Selasa, 26 Oktober 2021 / 19 Rabiul Awwal 1443 H

Mengunjungi Museum Sampah Plastik

Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik Mengunjungi Museum Sampah Plastik

Beberapa guru dan murid kelas VI dari SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik mengunjungi Museum Sampah Plastik di sekretariat Ecological Observation and Wetlands Conservation (ECOTON) Desa Kandangasin Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (22/9/2021).

Ide untuk membuat museum bertemakan “Sampah Plastik” ini muncul dari kegiatan aksi sosial peduli lingkungan yang digelar ECOTON, yakni susur sungai untuk memunguti sampah plastik mulai dari sungai Brantas, kali Surabaya, kemudian berakhir di Mangrove Wonorejo. Sekaligus juga melakukan identifikasi produk dari perusahaan mana saja sampah-sampah plastik itu berasal.

Setiap tahunnya, Indonesia menghasilkan 8 juta ton sampah plastik yang tidak terurus. Nah, 4.444 botol plastik yang digunakan untuk membuat terowongan itu merupakan temuan dari kegiatan susur sungai tersebut. Selain instalasi berupa terowongan, ada juga perumpaan dasar sungai serta jala ikan yang dipenuhi oleh sampah-sampah plastik.

ECOTON menghadirkan museum sampah plastik ini sebagai pengingat bagi warga akan bahayanya membuang sampah plastik rumah tangga maupun botol bekas di sungai, karena mencemari lingkungan beserta habitat yang ada di dalamnya.

Foto dan teks: Achmad Fazeri/Hidayatullah.com

Rep: Achmad Fazeri
Editor: Ibnu Sumari

Berita Terkait

Unjuk Rasa Hamburg: Netanyahu, Seorang Bajak Laut!

Unjuk Rasa Hamburg: Netanyahu, Seorang Bajak Laut!

Kapolri Tito Minta Maaf

Kapolri Tito Minta Maaf

Mensyukuri ‘Terplesetnya’ Lidah Sang Penista

Mensyukuri ‘Terplesetnya’ Lidah Sang Penista

Indonesia Palestina

FPI Ajak Umat Bela Palestina

Bulan Sabit Merah Turki Bantu  Makanan senilai 2,5 Juta Lira selama Ramadhan

Bulan Sabit Merah Turki Bantu Makanan senilai 2,5 Juta Lira selama Ramadhan

Baca Juga

Berita Lainnya