Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Sat, 31 Mar 2018 06:47:29 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.4 Turki Kecam Gugurnya 15 Orang dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah http://www.hidayatullah.com/berita/palestina-terkini/read/2018/03/31/139294/139294.html Sat, 31 Mar 2018 06:35:39 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139294

Ismail Haniyah, Pemimpin Gerakan Hamas yang mengatur Gaza, juga ikut serta dalam long march tersebut

The post Turki Kecam Gugurnya 15 Orang dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Ribuan rakyat Palestina yang melakukan demonstrasi damai dan Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah di dekat perbatasan Gaza-Israel kemarin menerima respon brutal dari pasukan Israel, menyebabkan 15 orang gugur dan 1400 orang terluka dalam bentrokan, kementrian kesehatan Palestina mengatakan.

Kementerian mengatakan mereka yang terluka pada Jumat dikarenakan tembakan amunisi tajam dan peluru besi berlapis karet, sementara lainnya terkena gas air mata.

Menurut pernyataan resmi kementrian kesehatan, 15 demonstran terbunuh oleh tembakan peluru Israel dan sejumlah 1416 orang terluka.

Militer penjajah Israel berdalih bahwa tentaranya telah menggunakan “upaya membubarkan kerusuhan dan menembak penghasut utama” dan bahwa beberapa dari para demonstran “membakar ban dan melemparkan batu” ke arah tembok perbatasan dan tentara.

Baca: 15 Orang Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah

Setidaknya 10.000 rakyat Palestina di Gaza berkumpul di beberapa titik yang berbeda di sepanjang perbatasan, wartawan AFP mengatakan, dan jumlah yang lebih kecil mendekat beberapa meter dari tembok yang diperkuat.

Tank dan penembak jitu Israel yang ditempatkan di sisi lain perbatasan, menembakkan gas air mata dan amunisi tajam untuk mendorong balik para demonstran.

[Atas: Seorang wartawan tertembak | Remaja Palestina tertembak di dada] Bawah: Penjajah Israel sedang mengarahkan tembakan ke demonstran [Sumber: #مسيرة_العودة_الكبرى]

Sementara itu, Kementrian Luar Negeri Turki dengan keras mengecam penggunaan kekuatan yang tidak seimbang di Gaza, mengatakan bahwa Turki sangat prihatin dengan korban terbunuh dan terluka karena intervensi pasukan penjajah Israel.

“Israel harus segera menghentikan penggunaan hal yang akan meningkatkan ketegangan di wilayah,” pernyataan itu mengatakan, serta meminta masyarakat internasional agar memenuhi tanggungjawab mereka untuk membuat Israel menghentikan sikap agresifnya.

Sebelumnya di hari yang sama, sebelum demonstrasi utama bermula, seorang petani Palestina terbunuh di lahannya sendiri oleh tembakan tank Israel di dekat perbatasan.

Baca:  Enam Warga Palestina Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjaja

Militer Israel mengatakan tembakan tank terjadi setelah “dua orang mendekati pagar keamanan … dan mulai bertindak mencurigakan.”

Long march itu menjadi pembuka demonstrasi duduk selama enam minggu yang dijuluki “The Great March of Return” (Gerakan Kembali ke Palestina).

Ismail Haniyah, Pemimpin Gerakan Hamas yang mengatur Gaza, juga ikut serta dalam long march tersebut.

“Tidak ada alternatif untuk Palestina dan tidak ada solusi kecuali kembali,” katanya dalam sebuah pernyataan, merujuk pada rakyat Palestina yang berupaya kembali setelah tanah mereka yang saat ini merupakan Israel.*/Nashirul Haq AR

The post Turki Kecam Gugurnya 15 Orang dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
15 Orang Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah http://www.hidayatullah.com/none/read/2018/03/31/139292/15-orang-gugur-dalam-long-march-kembali-ke-palestina-yang-terjajah.html Sat, 31 Mar 2018 06:15:21 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139292

Data korban berasal dari sejumlah kota di Tepi Barat, seperti Nablus, Qalqilia, Ramallah, Jerikho dalam peringatan Hari Bumi ke 42, peristiwa tahun 1976 usai penyitaan tanah

The post 15 Orang Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Sebanyak 15 warga Palestina gugur syahid dan ratusan lainnya terluka, Jumat (30/01/2018) akibat serangan Israel dan konfrontasi dengan pasukan Israel di Gaza dan Tepi Barat, dalam aksi massa besar bertajuk Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang terjajah yang berlangsung di segenap wilayah Palestina, kutip PIC.

Aksi massa diikuti ribuan warga dari segenap propinsi Jalur Gaza, menuju wilayah perbatasan Timur Palestina jajahan 48, bersamaan dengan peringatan Land Day (Hari Bumi) ke 42.

Faksi-faksi Palestina menyebut aksi ini sebagai “Kepulangan Besar-besaran” dan ditegaskan sebagai aksi rakyat secara damai.

Koresponden Palestine Information Centre (PIC) melaporkan perkembangan di lapangan sejak pagi hari, mereka mencatat dari waktu ke waktu.

Juru bicara kementerian kesehatan, Ashraf al Qudra menginformasikan, sejumlah rumah sakit di Gaza menyebutkan 15 warga Palestina gugur syahid, sementara korban luka mencapai lebih dari 1416 orang.

Kementerian Kesehatan Palestina menginformasikan gugurnya 2 warga Palestina lainnya, Sari Walid Abu Audah dan Hamdan Ismail Abu Imsya, akibat gempuran Israel terhadap kerumunan warga di Bet Hanun, Gaza Utara.

Baca:  Enam Warga Palestina Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah

Di Tepi Barat, korban luka mencapai 118 orang, dan gangguan pernapasan akibat gas air mata dalam bentrokan dengan  militer penjajah Israel, saat peringatan Hari Bumi.

Sabit Merah Palestina (non pemerintah) dalam keterangannya menyebutkan, tim medis mereka merawat 118 korban luka di Tepi Barat.

Satu korban luka tembak dalam kondisi kritis, dan 17 lainnya terkena tembakan peluru karet, dan 100 lainnya mengalami gangguan pernapasan akibat tembakan gas air mata.

Data korban berasal dari sejumlah kota di Tepi Barat, seperti Nablus, Qalqilia, Ramallah, Jerikho dalam peringatan Hari Bumi ke 42, peristiwa tahun 1976 usai penyitaan tanah milik warga Arab Palestina di Ghalil Utara, yang memicu bentrokan dan menewaskan 6 warga Palestina saat itu, dan melukai sejumlah warga lainnya, dan ratusan ditangkap.

Puluhan ribu warga Palestina bersiap menuju garis perbatasan yang memisahkan Gaza, aksi yang sama digelar di Tepi Barat, Libanon, dan kamp pengungsian Palestina di Suriah.

  Baca: Negara-Negara Muslim Bergabung Bangun Kembali Gaza

Di bawah ini nama-nama para syuhada yang gugur:

  1. Wahid Abu Samur (27/Khan Yunis)
  2. Muhammad Kamal an Najjar (25/Bet Hanun)
  3. Amin Abu Muammar (22/Gaza)
  4. Muhammad Abu Amru (27/Gaza)
  5. Ahmad Ibrahim Audah (19/Bet Lahiya)
  6. Jihad Farina (34/Gaza)
  7. Mahmud Rahmi (33/Gaza)
  8. Ibrahim Abu Sya’r (22/Rafah)
  9. Abdul Fattah Abdunabi (18/Bet Lahiya)
  10. Abdul Qadir Hawajiri )42/Nazaret)
  11. Jihad Abu Jamus (30/Khan Yunis)
  12. Badir Shiba (20/Jabalia Utara)
  13. Naji Abdulla Abu Hajir (25/al Barij).*

The post 15 Orang Gugur dalam Long March ‘Kembali ke Palestina’ yang Terjajah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
Saudi Tunjukkan Bukti Rudal Balistik Pemberontak Syiah Houthi berasal dari Iran http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/03/31/139289/saudi-tunjukkan-bukti-rudal-balistik-pemberontak-syiah-houthi-berasal-dari-iran.html Sat, 31 Mar 2018 06:05:25 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139289

Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian menyatakan bahwa Iran memasok milisi Houthi di Yaman dengan persenjataan

The post Saudi Tunjukkan Bukti Rudal Balistik Pemberontak Syiah Houthi berasal dari Iran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Kol. Turki Al-Malki, juru bicara Koalisi Pendukung Legitimasi di Yaman, mengatakan: “Kami telah membuktikan pada dunia bahwa rudal balistik yang diluncurkan dari wilayah Yaman oleh Houthi diproduksi Iran dan kami telah menunjukkan pecahan rudal “Qiyam” Iran dengan part mereka yang telah dirakit di Yaman, selain rudal yang disita sebelum diluncurkan.

Pernyataan ini terjadi dalam wawancara dengan juru bicara koalisi yang disiarkan oleh CNN di mana dia menegaskan bahwa bukti itu telah diungkapkan untuk membuktikan pada dunia bahwa Iran terlibat dalam mendukung pemberontak Syiah al Houthi.

Sebagaimana dikutip saudigazette.com.sa, dia mengatakan bahwa metodelogi Iran yang mengandalkan penyangkalan tindakan permusuhannya di wilayah itu seperti semua penjahat di dunia yang bersikeras menyangkal kejahatannya.

Mengenai pertanyaan bagaimana rudal ini diselundupkan ke dalam Yaman, Kol. Al-Malki menegaskan bahwa penyelundupan rudal tidak berawal dari Iran, tetapi dari pinggiran selatan Beirut, di mana mereka dipindahkan melalui Suriah menuju Iran dan kemudian dikirim melalui laut dengan kapal induk menuju Yaman.

Baca: Pemberontak Syiah Houthi Yaman Tembakkan Rudal Balistik ke Riyadh

Dia mengatakan bahwa pelabuhan Hodeihah telah menjadi titik utama penyelundupan rudal balistik dan senjata lain ke dalam Yaman. Kol. Al-Malki juga mengutip angkatan laut AS, Australia dan Prancis telah mencegat sejumlah kapal menuju Yaman yang memuat sejumlah senjata, bukti bahwa Iran melanggar Resolusi 2216 dan 2231.

Merespon pembelian persenjataan AS, dia mengatakan: “Kami menggunakan persenjataan ini untuk melindungi negara kami dan melawan terorisme Houthi untuk mempertahankan keamanan di wilayah ini dari ambisi Iran.”

Dia menekankan bahwa Kerajaan mempunyai hak untuk menanggapi secara sesuai dan tepat waktu, sesuai dengan Resolusi PBB dan hukum internasional, terhadap setiap ancaman pada keamanannya  oleh rudal yang diluncurkan Pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran menuju kota-kota Saudi.

Baca: Rudal Pemberontak Syiah Houthi yang Ditembakkan ke Sauri Nyasar ke Sekolah

Kol. Al-Malki juga menegaskan bahwa koalisi tidak mencari strategi untuk keluar dari Yaman dan bahwa perang ini bukanlah pilihan karena intervensi militer terjadi sebagai tanggapan permintaan Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi, menegaskan bahwa tujuan dari operasi militer ini sudah jelas – untuk mengembalikan pemerintah sah Yaman yang diakui oleh masyarakat internasional.

Dia menekankan, koalisi memiliki strategi yang jelas untuk mencapai tujuan strategisnya, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa perang di Yaman bukanlah melawan pasukan resmi tetapi milisi teroris dan, mengembalikan pemerintha yang sah di Yaman bukanlah tanggungjawab Kerajaan tetapi juga tanggungjawab masyarakat internasionl.

Pada Kamis, Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian menyatakan bahwa Iran memasok milisi Houthi di Yaman dengan persenjataan. “Terdapat masalah di Yaman yang membuat proses politik tidak dapat dimulai dan Arab Saudi berada di bawah serangan konstan yang dilakukan oleh milisi Houthi yang mendapatkan senjata dari Iran,” dia mengatakan dalam pernyataan di Radio RTL.

Dewan Keamanan PBB dengan keras mengecam peluncuran rudal balistik Houthi pada Arab Saudi. Anggota dewan itu menyatakan bahwa serangan ini memperlihatkan ancaman serius pada keamanan Kerajaan dan ancaman yang lebih besar pada keamanan regional.*/Nashirul Haq AR

The post Saudi Tunjukkan Bukti Rudal Balistik Pemberontak Syiah Houthi berasal dari Iran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
Rusia Usir 60 Diplomat AS, Serta Menutup Konsulatnya http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/03/31/139286/rusia-usir-60-diplomat-as-serta-menutup-konsulatnya.html Sat, 31 Mar 2018 05:55:42 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139286

PM Inggris Theresa May mengatakan bahwa dia memiliki bukti keterlibatan Rusia dalam peracunan mantan agen intelejen Rusia Sergei Skripa

The post Rusia Usir 60 Diplomat AS, Serta Menutup Konsulatnya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Rusia telah memberikan pemberitahuan resmi kepada 60 diplomat Amerika Serikat (AS) untuk meninggalkan negara itu pada 5 April sebagai tanggapan terhadap pengusiran 60  diplomat Negeri ‘Beruang Merah’ sebelumnya pada minggu ini.

Rusia juga mencabut izin konsulat AS di St Petersburg – yang berarti konsulat harus ditutup – dan mengirim nota protes pada Duta Besar AS untuk Rusia, Jon Huntsman, menyebut pengusiran itu merupakan tindakan diplomatik “yang memalukan dan tidak beralasan” terhadap Rusia.

Dengan cepat AS merespon hal itu. Dalam sebuah konferensi pers di Washington, DC, juru bicara Heather Nauert mengatakan tindakan Rusia menunjukkan mereka “tidak tertarik melakukan dialog”.

“Tidak ada pembenaran terhadap tanggapan Rusia. Langkah kami murni dimotivasi oleh serangan pada Inggris – serangan pada warga negara Inggris dan anak perempuannya,” Nauert mengatakan.

Baca: Pentagon: China dan Rusia Musuh Terbesar Amerika

Pada Senin dan Selasa, 24 negara Eropa – serta AS, Kanada dan Australia – mengusir lebih dari 120 diplomat Rusia untuk menujukkan solidaritas dengan Inggris setelah percobaan pembunuhan terhadap mantan mata-mata Rusia di kota Salsibury, diduga menggunakan racun syaraf.

NATO juga mengumumkan tujuh diplomat yang bekerja untuk misi Rusia di kantornya akan diusir.

Baca: Rusia Nyatakan 9 Media Amerika Serikat Sebagai

Minggu lalu, London mengusir 23 diplomat Rusia dan Moskow menanggapi dengan cara yang sama.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa dia memiliki bukti keterlibatan Rusia dalam peracunan mantan agen intelejen Rusia Sergei Skripal dan anak perempuannya Yulia.

Kondisi kesehatan Yulia semakin membaik dan tidak lagi berada dalam kondisi kritis, dokter mengatakan pada Kamis. Sergei masih berada dalam kondisi kritis tetapi dalam kondisi yang stabil.*/Nashirul Haq AR

The post Rusia Usir 60 Diplomat AS, Serta Menutup Konsulatnya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
Makan Apa-apa yang Paling Dekat http://www.hidayatullah.com/kajian/hadits-harian/read/2018/03/31/139283/makan-apa-apa-yang-paling-dekat.html Sat, 31 Mar 2018 05:46:50 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139283

Adab makan yang dicontohkan oleh Rasulullah memulai dengan menyebut basmalah, menggunakan tangan kanan, serta memakan makanan yang berada paling dekat dengan kita

The post Makan Apa-apa yang Paling Dekat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

عن عمر بن أبي سَلَمَةَ رضي اللَّه عنهما قال: كُنتُ غلاماً في حِجْرِ رسول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم، وكَانتْ يَدِي تَطِيشُ في الصَّحْفَةِ فقال لي رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم: «يَا غُلامُ سَمِّ اللَّه تعالى وَكُلْ بيمينِكَ وكلْ مِمَّا يَلِيكَ» متفقٌ عليه

Dari Sayyidina  Umar bin Abu Salamah  رضي اللَّهُ عنهما  berkata  : “Saya – pada ketika itu – adalah seorang anak yang ada di bawah pengawasan Rosulullah  صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم tanganku berputar-putar ke sekitar piring – kalau makan. Lalu Rosulullah  صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda kepadaku yang maksudnya : “Hai anak, ucapkanlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” [HR; Muslim] 

Adab makan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam, yaitu dengan mengawalinya dengan menyebut Asma Allah (basmalah), menggunakan tangan kanan, serta memakan makanan yang berada paling dekat dengan kita

– عن عُمَرَ بنِ أبي سلَمَة رضي اللَّه عنهما قال: قال لي رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم: «سَمِّ اللَّه وكُلْ بِيمِينكَ ، وكُلْ مِمَّا يَلِيكَ». متفقٌ عليه

Diriwayatkan dari ‘Umar bin Abi Salamah radliyallahuanhumaa, dia berkata, telah bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam kepadaku, “Sebutlah Nama Allah (Bacalah bismillah sebelum makan) dan makanlah dengan tangan kanan, serta makanlah makanan yang terdekat denganmu”. ~Muttafaqun ‘alaihi (Diriwayatkan dalam dua kitab sahihain oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim).*

The post Makan Apa-apa yang Paling Dekat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
BMH Luncurkan Perpustaan untuk Desa Binaan http://www.hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2018/03/31/139280/bmh-luncurkan-perpustaan-untuk-desa-binaan.html Sat, 31 Mar 2018 05:22:04 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139280

Hidayatullah.com—Bertempat di Dusun Krajan Putukrejo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jatim  mendukung program pemerintah meningkatkan budaya […]

The post BMH Luncurkan Perpustaan untuk Desa Binaan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Bertempat di Dusun Krajan Putukrejo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jatim  mendukung program pemerintah meningkatkan budaya baca masyarakat melalui pendirian Perpustakan Hidayatullah.

Acara bertema 100 Perpustakaan untuk Desa Binaan ini diselenggarakan Jumat (30/03/2018) yang berlangsung di Gedung TPQ Sholahudin dengan dihadiri jajaran Muspika Kecamatan Kalipare dan aparat desa setempat.

Heri Wibisono,  Kepala Desa Dusun Krajan Putukrejo ikut menandatangani prasasti peresmian dan sangat berharap apa yang sudah dimulai BMH didesanya untuk meningkatkan minat baca masyarakatnya bisa terus berkembang dan membawa dampak positif.

“Putukrejo Kalipare sebagai desa pertama peluncuran Perpustakaan Hidayatullah ini karena sambutan hangat masyarakat akan adanya perpustakaan ini dan adanya silaturahim yang terjalin baik dengan tokoh masyarakat desa tersebut, “ demikian disampaikan Soni Abdul Karim, Manager Operasional BMH di Gerai Malang.

“Kedepan akan ada 100 perpustakaan gratis dengan segala fasilitas pendukungnya di Jawa Timur dan kita mulai dari Kalipare, “ tambahnya.

Abdurohman,  Ketua Yayasan Sholahudin yang ketepatan sebagai lokasi perpustakaan ini sangat mendukung dan akan menjaga amanah perpustakaan yang di support oleh Ritel Superindo Malang ini.*/Kiriman Imron Mahmudi (Malang)

The post BMH Luncurkan Perpustaan untuk Desa Binaan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
Wanita Penghuni Surga http://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2018/03/31/139277/wanita-penghuni-surga.html Sat, 31 Mar 2018 05:17:10 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139277

Perawakannya tinggi dan kulitnya hitam. Kesabarannya atas sakit yang ia derita telah mengantarnya ke Surga

The post Wanita Penghuni Surga appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

ATHA’  bin Abu Rabah suatu hari bercerita kepada sahabatnya, sebagaimana diriwayatkan dalam Hadits Bukhori (nomor 5220), bahwa Ibnu Abbas pernah berkata, “Maukah aku tunjukkan kepadamu seorang wanita dari penduduk Surga?”

Atha` menjawab, “Tentu saja!”

Ibnu Abbas lalu bercerita bahwa seorang wanita berkulit hitam pernah menemui Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassallam sambil berkata, “Sesungguhnya aku menderita epilepsi dan auratku sering tersingkap (ketika sedang kambuh), maka berdoalah kepada Allah untukku.”

Baca:  Kunci Surga Itu Bernama Kesetiaan

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, “Jika kamu berkenan, bersabarlah, maka bagimu Surga. Dan jika kamu berkenan, maka aku akan berdoa kepada Allah agar Allah menyembuhkanmu.”

Wanita itu lalu berkata, “Baiklah aku akan bersabar.”

“Namun…,” wanita itu melanjutkan lagi, “… berdoalah kepada Allah agar (auratku) tidak tersingkap.”

Baca: Tanpa Gerakan Feminis, Wanita Sudah Istimewa

Kemudian Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam mendoakan hal itu untuk wanita tadi.

Para sahabat yang mendengar cerita tadi bertanya siapakah wanita penghuni Surga yang diuji kesabarannya itu?

‘Atha’ lalu menjawab bahwa wanita tersebut adalah Ummu Zufar. Saat ‘Atha` mendengar cerita tersebut dari Ibnu Abbas, ia melihatnya sedang berada di tirai Ka’bah.  Perawakannya tinggi dan kulitnya hitam. Kesabarannya atas sakit yang ia derita telah mengantarnya ke Surga.*/Mahladi

The post Wanita Penghuni Surga appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
PPI Lebanon mengadakan Seminar tentang Kahlil Gibran http://www.hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2018/03/31/139274/ppi-lebanon-mengadakan-seminar-tentang-kahlil-gibran.html Sat, 31 Mar 2018 04:44:45 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139274

Hidayatullah.com–Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Lebanon menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Gibran From The Other Side of The World (image, vision, […]

The post PPI Lebanon mengadakan Seminar tentang Kahlil Gibran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Lebanon menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Gibran From The Other Side of The World (image, vision, and ideology of Gibran in Indonesia)” di Auditorium Lebanese University (LU) pada 27 Maret 2018.

Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama dengan Gibran National Committee (GNC) dan didukung oleh KBRI Beirut. Turut hadir dalam acara tersebut Presiden GNC, Dr. Tarek Chidiac dan Dekan Fakultas Seni LU, Dr. Mohamed Husni El-Hajj. Serta mahasiswa dari berbagai kampus di Lebanon.

Acara kemudian diawali dengan sambutan Ketua PPI Lebanon, Hamid Hodir. Ia menjelaskan tentang besarnya pengaruh Gibran pada tren anak muda dan pergolakan kesusastraan di Indonesia. “Atas dasar inilah kami mengadakan seminar ini” tandasnya.

Duta Besar RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Chumaidy di dalam sambutannya menjelaskan besarnya hubungan Indonesia dan Lebanon terkait Gibran tersebut. “Hingga anak pertama dari Presiden Indonesia bernama Gibran”. Tambahnya.

Usai berbagai sambutan tersebut, acara dilanjutkan dengan seminar.

Baca: PPI Lebanon Pelantikan Pengurus dan Gelar Diskusi Kebangsaan

Sebelumnya, Tim Seni PPI Lebanon menggunakan Kolintang berkolaborasi dengan mahasiswi LU menyanyikan lagu A’tini al-Nay, puisi Gibran yang dipopulerkan oleh Fairuz.

Dalam sesi seminar, hadir sebagai pembicara dari Indonesia, Asrie Tresnady. Pendiri Tuanthakur ini berbicara mengenai sejarah penerjemahan Gibran di Indonesia. “Naskah Gibran mulai diterjemahkan ke Bahasa Indonesia pada era 80-an. Kemampuan penerjemah mengawinkan rasa sastra Indonesia dengan rasa milik Gibran sangat menentukan larisnya buku tersebut di pasaran” jelasnya.

Baca: MAL ke IX PPI Libanon Pilih Hamid Hodir Sebagai Ketua Periode 2017

Asrie juga bercerita, Sri Kusdyantinah yang juga istri Soebandrio, bisa dibilang yang tersukses menerjemahkan karya-karya Gibran. Meski sampai tahun 2000 telah banyak nama baru bermunculan dengan terjemahan yang lebih modern, mereka tak sanggup mempertahankan popularitas Gibran di pasaran. Sampai pada akhirnya, pasca 2000, muncul kembali penerbit yang mengangkat nama Sri sebagai penerjemah dan menaruhnya di bawah nama Gibran pada cover buku. Dan sejak itu, Gibran kembali akrab di kalangan pembaca Indonesia.

Selain itu, hadir sebagai pembicara, Dr. Tarek Chidiac Presiden GNC dan Dr. Walid Dakroub dari Lebanese University. Mereka hadir sebagai pembanding ide tentang Gibran di Lebanon.

Acara ini kemudian ditutup dengan penampilan Tim Seni PPI Lebanon. Dimulai dengan Tari Saman, Tari Piring, kolaborasi Rampak Gendang dan alunan Gamelan, serta ditutup dengan Pencak Silat. Selain itu turut memeriahkan, penampilan mahasiswi LU membawakan  lagu dengan Gitar Oud.

Selain penampilan seni, terdapat juga pameran makanan tradisional, promosi kopi serta stan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.*/kiriman Muhammad Bahesyti (Lebanon)

The post PPI Lebanon mengadakan Seminar tentang Kahlil Gibran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
MKD Diminta Tegur Keras dan Nonaktifkan Politikus PDIP Arteria Dahlan http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2018/03/31/139260/mkd-diminta-tegur-keras-dan-nonaktifkan-politikus-pdip-arteria-dahlan.html Sat, 31 Mar 2018 00:00:36 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139260

Seluruh guru, pengelola, dan santri MDT serta orang tua santri MDT diminta untuk tidak memilih kembali Arteria Dahlan dalam pemilihan legislatif yang akan datang.

The post MKD Diminta Tegur Keras dan Nonaktifkan Politikus PDIP Arteria Dahlan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, telah menyampaikan permintaan maafnya karena telah mengumpat Kementerian Agama (Kemenag) pada saat Rapat Komisi III DPR RI bersama Jaksa Agung, Rabu (28/03/2018).

Kejadian itu menjadi sorotan publik, terutama soal pernyataan Arteria Dahlan selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Menyikapi umpatan Arteria Dahlan, anggota DPR RI Fraksi PDIP asal Daerah Pilihan 6 Jawa Timur (Kediri, Tulungagung dan Blitar) itu, Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPP FKDT) menyampaikan sejumlah pernyataan sikapnya.

Baca: Politisi PDIP Arteria Dahlan Umpat Kementerian Agama Disayangkan

Antara lain, pertama, DPP FKDT sebagai organisasi yang mendampingi penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di bawah binaan Kemenag untuk melahirkan anak-anak bangsa yang memiliki akhlakul karimah, baik dalam sikap, perilaku maupun tutur kata melalui pendidikan keagamaan Islam, menyatakan keberatan dan tersinggung atas ucapan Arteria Dahlan.

“Kedua, ungkapan Saudara Arteria Dahlan tidak mencerminkan sikap, perilaku, dan tutur kata sebagai anggota DPR RI yang seharusnya menjadi teladan masyarakat,” ujar Ketua Umum DPP FKDT Lukman Hakim dalam pernyataannya bersama Sekretaris Jenderal Abdur Rouf di Jakarta diterima redaksi hidayatullah.com semalam.

DPP FKDT pun meminta Arteria Dahlan untuk menyampaikan secara terbuka di muka umum permintaan maaf kepada jajaran Kemenag dan semua lembaga binaan Kemenag di seluruh tanah air dan tidak mengulang kejadian yang sama.

Baca: PPP Desak Politisi PDIP Arteria Minta Maaf atas Umpatannya

“Keempat, meminta kepada Majelis Kehormatan DPR RI (MKD) untuk memberikan teguran keras dan menonaktifkan Saudara Arteria Dahlan dari keanggotaan DPR RI,” pintanya.

Kemudian, DPP FKDT mendorong masyarakat umum khususnya seluruh guru, pengelola, dan santri MDT serta orangtua santri MDT untuk tidak memilih kembali Arteria Dahlan dalam pemilihan legislatif yang akan datang.

Sebelumnya Arteria Dahlan melontarkan umpatan keras kepada Kemenag saat membahas kasus First Travel di rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Dalam rapat itu, Jaksa Agung HM Prasetyo menyinggung kasus travel itu yang sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Depok. Arteria Dahlan meminta Kejaksaan tak hanya menginventarisasi aset First Travel, tetapi juga secara aktif melacaknya karena itu berkaitan dengan kerugian yang diderita masyarakat.

Baca: Politisi PDIP Bantah Sebut Situs Islam Berbahaya dibanding Pornografi

Ia mengaku pernah membahas masalah travel itu semasa ditempatkan di Komisi VIII.

“Saya satu komisi satu bulan sama (kasus First Travel) ini, Pak. Ini masalah dapil, Pak. Yang dicari jangan kayak tadi Bapak lakukan inventarisasi, pencegahannya, Pak. Ini Kementerian Agama bangsat, Pak, semuanya, Pak,” ujar Arteria kepada Prasetyo.*

The post MKD Diminta Tegur Keras dan Nonaktifkan Politikus PDIP Arteria Dahlan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
UBN Sarankan Lembaga Dakwah Bawakan Islam Secara Elegan http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2018/03/31/139258/ubn-sarankan-lembaga-dakwah-bawakan-islam-secara-elegan.html Fri, 30 Mar 2018 23:37:30 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139258

"Semua lembaga Islam harus bisa berinteraksi dengan potensi-potensi yang ada."

The post UBN Sarankan Lembaga Dakwah Bawakan Islam Secara Elegan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com – Pimpinan AQL Islamic Center, Ustad Bachtiar Nasir menyarankan, agar lembaga dakwah khususnya di Indonesia, membawakan Islam secara elegan.

“Apalagi di era digital, semua lembaga Islam harus bisa berinteraksi dengan potensi-potensi yang ada,” ujarnya kepada hidayatullah.com usai acara tasyakuran pembebasan lahan di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta, Kamis (29/03/2018).

Menurutnya, potensi umat Islam Indonesia dalam hal zakat, infaq, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) sangat besar. Permasalahannya umat sering dihadapi dengan penggalangan dana yang bodong-bodong. Artinya umat sering dibohongi dan ketipu.

Baca: UBN Sujud Syukur Resmikan Pembebasan Lahan AQL Islamic Center

“Kalau ada yang dipercaya umat, kemudian amanah, dan bisa dirasakan dampaknya, umat gampang mengeluarkan hartanya untuk membantu dakwah. Tapi memang tidak mudah mendapatkan trust (kepercayaan) itu, dan pasti akan ada yang tidak senang,” ungkapnya.

Potensi yang besar itu, terang UBN, sapaannya, tinggal bagaimana bisa memenejnya denga baik.

Ia berharap, agar Allah berikan pemimpin-pemimpin yang dipercaya umat dan lembaga-lembaga dakwah yang diberkahi.*

The post UBN Sarankan Lembaga Dakwah Bawakan Islam Secara Elegan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>