frontpage hit counter

Ribuan Warga Gaza Hadiri Pemakaman Komandan Al-Qassam

Penyerang tak dikenal menembak Fuqaha di pintu sebuah rumah di daerah Tal al-Hawa empat peluru ke kepala

Ribuan Warga Gaza Hadiri Pemakaman Komandan Al-Qassam
Ma'an
Pemakaman Mazin Muhammad Fuqaha

Terkait

Hidayatullah.com–Ribuan warga Palestina Sabtu (25/03/2017) sore mengantarkan jenazah komandan al-Qassam Mazin Muhammad Fuqaha (38) –yang dibunuh oleh penyerang tak dikenal Jum’at (24/03/2017) malam di selatan Kota Gaza– ke pemakaman Syaikh Radwan di utara Kota Gaza.

Puluhan pejuang al-Qassam bersama para pemimpin Gerakan Hamas serta tokoh-tokoh nasional ikut bersama rombongan iring-iringan pelayat menuju Masjid Agung al-Umari dimana shalat jenazah diselenggarakan dan diimami oleh Wakil Kepala Maktab Siyasi Hamas Ismail Haniyah.

Pemimpin senior Hamas Haniyah memuji Asy-Syahid Fuqaha dan menggarisbawahi bahwa Hamas akan terus berjuang hingga kemerdekaan Palestina. Pemimpin Jihad Islam Mohammad al-Hindi yang menghadiri upacara pemakaman menekankan hak perlawanan untuk membalas kejahatan-kejahatan ‘Israel’.

Baca: Hamas Tembak Mati 18 Mata-mata Zionis-Israel

Ia juga menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga Fuqaha dan memuji ketabahan warga Tepi Barat. Eks tawanan Iyad Abu Fannouneh yang turut hadir juga memuji Fuqaha dan menyatakan ‘Israel’ bertanggung jawab penuh atas kejahatan pembunuhan tersebut.

Warga Palestina dan kerabat Fuqaha di kota Tubas, Tepi Barat, melaksanakan shalat ghaib diimami oleh ayahanda Fuqaha. Fuqaha, yang berasal dari distrik Tubas bagian utara Tepi Barat terjajah, merupakan komandan Brigade Al-Qassam dan pernah dihukum seumur hidup oleh penjajah Zionis.

Ia bebas dari penjara pada 2011 melalui kesepakatan pertukaran tawanan Gilad Shalit dan kemudian diasingkan ke Jalur Gaza terblokade.

Baca: Tokoh Hamas Dibunuh di Damaskus

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Gaza Iyad al-Buzm mengatakan, dinas keamanan tengah melakukan investigasi atas pembunuhan Fuqaha. Hamas menyebut pembunuhan tersebut sebagai “serangan pengecut yang dilakukan penjajah” dan berjanji bahwa ‘Israel’ akan “membayar atas kejahatannya”.

Penyerang tak dikenal menembak Fuqaha di pintu masuk sebuah rumah di daerah Tal al-Hawa di bagian barat daya Kota Gaza, dengan empat peluru ke kepala Fuqaha, kemudian mereka melarikan diri. Menurut anggota Maktab Siyasi Hamas Izzat al-Rishq, pembunuhan dilakukan dengan senjata yang dilengkapi peredam suara.*

Rep: Sahabat al Aqsha

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !