pesantren, ‎untuk mendukung program Education Manajement Information System (EMIS) milik ‎Kemenag.

Ia menjelaskan, Simapes ditujukan  untuk memudahkan dunia madrasah dan pesantren dalam mengelola ‎manajeman murid dan santri, membangun database murid dan santri yang lebih sistematis dan ‎komprehensif, serta membangun tata kelola pendidkan modern dan berbasis informasi ‎teknologi khususnya di dunia madrasah dan pesantren.

Baca: Training Sekolah Berbasis Pesantren dan Sains

Selain itu, program ini juga diharapkan ‎dapat mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software ‎(perangkat lunak) serupa di masa mendatang.‎

Karena program ini juga ditujukan untuk pesantren yang biasanya mengelola sistem boarding, ‎maka program ini juga dilengkapi modul pengelolaan asrama.

“Modul Asrama meliputi ‎tatakelola kamar asrama, manajemen penempatan siswa, dan sistem informasi pondok atau ‎asrama. Sehingga memudahkan pengolahan informasi santri atau penghuni,” jelasnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !