4357 Warga Palestina Ditahan Zionis

Dari jumlah itu, termasuk 166 anak-anak, semuanya laki-laki. 25 dari mereka bahkan masih berumur di bawah 16 tahun

4357 Warga Palestina Ditahan Zionis

Terkait

Hidayatullah.com–Saat ini terdapat 4.357 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Zionis Israel, sebagian besar dari mereka dihukum karena pelanggaran keamanan, kata statistik kementerian urusan tawanan Palestina.

Angka yang dihimpun pada akhir Januari, menurut AFP, menunjukkan 3.734 dari para tawanan itu berasal dari Tepi Barat, 462 orang dari Gaza, dan 161 dari wilayah Jerusalem timur yang dicaplok negara Yahudi tersebut.

Mereka ditahan di 18 fasilitas yang terletak di Israel dan Tepi Barat.

Dari jumlah itu, termasuk 166 anak-anak, semuanya laki-laki. 25 dari mereka bahkan masih berumur di bawah 16 tahun.

Sekitar 309 orang lainnya ditahan tanpa tuduhan berdasarkan prosedur yang secara luas digunakan pada era Mandat Inggris, yang dikenal sebagai “penahanan administratif” yang memungkinkan tersangka akan disekap selama enam bulan tanpa tuduhan.

Perintah dapat diperpanjang dengan lebih enam bulan berikutnya tanpa batas. Praktek yang saat ini sedang ditentang oleh Khader Adnan, seorang tahanan yang telah melakukan mogok makan selama lebih dari sembilan pekan dan dilaporkan makin dekat dengan kematian.

Lebih dari sepertiga para tahanan  –1.578– menjalani hukuman lebih dari 10 tahun dan 526 lainnya sedang menjalani hukuman seumur hidup, kata kementerian.

Selain dari Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem timur, Israel juga menahan 180 warga Arab-Israel serta 30 tahanan Palestina dari luar negeri, kata kementerian itu menjelaskan.

Di antara para tahanan, terdapat 24 anggota Dewan Legislatif Palestina, 22 di antaranya dari gerakan Islam Hamas. Hampir semua tahanan menghadapi tuntutan atau dihukum karena pelanggaran keamanan.

Jumlah warga Palestina di penjara-penjara Israel berkurang pada akhir tahun lalu setelah Tel Aviv membebaskan 1.027 tahanan di bawah persyaratan kesepakatan tukar-tawanan dengan penguasa Gaza Hamas dalam upaya menjamin pembebasan tentara Israel Gilad Shalit.

Pada tahap pertama 477 tahanan dibebaskan pada 18 Oktober dan sisanya 550 tahanan dibebaskan dua bulan kemudian.

Sejak Perang Enam Hari 1967 ketika Israel menduduki Jerusalem Timur, Tepi Barat dan Gaza, sekitar 700.000 warga Palestina telah ditahan oleh militer negara Yahudi itu, atau setara dengan sekitar 20 persen dari total penduduk, kata data Palestina.*

Rep: Muhammad Usamah

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !