frontpage hit counter

Dahnil: Politik Kita Harusnya Fastabiqul Khairat

"Politik kita jadi egoistik karena yang diburu adalah rente. Politik kita ramai dengan praktik-praktik perburuan rente."

Dahnil: Politik Kita Harusnya Fastabiqul Khairat
YAHYA G NASRULLAH/HIDAYATULLAH.COM
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjutak, saat peluncuran buku "Nalar Politik Rente" di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (28/02/2018) malam.

Terkait

Hidayatullah.com– Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan, banyak politikus di Indonesia justru berkarakter egoistik, dimana hanya mengedepankan kepentingan pribadi atau kelompoknya dibandingkan kepentingan umum.

Menurutnya, politik seharusnya bingkai berpikir dan lakunya dibangun menggunakan nalar alturistik, watak yang mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi.

Sedangkan nalar egoisme, sambun Dahnil, biasanya adalah nalar ekonomi yang selalu berpikir maksimalisasi profit atau keuntungan. Meskipun ada juga ekonomi yang berdimensi alturistik.

Baca:Dahnil Pemuda Muhammadiyah Luncurkan Buku “Nalar Politik Rente”

“Politik kita jadi egoistik karena yang diburu adalah rente. Politik kita ramai dengan praktik-praktik perburuan rente,” ujarnya saat peluncuran buku Nalar Politik Rente karyanya di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu malam (28/02/2018).

Karenanya, Dahnil mengungkapkan, perlunya mengembalikan politik menjadi ruang pertarungan yang alturistik, atau dalam istilah Islamnya ruang fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Dan jangan saling bersekongkol dalam keburukan,” tandasnya.*

Baca: Pemuda Muhammadiyah Rilis Penelitian Praktek Rente Jabatan di Birokrasi

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !