frontpage hit counter

Serangan Udara Israel sebabkan 1 Warga Gaza Gugur

Brigade Izzuddin al Qassam melaporkan, seorang pemukim Yahudi dan seorang serdadu penjajah Zionis terluka

Serangan Udara Israel sebabkan 1 Warga Gaza Gugur

Terkait

Hidayatullah.com– Seorang warga Palestina gugur dan 15 lainnya terluka dalam serangkaian serangan udara Zionis yang berlangsung pada Rabu hingga Kamis (9/8/2018) di berbagai lokasi di Jalur Gaza, tulis Palestine Information Centre (PIC).

Jurubicara Kementrian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, Asyraf Qudrah, menyatakan warga bernama Ali Gandur (30) gugur di utara Jalur Gaza dan lainnya yang terluka tiba di rumah sakit di Jalur Gaza, akibat serangan Israel ke Jalur Gaza.

Dia menyebutkan, tiga korban luka tiba di Rumah Sakit Asy-Syifa di Gaza. Seorang lainnya terluka di wilayah tengah Jalur Gaza dan dievakuasi ke rumah sakit Syuhada al-Aqsha di Deir Balah. Tidak lama setelah itu dua korban lainnya di Betlahia di utara Jalur Gaza, salah satunya gugur.

Kami malam, pesawat-pesawat Zionis merudal sebuah mobil di kampung Salatin di barat kota Betlahia di utara Jalur Gaza. Serangan ini mengakibatkan dua warga terluka, satu satunya dalam kondisi kristis dan tidak lama kemudian dinyatakan meninggal setelah dibawa ke rumah sakit Indonesia di daerah tersebut.

Baca: Kelompok Perlawanan di Gaza Setuju Gencatan Senjata

Militer Zionis menyatakan, pihaknya menyerang Gaza setelah sekitar 70 roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel selatan selama sekitar lima jam hari Rabu petang.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dari sekitar 70 roket yang ditembakkan dari Gaza, 11 di antaranya dihalau oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza telah mengeluarkan pernyataan terkait gempuran puluhan roket tersebut.”Kami memenuhi janji kami. Resistensi menerima tanggung jawab, bahkan lapangan bermain,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Jerusalem Post, Kamis (09/08/2018).

Menteri Pertahanan Avigdor Liberman mengadakan evaluasi keamanan dengan pejabat senior militer di markas IDF di Tel Aviv setelah serangan roket awal.

Menurut Barzilai Medical Center, enam orang dirawat karena cedera tubuh. Sedangkan sembilan orang dirawat karena luka ringan dan shock.

“Teroris menembak kendaraan sipil yang digunakan dalam upaya untuk membangun penghalang di sekitar pagar keamanan di Jalur Gaza utara. Satu kendaraan dihantam,” kata IDF dalam sebuah pernyataan menyebut kelompok pejuang Palestina.

Baca: Dua Remaja Gaza Gugur oleh Serangan Jet Tempur Israel sejak Sabtu

Sementara itu, sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin al Qassam melaporkan, seorang pemukim Yahudi dan seorang serdadu penjajah Zionis terluka setelah perlawanan Palestina melancarkan serangan roket dan mortir ke permukiman-permukiman Yahudi di pinggiran Jalur Gaza.

Serangan ini dilakukan sebagai aksi balasan atas rangkaian serangan udara yang dilancarkan pasukan penjajah Zionis ke Jalur Gaza.

“Merespon agresi Israel, perlawanan Palestina mengempur permukiman-permukiman Yahudi dan pos-pos musuh di pinggilan Jalur Gaza dengan roket dalam jumlah yang banyak,” demikian pengumuman Al Qassam dikutip PIC.

Al-Qassam menambahkan bahwa lokasi yang paling menonjol yang menjadi target perlawanan adalah Pos Raeim yang merupakan markas komando kesatuan Gaza di militer Zionis, selanjutnya adalah Pangkalan Zikkim, Pangkalan Nahel Oz, Pos Ibriz, permukiman Yahudi Sedirot dan Kibbutz Nahal Oz.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !