Unik – Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Thu, 30 Aug 2018 22:00:59 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.6 61797197 Sapi Kelantan akan Diperdengarkan Al-Qur’an agar Dagingnya Lebih Lembut http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2018/04/07/139940/sapi-kelantan-akan-diperdengarkan-al-quran-agar-dagingnya-lebih-lembut.html Fri, 06 Apr 2018 17:04:14 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=139940

Kelantan adalah negara pengekspor sapi tertinggi kedua di dunia bahkan juga telah muncul sebagai negara pertama yang mengekspor 'sado' sapi dari breed Cherolee

The post Sapi Kelantan akan Diperdengarkan Al-Qur’an agar Dagingnya Lebih Lembut appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Pemerintah Negara bagian Kelantan, Malaysia ingin memperkenalkan ayat-ayat Al-Qur’an kepada sapi-sapi yang dibiakkan di negara dengan harapan bahwa dagingnya akan lunak dan berkualitas tinggi.

Pemerintah percaya bahwa sapi akan lebih tenang dan membaik jika banyak diperdengarkan suara al-Quran, demikian dikutip Astro Awani.

Pemerintah Kelantan ingin melakukan hal ini, karena terinspirasi dengan  daging sapi berkualitas tinggi seperti daging Kobe (Kobe Beef),  berasal dari Jepang ini dikenal sebagai daging termahal di dunia.

Kepala Dinas Pertanian, Industri Dasar Tani, Bioteknologi dan Teknologi Hijau Malaysia, Datuk Che Abdullah Mat Nawi, dikutip Astro Awani, proposal untuk membawa Al-Quran ke sapi adalah bagian dari rencana aksi pemerintah terhadap upaya tersebut.

Jika di Jepang sapi diberi bir dan disortir, untuk mendapatkan daging lunak, maka  Kelantan, menurut laporan itu, ingin menjadi produsen sapi berkualitas pada tingkat yang sama dengan daging “kobe” yang terkenal mahal dan lembut, dan negara bagian tersebut menguraikan beberapa rencana aksi.

Baca: Daging Bukan Hanya Sapi

Menurut catatan Astro Awani, Kelantan memiliki lebih dari 19.000 peternak sapi dan sebagian besar peternak di Kelantan mahir dalam menangani hewan-hewan mereka sampai ternak di Kelantan lebih jinak.

Kelantan baru-baru ini memperkenalkan daging sapi berkualitas tinggi yang disebut Naim Beef.

“Melalui program Naim Beef, kita rangka rencana, buat penelitian karena sapi di sini lebih jinak karena di antara fitur-fitur untuk daging hebat sapi ini kena rilek jinak jadi program Naim Beef ini merupakan program penyusunan sistem petani berdasarkan sistem direncanakan ke arah mengeluarkan daging yang baiklah, “kata Datuk Che Abdullah kemarin.

Kelantan adalah negara pengekspor sapi tertinggi kedua di dunia bahkan juga telah muncul sebagai negara pertama yang mengekspor ‘sado’ sapi dari breed Cherolee bernilai tinggi.

Baca: Ada Berkah pada Daging Kambing

Sapi Cherolee agak aneh karena banteng jinak ketika di Kelantan dan sebaliknya liar ketika berada di luar Kelantan, menurut Astro Awani.

Data Dinas Peternakan Malaysia menunjukkan Kelantan adalah negara bagian kedua di Malaysia yang mengekspor dari sapi ke luar negeri. Kelantan juga merupakan negara bagian pertama yang mengekspor sapi jenis Sado.

Di Eropa, sapi Sado dijual dengan harga sangat tinggi. Harga seekor sapi Sado bisa mencapai 12 ribu-15 ribu ringgit, setara Rp 42,7 juta-Rp53,4 juta.*

The post Sapi Kelantan akan Diperdengarkan Al-Qur’an agar Dagingnya Lebih Lembut appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
139940
Rokok Elektronik Meledak di Mulut, Pria Ini Kehilangan 7 Gigi http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2017/01/22/110210/rokok-elektronik-meledak-di-mulut-pria-ini-kehilangan-7-gigi.html Sun, 22 Jan 2017 06:15:37 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=110210

Hall mengunggah foto-foto mengerikan tentang kejadian itu ke Facebook, termasuk foto bibirnya bengkak dan berlumuran darah, beberapa batang giginya patah, luka bakar di dinding rumahnya dan wastafel

The post Rokok Elektronik Meledak di Mulut, Pria Ini Kehilangan 7 Gigi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Seorang pria asal Idaho mengalami luka bakar parah dan kehilangan tujuh batang gigi, setelah rokok elektronik meledak dalam mulutnya.

Andrew Hall (30 tahun), ditimpa nasib malang tersebut ketika sedang bersiap untuk ke tempat kerja pada Ahad (15/01/2017), demikian menurut Rusia Today (RT).

Hall menulis di halaman Facebooknya bahwa akibat kejadian itu, ia mengalami luka bakar tingkat dua, “potongan plastik, gigi dan objek-objek asing harus ditarik keluar dari mulut, tenggorokan dan bibirnya”, dan tujuh giginya patah.

Insiden rokok elektronik meledak itu juga menyebabkan “kerusakan besar” pada salah sebuah kamar di rumahnya.

Akibat Rokok, Jumlah Kematian Diproyeksi Meningkat Jadi 8 Jutaan Orang per Tahun

Hall dilarikan ke rumah sakit dan masuk rumah tahanan, namun ia menulis di Facebook pada Selasa (17/01/2017) bahwa ia sudah diizinkan pulang.

Dia juga mengunggah foto-foto mengerikan tentang kejadian itu ke Facebook, termasuk foto bibirnya bengkak dan berlumuran darah, beberapa batang giginya patah, luka bakar di dinding rumahnya dan wastafel dengan efek darah memercik.

Menurut RT, Hall bagaimanapun mengakui ia mengubah kumparan dalam rokok elektroniknya itu dan mungkin ini menyebabkannya meledak.

Majelis Fatwa Malaysia Haramkan Rokok Elektronik

Aku mungkin akan mengatakan ‘tidak mungkin itu tidak mungkin’ sampai sekarang.”

Hall mengingat bahwa rokok elektriknya sedang dalam kondisi yang baik dan baterai pun dalam kondisi yang prima.

“Saya tidak pernah menghadapi masalah tentang rokok elekronik menjadi terlalu panas, sehingga kejadian malang ini terjadi. Saya tahu vape membantu orang berhenti merokok dan ini sesuatu yang bagus sekali. Cuma saya ingin menarik perhatian bahwa kejadian ini bisa terjadi dan dapat meledak secara tiba-tiba, “tulisnya.

“Terima kasih kembali untuk semua orang yan telah mengatakan ‘ini palsu’ dan tahu bahwa aku asli.

“Ini benar-benar terjadi dan aku bersyukur bahwa mungkin saja hal ini bisa lebih buruk dari ini,” ujar Hall di Facebook.*

The post Rokok Elektronik Meledak di Mulut, Pria Ini Kehilangan 7 Gigi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
110210
Anak Durhaka, Tendang Ibunya Gara-Gara Hanphone http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2017/01/12/109527/anak-durhaka-tendang-ibunya-gara-gara-hanphone.html Wed, 11 Jan 2017 23:45:59 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=109527

Karena kebijakan satu anak dipraktekkan di China sejak bertahun-tahun lalu, negara itu kini menghadapi masalah anak tunggal yang digelari 'Kaisar Kecil'

The post Anak Durhaka, Tendang Ibunya Gara-Gara Hanphone appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, tetapi di saat yang sama bisa membuat rusak penggunanya. Contohnya adalah anak durhaka asal China yang menendang ibunya gara-gara handphone.

Rekaman video selama delapan detik menunjukkan seorang anak menendang ibunya lima kali karena dilarang bermain smartphone mengundang kritik pengguna Internet di China setelah vise menjadi  viral di negara itu.

Video pendek menunjukkan nenek anak yang diperkirakan berusia 10 tahun itu berusaha mempertahankan si ibu dari amukannya.

Laporan mengklaim kejadian direkam di sebuah rumah sakit di Guangzhou China.

Seorang wartawan yang meneliti rekaman itu mengatakan, anak itu tampaknya marah dengan ibunya karena tidak diizinkan bermain handphone.

China Anak Larang Anak-Anak Muslim Ikuti Kegiataan Keagamaan

Karena kebijakan satu anak dipraktekkan di China sejak bertahun-tahun lalu, negara itu kini menghadapi masalah anak tunggal yang digelari ‘Kaisar Kecil’ yang dimanjakan sepenuhnya orang tua tanpa diajarkan disiplin dan tata krama.

Seorang dokter anak yang melihat video itu turut menyatakan kejadian seperti ini semakin sering terlihat di China dan orang tua harus lebih tegas mendidik anak mereka.

Seorang pengguna Weibo setuju dengan pandangan itu.

“Orang tuanya yang bersalah, bukan anak-anak itu. Mereka harus mendidik dengan disiplin, “katanya dikutip laman Shanghaiist.com.

“Kalau itu anak saya sudah pasti dia dibantai habis-habisan,”  ujar seorang lainnya.*

The post Anak Durhaka, Tendang Ibunya Gara-Gara Hanphone appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
109527
Anggota Polisi Inggris yang Miliki ‘Memori Fotografi’ http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/10/10/102389/anggota-polisi-inggris-yang-miliki-memori-fotografi.html Mon, 10 Oct 2016 12:56:22 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=102389

Dikenal memiliki 'memori fotografi' dan mampu mengenali 850 pelaku kejahatan dalam empat tahun, tapi lupa tanggal pernikahannya

The post Anggota Polisi Inggris yang Miliki ‘Memori Fotografi’ appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Andy Pope, seorang petugas polisi yang berdinas sebagai Community Support Officer, di West Midlands, Inggris Raya disebut tak hanya memiliki memori cukup besar, bahkan otaknya dinilai seperti komputer, mampu menyimpan berbagai informasi sehubungan pelaku kejahatan. Ia bahkan dinilai memiliki kemampuan mengenali wajah ratusan penjahat di keramaian.

Hanya dengan sekilas, Andy Pope mampu mengidentifikasi seseorang penjahat dan kemahirannya itu digunakan sepenuhnya untuk menangkap pelaku criminal dengan cepat.

Menurut laman Telegraph UK, saat anggota polisi lain sibuk mencoba mencari tersangka, Pope bahkan dengan mudah dan cepat menyelesaikan suatu kasus karena memori yang dimilikinya.

Pengalaman dan memori Pope sangat menakjubkan karena setiap pagi, ia memulai pekerjaan satu jam lebih awal. Ia gunakan satu jam pertama pekerjaannya dengan membuka daftar para penjahat di komputernya dan menelusuri foto-foto tersangka sebelum ikut dalam briefing internal polisi.

Inspekstur West Midlands Police, Gareth Moris mengatakan, dia terkejut ketika Pope mampu melakukan tugas yang diberikan kepadanya lebih cepat dan efektif dibandingkan polisi lain di lembaga itu.

“Saya memang cukup kagum, ketika anggota polisi lain buntu menyelesaikan sebuah kasus, tetapi hanya dengan melihat beberapa potongan gambar dan sedikit informasi, Pope justru mampu mendapatkan gambaran nyata.

“Dia mampu mengingat semua hal termasuk bertemu dengan orang banyak di jalanan. Bayangkan pada 2012 dia sudah menyelesaikan 250 kasus termasuk yang paling rumit, “katanya.

Yang menarik, ‘memori fotografi’ Pope mampu mengenali dan menangkap 850 pelaku kejahatan dalam empat tahun lalu.

Menariknya, ketika diwawancarai wartawan, Pope mengakui, meskipun dia mempunyia memori yang baik, tetapi dia juga ada kelemahan sulit mengingat banyak hal lain, termasuk hari jadi istrinya dan tanggal pernikahan mereka.

“Tentang tersangka kejahatan saya mudah ingat, tetapi tentang hari jadi dan ulang tahun pernikahan, saya dianggap sebagai orang yang tidak ‘berguna’ oleh istri saya,” katanya berseloroh.*

The post Anggota Polisi Inggris yang Miliki ‘Memori Fotografi’ appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
102389
Wartawan Tajikistan Akan Didenda jika Gunakan Kata yang Tak Bisa Dipahami http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/08/03/98782/wartawan-tajikistan-akan-didenda-jika-gunakan-kata-yang-tak-bisa-dipahami.html Wed, 03 Aug 2016 02:45:37 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=98782

Sharifzoda mengatakan denda pada setiap orang akan berkisar dari 75 hingga 100 dolar AS (sekitar Rp981,3 hingga Rp1,3 juta)

The post Wartawan Tajikistan Akan Didenda jika Gunakan Kata yang Tak Bisa Dipahami appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com-Tajikistan, salah satu negara paling tertutup di Asia Tengah, akan mendenda jurnalis yang terbukti menggunakan kata yang “tidak dapat dipahami”, kata pejabat pemerintah pada hari Senin (01/08/2016).

“Ada kasus ketika wartawan menggunakan sampai sebanyak 10 kata dalam satu hari yang tidak dapat dipahami pembaca, pemirsa atau pendengar,” kata Gavhar Sharifzoda, kepala komite bahasa Tajikistan dalam komentar yang disiarkan layanan berita Interfax Rusia, dikutip Antaranews, Selasa, (02/08/2016).

“Ini sangat melanggar norma-norma bahasa negara,” katanya.

Pihak berwenang di negara berpenduduk delapan juta jiwa itu baru-baru ini mengeluhkan peningkatan pengaruh bahasa Farsi dan Dari yang digunakan di Afghanistan terhadap Tajik, bahasa resmi Tajikistan.

Sharifzoda mengatakan denda pada setiap orang akan berkisar dari 75 hingga 100 dolar AS (sekitar Rp981,3 hingga Rp1,3 juta), sementara pejabat negara dan organisasi akan harus membayar denda hingga 200 dolar AS (sekitar Rp2,6 juta).

Masih belum jelas kapan aturan baru itu akan diberlakukan.

Tajik adalah satu-satunya bahasa negara di Tajikistan meski bahasa Rusia secara konstitusional diakui sebagai bahasa “komunikasi antar-etnis” dan secara luas digunakan di negara bekas Soviet tersebut.

Dalam upaya untuk meningkatkan patriotisme, presiden yang sudah lama memimpin negara miskin itu, Emomali Rakhmon, mengakhiri penggunaan bahasa Rusia sebagai bahasa resmi pada 2009.

Bahasa Tajik masih ditulis dalam huruf-huruf yang merupakan hasil adaptasi dari alfabet Cyrillic Rusia.

Negeri terkurung daratan itu pada masa lalu mengadopsi peraturan pembatasan, termasuk larangan perayaan publik besar dan penggunaan nama Non-Tajik untuk bayi yang baru lahir, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.*

The post Wartawan Tajikistan Akan Didenda jika Gunakan Kata yang Tak Bisa Dipahami appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
98782
Fenomena-fenomena Ini “Cuma di Indonesia” http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/07/26/98266/fenomena-fenomena-ini-cuma-di-indonesia.html Tue, 26 Jul 2016 02:15:58 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=98266

TTI “cuma di Indonesia” ramai membicarakan seputar berbagai fenomena di Nusantara. Hal-hal yang terlihat unik, menarik, langka, dan konyol, tapi memang sungguh terjadi.

The post Fenomena-fenomena Ini “Cuma di Indonesia” appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Cuma di Indonesia macetnya parah separah-parahnya sampai-sampai disoroti media asing. Ini kata netizen, meramaikan ungkapan “cuma di Indonesia” yang sempat jadi trending topic Indonesia (TTI).

Di jagat twitter, dipantau hidayatullah.com, Selasa, 21 Syawal 1437 (26/07/2016) sekitar pukul 06.00 WIB, TTI “cuma di Indonesia” menjadi perhatian tersendiri bagi netizen.

Sejumlah kicauan menyoroti peristiwa kemacetan di kemacetan parah di Brebes, Jawa Tengah, pada arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 H lalu. Kemacetan yang diwartakan mencapai 40 kilometer itu menelan puluhan korban jiwa.

“Sepertinya cuma di Indonesia kemacetan bisa jadi ladang pembantaian #NegaraAdaDimana,” tulis @Hendarmin_een (08/07/2016).

Setidaknya 12 orang tewas akibat kemacetan panjang sekitar 3-5 Juli kemarin. Penyebab utama kemacetan ini adalah tersendatnya lalu lintas di pintu tol Brebes Timur, sering dijuluki Brexit (Brebes Exit).

Istilah Brexit atau Britain Exit sebelumnya digunakan dalam referendum Uni Eropa di Inggris, yang hasilnya negara itu keluar dari organisasi Eropa tersebut.

Dalam kemacetan Brexit, bahan bakar minyak eceran jenis premium dihargai sekitar Rp 25 ribu-50 ribu per liternya. Meme tentang ini merebak di dunia sosial.

“Memang mengejutkan. Cuma di #Indonesia yang seperti ini. Selalu cari kesempatan di atas kesulitan orang lain,” sindir Indra Achmadi melalui akunnya @IndraAchmadi.

Sementara menurut @A_mahfud, “Sepertinya cuma di Indonesia macet kayak gini, evaluasi ya!” Netizen lain berpendapat kemacetan lebih parah pernah terjadi di negara lain.

Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes saat arus mudik 1437 H. [Foto: @TMCPoldaMetro]

Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes saat arus mudik 1437 H. [Foto: @TMCPoldaMetro]

Fenomena Lainnya

Selain tentang kemacetan Brexit, TTI “cuma di Indonesia” juga ramai membicarakan seputar fenomena lain di Nusantara. Kebanyakan hal-hal yang terlihat unik, menarik, langka, dan konyol, tapi memang sungguh terjadi.

Misalnya, masih seputar lalu lintas, @syams_sajdah (26/07/2016) menulis, “Cuma di Indonesia lampu kuning artinya cepet-cepet. Sebab mau merah,” tampaknya merujuk pada kebiasaan kebanyakan pengendara di Jakarta yang gemar menerobos lampu lalu lintas.

Sementara @zuldadwi berkicau, “Cuma di Indonesia bayar fotocopy cuma Rp 500 tapi bayar parkirnya Rp 2.000.”

Lain lagi kata @sabda_15 ini: “Cuma di Indonesia belanja bayar pake duit, kembaliannya pake permen.” Fenomena ini, lumrah diketahui, biasa terjadi di berbagai warung, minimarket, bahkan supermarket.

Cuma di Indonesia lo bakal ketemu org yg jual uang terus harganya dinaikin mis pecahan 2000 sebanyak 10 lembr di jual 12rb puffttt,” kicau @Im_Nonny.

Sejumlah netizen juga menyoroti persoalan kabar maraknya imigran asing yang membanjiri Indonesia.

“Negara-negara di Eropa sangat kuatir dengan banyaknya imigran, di US (Amerika Serikat) juga. Tapi cuma di Indonesia pemimpinnya nggak ngeh sengaja masukin imigran dengan planga-plongo,” tulis @asetiaji (15/07/2016).

Masih banyak fenomena lain jadi tema kicauan, seperti ditulis Pesek Jeaf @pesekjeaf: “Cuma di Indonesia takbiran dicampur sama lagu dangdut.”

Ada pula akun twitter menggunggah foto sebuah bus mengangkut lima unit sepeda motor dengan diikat di bodi belakangnya. “Cuma di Indonesia….” tulis @kembangkertas97 (21/07/2016).

Isu-isu lain yang diungkap netizen terkait TTI itu juga seputar ISIS, terorisme, keadilan sosial, penggusuran, kudeta Turki, pemerintahan, dan sebagainya.

Pantauan hidayatullah.com, hingga Selasa pukul 08.48 WIB, “Cuma di Indonesia” di daftar TTI sudah tak terlihat lagi.*

The post Fenomena-fenomena Ini “Cuma di Indonesia” appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
98266
Palestina Ini Temukan Insole Sepatu Cerdas http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/07/16/97736/palestina-ini-temukan-insole-sepatu-cerdas.html Sat, 16 Jul 2016 07:18:59 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=97736

Hobi dan kemauan untuk berinovasi mengantarkan pemuda Palestina ini dari sekadar pengguna menjadi inovator

The post Palestina Ini Temukan Insole Sepatu Cerdas appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Di tengah keterbatasan,  seorang pemuda Palestina,  Sa’d Karib (Saed Qaraib) pemuda Palestina ini tak kalah cemerlang dalam dunia teknologi.

Sa’d Karib berhasil menciptakan inovasi teknologi yang dilirik oleh banyak perusahaan dunia. Namanya pun melejit di barisan orang-orang istimewa dan membuktikan kepada dunia bahwa pemuda Palestina dengan kondisi hidup di bawah penjajahan tetap bisa kreatif.

Insolito atau insole sepatu cerdas inilah yang dibuat oleh Ir. Karib (24) dari kota Nablus, utara Tepi Barat yang multi fungsi dalam bidang teknologi pengendali yang menjadi trend dunia modern. Hobi dan kemauan untuk berinovasi mengantarkan pemuda Palestina ini dari sekadar pengguna menjadi inovator.

“Saya mendesain perangkat insole dengan cara dan teknik modern canggih yang layak untuk semua jenis sepati. Bisa digunakan segala situasi dan bisa konek dengan semua jenis perangkat cerdas lainnya seperti smartphone,” ujar Sa’d Karib dikutip Palestine Information Centre (PIC).

Karib menyatakan, insole yang diletakkan sebagai alas sepatu berfungsi untuk mengontrol gerakan, mengetahui suhu tubuh dan panasnya saat energi digunakan, jarak tempuh jalan, mengambil gambar, remainder, dan mengetahui lokasi jika pemilik tersesat atau handphone cerdasnya hilang dan bisa diposting hal tersebut ke sosmed. Semua itu hanya cukup selalu menempelkan alat tersebut di telapak kaki.

Selain itu, alat ini bisa membantu untuk olahragawan yang ingin mengontrol kesehatannya dengan model tertentu. Semua aktivitas bisa dipantau dan hasilnya bisa dilihat sejauh mana efeknya bagi kesehatan.

Alat ini juga bisa diisi dengan cepat dan bisa tahan lama hingga sebulan.*

The post Palestina Ini Temukan Insole Sepatu Cerdas appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
97736
Sudah Berjalan Setahun, Baru Tahu ‘Suaminya’ Ternyata Seorang Wanita http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/07/15/97665/sudah-berjalan-setahun-baru-tahu-suaminya-ternyata-seorang-wanita.html Fri, 15 Jul 2016 03:59:50 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=97665

Bulan Maret 2016, Kepolisian Sektor Kepil Wonosobo Jawa Tengah pernah membatalkan rencana perkawinan Didik dan Andini yang sama-sama pria

The post Sudah Berjalan Setahun, Baru Tahu ‘Suaminya’ Ternyata Seorang Wanita appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Berhati-hatilah jika menikah. Pastikan jangan tertipu calon pasangan Anda. Kabar perkawinan sejenis membuat heboh warga Boyolali. Cerita perkawinan sejenis itu terungkap saat Heniyati (25) warga Desa Pengkol Karanggede harus menelan pil pahit setelah suami yang dinikahinya setahun lalu ternyata seorang wanita.

Saat berkenalan hingga menikah, suaminya mengaku bernama M Efendi S.

Dalam penyelidikan yang dilakukan pihak Polres Boyolali, suaminya yang sudah berusia 40 tahun itu ternyata Suwarti, warga Dukuh Ngablak RT 14 RW 03, Desa Tanjung, Kecamatan Klego.

Kini, Suwarti “Efendi” sudah ditangkap pihak Polres Boyolali, setelah Heniyati melaporkan kasus pemalsuan identitas itu, Rabu (13/07/2016).

Hal ini diungkapkan Kapolres Boyolali AKBP M Agung Suyono melalui Kasatreskrim AKP M Kariri.

“Tersangka sudah kami tahan bersama barang bukti antara lain buku nikah dan KTP asli tersangka,” ungkap Kasatreskrim Polres Boyolali AKP M Kariri dikutip, Tribun Kalteng, Jumat, (15/07/2016).

Saat ini tersangka masih ditahan dan dilakukan pemeriksaan mendalam untuk mengungkap motif kasus ini.

Kasat Reskrim Boyolali, AKP M Kariri mengatakan perkawinan sejenis ini dilakukan oleh Heniyati (25) dan Suwarti (40).

Heniyati yang merupakan warga Pengkol, Kecamatan Karang Gede, Kabupaten Boyolali, menurut Kasat Reskrim merupakan korban.

Kasat Reskrim menuturkan Suwarti alias Efendi Saputra yang merupakan warga Tanjung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali adalah tersangka.

“Jadi, pelaku atau tersangka ini mengubah jenis kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki. Kami menyita buku nikah dan KTP sebagai barang bukti,” ujarnya, Kamis (14/07/2016).

Kariri menceritakan keduanya bertemu pada tahun 2015 lalu.
Tersangka mengaku seorang laki-laki bujang dan bekerja sebagai anggota polisi.

“Saat itu, korban percaya karena penampilan tersangka yang berambut cepak dan merokok,” sambung Kariri.

Usai perkenalan tersebut, keduanya kemudian menjalin hubungan serius hingga akhirnya menikah pada bulan Oktober 2015.

“Kecurigaan terjadi sekitar bulan Mei 2016 karena tersangka selalu menolak untuk melakukan hubungan suami istri saat diajak korban,” jelasnya.

Kariri memaparkan korban kemudian membuka dompet tersangka saat tersangka sedang mandi.

“Di dompet tersebut kemudian korban menemukan KTP beridentitas Suwarti yang berjenis kelamin perempuan,” papar Kariri.

Usai mengetahui KTP tersebut, keluarga korban kemudian menginterogasi tersangka dan Suwarti mengiyakan jika dia berjenis kelamin perempuan.

Kasat Reskrim mengatakan tersangka telah melakukan penipuan dan atau pemalsuan surat sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 dan atau 263 ayat 1, 2 dan atau 264 ayat 2 dan atau 266 ayat 1,2 dan atau pasal 279 KUHP.
“Saat ini kasus tersebut sedang kami proses dan lakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya.

Sebelumnya, bulan Maret 2016, Kepolisian Sektor Kepil Wonosobo Jawa Tengah pernah membatalkan rencana perkawinan Didik dan Andini. Pasalnya, Didik dan Andini yang mengaku wanita sebenarnya seorang pria. Andini punya nama asli Andi Budi Sutrisno.

Polisi Gagalkan Rencana Perkawinan Didik dan Andini, karena Sama-Sama Pria

Andini merupakan penduduk Desa Teges, Wonosobo. Sedangkan mempelainya, Didik Suseno, berasal dari Desa Pituruh, Kabupaten Purworejo.*

The post Sudah Berjalan Setahun, Baru Tahu ‘Suaminya’ Ternyata Seorang Wanita appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
97665
WiFi di Kedai Kopi Ini Password-nya #Prayforsyria http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/06/04/95844/wifi-di-kedai-kopi-ini-password-nya-prayforsyria.html Fri, 03 Jun 2016 23:30:43 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=95844

Suatu hari ia memasang password #savealeppo. Itulah waktu yang tepat baginya untuk menjelaskan kondisi Suriah kepada pelanggannya.

The post WiFi di Kedai Kopi Ini Password-nya #Prayforsyria appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Banyak jalan menuju Makkah. Demikian pula, banyak cara untuk berdakwah. Dakwah tidak melulu harus melalui khutbah maupun ceramah. Karenanya, ladang dakwah bisa digarap siapa saja.

Tampaknya, inilah yang menginspirasi Fatih dengan usaha warung kopi (warkop) miliknya, Kedai Kopi Asisa. Warkop ber-tagline Rasa Nikmat Harga Bersahabat ini terletak di daerah Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Di samping nama warkop itu, tertulis Free WiFi. Berbekal jaringan WiFi gratis itulah, ia mengirimkan pesan-pesan dakwah melalui password-nya, yaitu #prayforsyria, yang artinya “doa untuk Suriah”.

Seperti yang tampak pada Senin (30/05/2016) lalu. Password itu ditulisnya di sebuah whiteboard kecil. Agar terlihat oleh para pelanggan, papan tulis putih itu diletakkan di atas meja pelayan.

Soal alasan pemilihan password itu, Fatih mengaku, sejak lama, ia ingin agar masyarakat desanya mengerti tentang situasi dan keadaan di Timur Tengah yang tengah konflik. Tetapi belum ada usahanya yang berhasil.

“Mungkin, inilah takdir saya: mengenalkannya lewat kedai kopi,” tambahnya.

Password bernilai dakwah itu, menurutnya, tidak tetap, selalu gonta-ganti. Sebab ia menyesuaikan dengan kondisi teraktual yang terjadi di dunia Islam dan tidak melulu soal Timur Tengah.

“Saya sudah lupa apa saja password yang pernah ada,” katanya.

Beberapa pengunjung berfoto bersama usai menikmati kopi di sini. [Foto: Aziz]

Beberapa pengunjung berfoto bersama usai menikmati kopi di sini. [Foto: Aziz]

Diminati TNI

Mengangkat isu-isu Timur Tengah sebagai password WiFi ternyata tidak membuat Fatih khawatir dengan bisnis kopinya. Justru, katanya, masyarakat jadi banyak bertanya terkait hal tersebut.

Misalnya, suatu hari ia memasang password #savealeppo (selamatkan Aleppo, Suriah. Red). Itulah waktu tepat baginya untuk menjelaskan tentang kondisi Suriah yang sebenarnya kepada pelanggannya.

“Alhamdulillah, tidak ada tanggapan negatif dari masyarakat sekitar. Bahkan, setiap hari, selalu ada anggota TNI yang datang untuk ngopi di sini,” jelasnya.

Kedai kopi miliknya itu memang berdiri sangat dekat dengan markas Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 8/Marawaça Bhuana Çakti (Yon Arhanudse 8).

Batalyon miliki TNI AD ini merupakan Satuan Bantuan Tempur di lingkungan Kodam V/Brawijaya dalam masalah pertahanan udara. Dan Fatih merasa aman-aman saja dengan password demikian.

“Mereka (TNI) biasa saja (kalau datang),” katanya menambahkan.

Ia pun berharap langkah yang dilakukannya itu bernilai bagi Islam. “Semoga saja bisa dicatat sebagai dakwah,” harapnya.

Kedai Kopi ini, seperti warkop pada umumnya, menyediakan berbagai macam aneka kopi. Seperti Kopi Ijo, Kopi Giras, dan Kopi Asisa. Menemukan kedai kopi ini sangat mudah. Kalau Markas Arhanud sudah terlihat, berarti Kedai Kopi Asisa sudah dekat.

Kalau sudah di sana, di sela-sela menyeruput kopi dan menikmati WiFi gratis, jangan lupa doakan saudara-saudara kita di bumi Syam!* Kiriman Abdul Aziz, pegiat PENA Jawa Timur

The post WiFi di Kedai Kopi Ini Password-nya #Prayforsyria appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
95844
Seorang Nenek di India Usia 70 Tahun Lahirkan Anak Pertama http://www.hidayatullah.com/berita/unik/read/2016/05/11/94588/seorang-nenek-di-india-usia-70-tahun-lahirkan-anak-pertama.html Wed, 11 May 2016 00:07:06 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=94588

Pasangan tersebut, yang telah menikah selama 46 tahun, hampir kehilangan harapan untuk mendapatkan seorang anak

The post Seorang Nenek di India Usia 70 Tahun Lahirkan Anak Pertama appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Seorang Wanita India Melahirkan di Usia umur 70 tahun mengatakan pada Selasa bahwa dia tidak terlalu tua untuk menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya, sembari menambahkan bahwa hidupnya sekarang telah lengkap.

Daljinder Kaur pada bulan lalu melahirkan seorang bayi laki-laki setelah melakukan perawatan IVF selama dua tahun di klinik kesuburan di negara bagian selatan Haryana dengan suaminya yang berumur 79 tahun.

Kaur mengatakan dia dan pasangannya, yang telah menikah selama 46 tahun, hampir saja kehilangan harapan untuk mendapatkan anak setelah menghadapi ejekan di sebuah negara dimana kemandulan terkadang dilihat sebagai kutukan dari Tuhan.

“Tuhan mendengar doa kami. Hidupku terasa lengkap sekarang. Aku merawat sang bayi sendiri, aku merasa sangat berenergi. Suamiku juga sangat menjaga dan membantuku sebanyak yang dia bisa,” Kaur mengatakan dari selatan kota Amritsar.

“Ketika kami melihat iklan (IVF) itu, kami pikir kami harus mencobanya karena saya sangat ingin mempunya seorang bayi,” kata dia.

Kaur menulis dia berumur sekitar 70 tahunan, sebuah skenario umum di India dimana banyak orang tidak memiliki sertifikat lahir, sementara klinik mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia berumur 72 tahun.

Bayi mereka dikandung menggunakan telur dan sperma pasangan itu sendiri, dan saat ini “sangat sehat dan besar” setelah beratnya ketika lahir pada 19 April hanya 2 kg (4,4 pounds),  Pusat Kesuburan dan Tabung mengatakan.

Suami Kaur, Mohinder Singh Gill, yang memiliki sebuah pertanian di luar Amritsar, mengatakan dia terpengaruh tentang umur mereka, mengatakan Tuhan akan mengawasi bayi yang mereka namakan Armaan.

“Orang-orang mengatakan apa yang akan terjadi ketika kami mati. Tetapi saya sangat yakin pada Tuhan. Tuhan maha kuasa dan berada di mana-mana, Dia akan mengurus semuanya,” kata dia.

Anurag Bishnoi, yang menjalankan klinik kesuburan itu, mengatakan dia awalnya tidak percaya dengan terjadi di dalam pembuahan vitro (IVF), tetapi uji coba menunjukkan bahwa Kaur dapat mengandung bayi yang belum lahir tersebut.

“Saya pertama mencoba untuk menghindari kasus ini karena dia (Kaur) terlihat sangat lemah. Kemudian kami membuatnya menjalani semua percobaan dan semua hasilnya sukses sehingga kami dapat melanjutkan ke tahap berikutnya,” doktor mengatakan.

Kasus tersebut bukanlah yang pertama kali di India, dimana seorang wanita tua berumur 72 tahun dari negara bagian Uttar Pradesh dilaporkan melahirkan bayi kembar pada 2008, juga melalui IVF.*/Nashirul Haq AR

The post Seorang Nenek di India Usia 70 Tahun Lahirkan Anak Pertama appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
94588