frontpage hit counter

Astronom Temukan 60 Planet Baru

Salah satu dari planet itu dikenal Gliese 411b, planet yang dianggap jauh lebih panas dari bumi dan keempat paling dekat Matahari

Astronom Temukan 60 Planet Baru
Yahoo
Jumlah keseluruhan planet yang berhasil dideteksi sejauh ini adalah sebanyak 114 buah

Terkait

Hidayatullah.com–Para astronom dipimpin sekelompok peneliti dari University of Hertfordshire menemukan 60 buah planet baru yang mengorbit bintang.

Melalui penelitian yang dilakukan, salah satu dari planet itu dikenal sebagai Gliese 411b yaitu planet yang dianggap jauh lebih panas dari bumi dan keempat paling dekat dengan Matahari.

Kepala peneliti itu, Dr. Mikko Tuomi mengatakan, sangat menakjubkan ketika melihat bintang-bintang yang dekat tata surya memiliki planet sendiri untuk mengorbit.

Mencari Sains Islam

“Ia adalah salah satu dari hal yang sulit untuk diyakinkan oleh astronom sebelum ini meskipun dalam waktu singkat yaitu sekitar lima tahun lalu,” katanya dikutip dari Independent, Selasa (14/2/2017).

Selain menemukan planet baru, mereka juga menemukan bukti keberadaan 54 buah planet lain pada waktu yang sama.

Situasi itu membuat jumlah keseluruhan planet yang berhasil dideteksi dalam sistem alam semesta sejauh ini adalah sebanyak 114 buah.

Mengungkap Kebenaran Wahyu Melalui Fakta Ilmiah

Meskipun begitu, hasil penelitian tersebut hanya diperoleh dalam waktu lebih 20 tahun ketika 61.000 individu diperlukan untuk mengamati sekitar 1.600 bintang oleh sekelompok astronom Amerika Serikat (AS) di Hawaii.

Proses pengamatan merupakan bagian dari Tinjauan Lick-Carnegie exoplanet,  dikatakan dimulai sejak tahun 1996 dengan melibatkan dua astronom dari University of California yaitu Steve Vogt dan Geoffrey Marcy.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !