Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Fri, 10 Nov 2017 13:54:58 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.3 Menteri Pertahanan NATO Godok Usulan Komando Militer dan Logistik Baru http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/11/10/127640/menteri-pertahanan-nato-godok-usulan-komando-militer-dan-logistik-baru.html Fri, 10 Nov 2017 13:54:58 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127640

Hidayatullah.com–Para menteri pertahanan anggota NATO yang sedang bertemu di Brussels mengajukan usulan pembuatan komando maritim dan logistik baru, dengan fokus […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com–Para menteri pertahanan anggota NATO yang sedang bertemu di Brussels mengajukan usulan pembuatan komando maritim dan logistik baru, dengan fokus menjaga jalur pelayaran di Atlantik aman dari serangan kapal-kapal selam musuh.

Itu akan menjadi ekspansi pertama dalam dua dekade, di tengah-tengah persepsi sekarang ini bahwa Rusia merupakan “ancaman potensial,” lapor Euronews (8/11/2017).

“2014 merupakan tahun yang sangat penting untuk memahami transisi dari NATO sebagai aktor ekspedisi menjadi NATO sebagai sebuah organisasi yg berfokus pada pertahanan kolektif,” kata Kristine Berzina, seorang senior fellow pada German Marshall Fund of United States.

“Apabila Anda melihat invasi Krimea dan jika Anda melihat aktivitas Rusia yang masih terus berlangsung serta dukungannya untuk kaum separatis dan peperangan di Ukraina Timur, maka ini menampakkan adanya bahaya, sungguh, bagi semua sekutu-sekutu NATO,” imbuhnya.

NATO sudah mengirim pasukan ke kawasan Baltik, Polandia dan Laut Hitam, guna meyakinkan kembali sekutu-sekutunya. Amerika Serikat juga mengirim kembali tank-tank dan pasukannya ke Eropa.

Rusia mengutuk tindakan itu, dengan mengatakannya sebagai agresif dan mengancam stabilitas Eropa Timur.

NATO sedang mempersiapkan untuk mengembalikan lagi sebagian struktur komando yang pernah dikurangi di penghujung era Perang Dingin. Jumlah pasukan yang dikerahkan tidak akan mencapai angka seperti di awal abad ini, sehingga langkah tersebut terkesan simbolik untuk menanggapi ancaman dari Rusia, lapor Euronews dari markas NATO di Brussels, Belgia.

Persetujuan dari reformasi itu diperkirakan akan diputuskan pada KTT resmi, yang digelar di markas baru NATO untuk pertama kalinya pada Juli tahun depan.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
UBN: Ke Garut untuk Persaudaraan dan Persatuan Umat http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127714/ubn-ke-garut-untuk-persaudaraan-dan-persatuan-umat.html Fri, 10 Nov 2017 13:46:44 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127714

"Dan mudah-mudahan pesan persatuan dan persaudaraan bisa terjaga di antara Muslimin dan Muslimat semua," harap UBN.

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, KH Bachtiar Nasir, kembali memastikan ia benar-benar insya Allah akan menghadiri Tabligh Akbar di Garut, Jawa Barat, besok, Sabtu (11/11/2017).

UBN, sapaannya, telah melakukan rangkaian perjalanannya dari Jakarta menuju Tasikmalaya, untuk kemudian menuju Garut.

“Assalamualaikum. Saya dan tim sekarang akan berangkat menuju Tasikmalaya mempersiapkan agenda dan akan mengisi tabligh akbar di Garut,” ujarnya pantauan hidayatullah.com seraya ia menyapa kaum Muslimin sebelum naik pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, melalui siaran langsung di akun Instagramnya, Jumat (10/11/2017).

Baca: Tabligh Akbar Garut akan Digelar di Tempat Lebih Luas, Lapangan Kerkof

UBN menegaskan kehadirannya dalam Tabligh Akbar Garut demi ukhuwah Islamiyah dan persatuan umat.

“Insya Allah dengan izin Allah Subhanallah Wata’ala, untuk sebuah persaudaraan dan agenda persatuan umat. Mudah-mudahan apa yang kemarin terjadi sedikit friksi atau kesalahpahaman, bisa diredam dan yang ragu kepada kedatangan saya hari ini mudah-mudahan bisa meyakinkan bahwa insya Allah saya sedang menuju Tasik dan Garut,” ungkapnya.

“Dan mudah-mudahan pesan persatuan dan persaudaraan bisa terjaga di antara Muslimin dan Muslimat semua,” harap UBN, disambut pekikan Takbir “Allahu Akbar!” oleh anak cowoknya dan UBN sendiri. “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Baca: Tabligh Digelar di Tempat Lebih Luas, UBN Mantap Hadir

Saat menunggu pemberangkatan di Bandara Halim PK, UBN sempat bertemu dengan skuad PS TNI yang akan terbang ke Padang, Sumatera Barat. Ia pun mendoakan tim sepakbola tersebut.

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Tabligh Akbar kata panitia akan digelar di Lapangan Olahraga Kerkof, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.* Zulkarnain, SKR

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Tabligh Akbar Garut akan Digelar di Tempat Lebih Luas, Lapangan Kerkof http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127716/tabligh-akbar-garut-akan-digelar-di-tempat-lebih-luas-lapangan-kerkof.html Fri, 10 Nov 2017 12:50:55 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127716

Demi kenyamanan yang lebih besar karena akan banyak massa dari luar Garut yang datang.

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Meski sudah mendapatkan Surat Rekomendasi Tidak Keberatan dari Dewan Kemakmuran Masjid Agung Garut untuk menggelar Tabligh Akbar Garut di Alun-alun, namun Tabligh Akbar akan digelar di Lapangan Olahraga Kerkof, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.

Penetapan tempat tersebut, jelas Sekretaris Panitia, Ivan Rivanora, berdasarkan keputusan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomda) Kabupaten Garut.

Baca: Tabligh Digelar di Tempat Lebih Luas, UBN Mantap Hadir

“Izin Tabligh Akbar sudah diberikan Masjid Agung, tapi pihak kepolisian melakukan blokade lokasi kegiatan tabligh akbar. Polres sama Polda,” ungkapnya saat dikonfirmasi hidayatullah.com di Garut, Jumat (10/11/2017).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Garut, AKBP Novri Turangga, menyatakan, alasan pemilihan tempat itu karena muatan dan kapasitas yang tidak memungkinkan di Alun-alun Garut.

Baca: Kapolres Minta Peserta Tabligh Akbar Garut Ikuti Acara dengan Tertib

“Memang tidak keberatan Masjid Agung, mereka welcome tempatnya di sini, tapi dari Muspida karena yang mau datang banyak tempatnya tidak memungkinkan dilaksanakan di Alun-alun jadi dialihkan ke tempat yang lebih besar,” dalihnya.

Tujuannya, terangnya, demi kenyamanan yang lebih besar karena akan banyak massa dari luar Garut yang datang dan perlu disiapkan tempat yang lebih besar.* Ali Muhtadin

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
UBN Jumpa PS TNI, Doakan Menang http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127709/ubn-jumpa-ps-tni-doakan-menang.html Fri, 10 Nov 2017 10:28:54 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127709

"Ini dengan teman-teman PS TNI akan bertandang ke Padang. Mudahan-mudahan sportif dan mendapatkan hasil yang terbaik," ucap UBN disambut "Aamiin," oleh para pemain PS TNI," di rest area Bandara.

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, KH Bachtiar Nasir, menyempatkan diri bersilaturahim dengan skuad Persatuan Sepakbola Tentara Nasional Indonesia (PS TNI) di sela-sela perjalanannya menuju Tasikmalaya, Jawa Barat.

Perjumpaan itu, pantauan hidayatullah.com, Jumat (10/11/2017) siang, tampak berlangsung hangat. UBN, sapaan Ustadz Bachtiar Nasir, menyapa dan mendoakan PS TNI agar meraih kemenangan.

Keakraban itu terlihat saat UBN menanti keberangkatan menuju Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka mengisi Tabligh Akbar Garut, besok, Sabtu (11/11/2017). UBN bertemu dengan skuad PS TNI di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

UBN pun memberi semangat kepada Abdul Lestaluhu dkk yang berdasarkan siaran langsung via Instagram UBN, mereka tampak mengenakan baju hijau khas skuad PS TNI.

“Ini dengan teman-teman PS TNI akan bertandang ke Padang. Mudahan-mudahan sportif dan mendapatkan hasil yang terbaik,” ucap UBN disambut “Aamiin,” oleh para pemain PS TNI,” di rest area Bandara.

“Menang kalah urusan belakangan yang penting telah berjuang sekuat tenaga. Bermain cantik dan sportif tentunya,” pesan UBN kepada mereka sambil mengangkat jempol.

“Apalagi…. Kenalin satu satu,” pinta UBN kemudian, disambut isyarat persetujuan para insan sepakbola itu.

Lalu para pemain dan official PS TNI memperkenalkan diri masing-masing di depan kamera yang merekam. Mulai dari Abdul Lestaluhu sebagai bek kiri, dan seterusnya, termasuk Media Officer PS TNI, Nandang Permana Sidik, serta asisten pelatih PS TNI, Mohammad Husein.

“Assalamualaikum saya Dhika Bhayangkara, penjaga gawang,” ujar Dita tersenyum.

Lalu UBN mendoakan mereka kembali. “Ya mudah-mudahan menang ya!”

“Aamiin!” sahut skuad PS TNI berbarengan.

Mereka terlihat gembira saat bersilaturahim singkat dengan Pimpinan AQL Islamic Center tersebut.

PS TNI akan bertandang ke markas Semen Padang FC pada pertandingan terakhir Liga 1 2017 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatera Barat, Ahad (12/11/2017).* Zulkarnain, SKR

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Kapolres Minta Peserta Tabligh Akbar Garut Ikuti Acara dengan Tertib http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127700/kapolres-minta-peserta-tabligh-akbar-garut-ikuti-acara-dengan-tertib.html Fri, 10 Nov 2017 09:46:03 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127700

Kapolres Novri juga mewaspadai adanya provokasi dari pihak-pihak yang tidak menginginkan suksesnya acara.

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Kepala Polisi Resor (Kapolres) Kabupaten Garut, AKBP Novri Turangga, mengimbau kepada masyarakat yang hadir pada Tabligh Akbar, besok, Sabtu (11/11/2017) di Garut, untuk mengikutunya sesuai dengan tujuan Tabligh Akbar.

“Laksanakanlah tabligh akbar sesuai dengan tujuannya. Mendengarkan isi ceramah,” kata Kapolres Novri kepada hidayatullah.com ditemui di Alun-alun Garut, Jawa Barat, Jumat (10/11/2017) siang.

Baca: Tabligh Digelar di Tempat Lebih Luas, UBN Mantap Hadir

Selain itu, Novri juga mengimbau agar massa yang hadir untuk tertib dan damai.

Novri juga mewaspadai adanya provokasi dari pihak-pihak yang tidak menginginkan suksesnya acara.

“Jangan sampai terpicu dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang justru tidak mensukseskan tabligh akbar tersebut,” tegasnya.

Baca: Jajak Pendapat di Medsos: 87 % Dukung Tabligh Akbar UBN

Hal itu disampaikan, katanya, mengingat prediksi massa yang akan hadir diperkirakan akan sangat banyak.

“Karena kita tahu massa yang akan datang dari luar Garut dan akan banyak,” ujarnya.* Ali Muhtadin

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Jaga Warisan dan Peradaban, Universitas Islam Madinah Bangun Museum Sejarah http://www.hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2017/11/10/127695/jaga-warisan-dan-peradaban-universitas-islam-madinah-bangun-museum-sejarah.html Fri, 10 Nov 2017 08:56:21 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127695

Komite ditugaskan memberikan pandangan mengenai bentuk, tema, konten, penggunaan teknologi tinggi untuk Museum Sejarah

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Guna merawat warisan dan peradaban Arab Saudi secara umum, khususnya Kota Suci Madinah dan Universitas Islam Madinah, serta sejalan dengan Visi Saudi 2030  Rektor Universitas Islam Madinah Dr. Hatim bin Hamzah al-Marzuqi memberikan arahan untuk membangun Museum Sejarah serta menunjuk Komite Pembangunan Museum.

“Pembangunan museum ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam menguatkan identitas budaya, meningkatkan kesadaran atas nilai budaya, mengembangkan budaya museum, dimana museum merupakan salah satu penanda yang mencatat peradaban di negeri yang berkah ini, juga mencatat sejarah Universitas Islam Madinah yang berusia lebih dari setengah abad, serta mencatat prestasi besar yang telah ditorehkan oleh civitas akademika yang menjadi ulama dan tokoh dunia baik di bidang pendidikan maupun di bidang birokrasi” ujar al-Marzuqi yang dikutip dari media Sabq,  belum lama ini.

Baca:  Belajar di Kota Nabi Madinah, sebagai Nikmat Sekaligus Amanah

Dr. Hatim membentuk Komite Museum Sejarah yang diketuai oleh Dr. Abdullah bin Muhammad al-‘Utaibi, dengan anggota Dr. Umar bin Abdul Aziz as-Salumi, Dr. Sulaiman bin Muhammad al-‘Athani, Dr. Saud bin Abdul Aziz as-Salumi dan Dr. Raja’ bin ‘Atiq al-Mu’aili.

Komite ini ditugaskan untuk memberikan pandangan mengenai bentuk, tema, konten, penggunaan teknologi tinggi untuk Museum Sejarah ini, serta klasifikasi dan pengindeksan, serta pemilihan lokasi yang sesuai bagi Museum ini.*/Imam Khairul Anas  

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Indonesia Ikut Ambil Bagian dalam Piala Dunia Universitas Islam Madinah tahun 2017 http://www.hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2017/11/10/127692/indonesia-ikut-ambil-bagian-dalam-piala-dunia-universitas-islam-madinah-tahun-2017.html Fri, 10 Nov 2017 08:49:16 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127692

untuk pertama kali kompetisi ini dinamakan “Piala Dunia UIM” setelah sebelumnya bernama  “Kompetisi Sepakbola Antar Negara Memperebutkan Piala Rektor UIM

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com–Dr. Hatim bin Hasan al-Marzuqi, Rektor Universitas Islam Madinah (UIM) hari Ahad 22 Oktober 2017 membuka Piala Dunia UIM  yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan UIM dengan diikuti oleh 32 negara peserta.

Rektor UIM menyampaikan rasa gembira atas terselenggaranya kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Islam Madinah dari seluruh dunia.

Menurut, Hatim, kegiatan ini menjelaskan visi UIM terhadap para pemuda Islam, serta urgensi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan hubungan persaudaraan antar para pemuda, mengembangkan keterampilan serta mengisi waktu luang, demikian kutip Kantor Berita Nasional Arab Saudi.

Baca: Calon Mahasiswa Universitas Islam Madinah Diminta Jaga Ukhuwah

Atas arahan dari Dr. Hatim, untuk pertama kali kompetisi ini dinamakan “Piala Dunia UIM” setelah sebelumnya bernama  “Kompetisi Sepakbola Antar Negara Memperebutkan Piala Rektor UIM”.

Setelah usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pertandingan pembuka antara kesebelasan Arab Saudi melawan Mali yang berakhir dengan seri.

Baca: Silaturahim Nasional Alumni Universitas Islam Madinah di Jakarta 

Sebagaimana diketahui, peserta yang ikut laga ini adalah; Arab Saudi, Malaysia, Myanmar, Ghana, Iran, Afrika Selatan, Mauritania, Pantai Gading, Senegal, Mauritius, Togo, Madagaskar, Afrika Tengah, Afghanistan, Rwanda, Thailand, Guinea Conakry, Gambia, Ethiopia, Chad, Mali, Vietnam, Sierra Leone, Komoro, Burundi, Kamboja, Yordania, Nigeria, Mesir, Serbia,  Zimbabwe dan Indonesia.

32 tim peserta Piala Dunia UIM selain memperebutkan juara, juga berkompetisi untuk meraih hadiah-hadiah lainnya yang telah dipersiapkan oleh Biro Kemahasiswaan UIM untuk top skor, pemain terbaik dan kiper terbaik.*/Imam Khairul Anas (Madinah)

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Divisi Wanita HAMAS: Kemerdekaan Bukan Hadiah, Kita Wajib Merebutnya! http://www.hidayatullah.com/berita/palestina-terkini/read/2017/11/10/127689/divisi-wanita-hamas-kemerdekaan-bukan-hadiah-kita-wajib-merebutnya.html Fri, 10 Nov 2017 08:39:14 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127689

Muktamar yang diselenggarakan di Jalur Gaza itu dikemukakan kembali dengan tegas akan sikap yang telah dan akan terus ditempuh oleh rakyat Palestina, yaitu melawan

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com–Divisi Wanita dari Gerakan Perlawanan Islam/Harakah Muqowamah Islamiyah (HAMAS) menyelenggarakan muktamar masa dengan mengangkat tema Balfor yang mereka beri judul: 100 Tahun dalam Penjajahan, Kamis (10/11/2017).

Deklarasi Balfour adalah surat tertanggal 2 November 1917 dari Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur James Balfour kepada pemimpin komunitas Yahudi Inggris, Lord Rothschild untuk dikirimkan kepada Federasi Zionis.

Surat itu menyatakan sikap yang dimufakati oleh Rapat Kabinet Inggris pada 31 Oktober 1917 bahwa pemerintah Inggris mendukung rencana-rencana zionis untuk membuat ‘tanah air’ bagi Yahudi di Palestina yang berlangsung hingga hari ini.

Baca:  Hamas: Deklarasi Balfour Penyebab Utama Kemalangan Palestina

Dalam muktamar yang diselenggarakan di Jalur Gaza itu dikemukakan kembali dengan tegas akan sikap yang telah dan akan terus ditempuh oleh rakyat Palestina, yaitu melawan.

Baca: Aksi Dunia Menolak Peringatan 100 Tahun Deklarasi Balfour 

Karena mereka yakin bahwa kemerdekaan bukanlah hadiah yang secara cuma-cuma bisa didapat. Melainkan harus mereka rebut paksa dari genggam kesombongan tangan penjajah yang melapoi batas.

Seakan mewakili masyarakat Palestina, para pemimpin HAMAS dari mimbar orasinya menyatakan bahwa seluruh tumpah darah pejuang tidak akan menyurutkan semangat juang, bahkan makin menyulut gelora jihad rakyat Palestina.*/MR Utama

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Jajak Pendapat di Medsos: 87 % Dukung Tabligh Akbar UBN http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127577/jajak-pendapat-di-medsos-88-dukung-tabligh-akbar-ubn.html Fri, 10 Nov 2017 06:44:09 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127577

Warganet mengomentari dukungannya atas jajak pendapat itu. "Mendukung..admin Top..keren gagah berani....bismillah..dukung 1000 persen....

(SKR,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com– Sebuah jajak pendapat digelar di media sosial baru-baru ini tentang acara tabligh akbar yang rencananya akan digelar di Alun-alun Garut sekompleks Masjid Agung Garut, Jawa Barat, besok, Sabtu (11/11/2017). Tabligh akbar ini rencananya akan dihadiri oleh Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, KH Bachtiar Nasir.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan fanspage Indonesia ID Garut itu, terlihat, sebagian besar warganet mendukung digelarnya Tabligh Akbar Garut dengan pembicara UBN, sapaan Bachtiar Nasir.

Baca: Tabligh Digelar di Tempat Lebih Luas, UBN Mantap Hadir

Pantauan hidayatullah.com, Jumat (10/11/2017) pada tampilan jajak pendapat yang dimulai Rabu (08/11/2017) dan berakhir kemarin itu, hampir 90 persen warganet yang ikut menyatakan mendukung Tabligh Akbar Garut oleh UBN, sisanya saja yang menolak.

“87 % mendukung, 13 % menolak,” demikian hasilnya dari jajak pendapat yang diajukan kepada warga Garut itu.

Admin jajak pendapat itu menampilkan foto UBN pada kolom “Mendukung” dan gambar Permadi alias Abu Janda pada kolom “Menolak”.

Jajak pendapat itu berdasarkan catatan diikuti total sekitar 1.400 suara, dengan rincian sebanyak 1.200 lebih akun warganet mendukung Tabligh Akbar, sisanya cuma 176 yang menolak.

Warganet dengan nama Den Irman Irss mengomentari dukungannya atas jajak pendapat itu. “Mendukung..admin Top..keren gagah berani….bismillah..dukung 1000 persen…,” tulisnya.

Baca: Panitia: Acara UBN Sebelum Ini Disambut Antusias

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Tabligh Akbar Garut yang rencananya akan digelar di tempat lebih luas, besok, Sabtu (11/11/2017) insya Allah akan dihadiri oleh Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI KH Bachtiar Nasir.

UBN, sapaan Ustadz Bachtiar Nasir pun memantapkan dirinya akan menghadiri Tabligh Akbar tersebut.

“Mantap berangkat!” ujar UBN singkat saat dikonfirmasi hidayatullah.com, Jumat (10/11/2017).*

(SKR,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
“Mau Tidak Mau, Orangtua Harus Melek Media” http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/11/10/127622/mau-tidak-mau-orangtua-harus-melek-media.html Fri, 10 Nov 2017 05:49:23 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=127622

Jangan pernah menyodorkan acara TV ke anak tanpa orangtua tahu kualitas acara TV tersebut.

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com-Maraknya stasiun televisi yang memuat tayangan negatif membuat Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) di bawah komando Dr Nina Mutmainnah Armando resah.

Bagaimana tidak, kajian YPMA selama 10 tahun (2006-20015), 59 persen dari 1.201 acara menunjukkan acara anak masuk dalam kategori “Tidak Aman”,

Dari kajian tersebut, ia berharap peran besar orangtua dalam menyikapi maraknya tayangan negatif.

“Dalam penggunaan media, yang harus dilakukan orangtua adalah literasi media, itu penting loh,” ungkap Nina saat diwawancarai hidayatullah.com selepas acara Diskusi Publik “Mencari Acara Televisi Berkualitas untuk Anak” di IBIS Hotel Menteng, Jakarta, Kamis (09/11/2017).

Baca: Acara TV Aman untuk Anak Diharapkan Diperbanyak

Literasi media itu merupakan suatu keniscayaan bagi orangtua.

“Mau tidak mau, orangtua harus melek media. Media sudah berada dalam genggaman siapapun, kemampuan inilah yang wajib dimiliki segenap orangtua,” jelasnya.

Nina pun menambahkan, jangan pernah menyodorkan acara TV ke anak tanpa orangtua tahu acara kualitas acara TV tersebut.

Dan orangtua juga harus mengetahui apakah di media baik TV, film, maupun games (permainan) tersebut terdapat konten positif maupun konten negatif untuk anak atau tidak.

Baca: 40% Penonton TV Usia Anak, KPI Minta Orangtua Waspada

Ia pun mengharapkan kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) agar bekerja sama, serius berbicara soal acara TV berkualitas untuk anak. Karena katanya pihak KPPPA selaku regulator mempunyai sejumlah nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) terkait dengan penyiaran.

“Kami berharap banget KPPPA bisa membantu ikut mendorong, karena kalau masyarakat sipil yang berteriak sendirian, siapa yang akan dengar. Keluh Peneliti sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi UI.* Zulkarnain

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>