frontpage hit counter

UKP-DKAAP Jalin Dialog dengan Ulama Aceh dan Pendeta Sumut

"Para ulama dan zuama (pejabat pemerintah) di Aceh yang memiliki peran sentral dan strategis, dalam mewujudkan kerukunan internal umat Islam di Aceh."

UKP-DKAAP Jalin Dialog dengan Ulama Aceh dan Pendeta Sumut
zulkarnain/hidayatullah.com
Utusan Khusus Presiden Din Syamsuddin (batik biru) bersama Ketua Umum Matakin Uung Sendana (batik coklat) dan jajarannya, di Kantor Matakin, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (15/11/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Dalam upaya mengintensifkan dialog terbuka dan merajut kerja sama yang lebih konkret dalam dan antar umat beragama, utamanya antar para pemuka agama-agama di Tanah Air, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Prof Din Syamsuddin diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Banda Aceh dan Sumatera Utara, Senin (04/12/2017) ini.

“Kunjungan tersebut akan dimanfaatkan untuk melakukan round-table discussion dengan para ulama dan zuama (pejabat pemerintah) di Aceh yang memiliki peran sentral dan strategis, dalam mewujudkan kerukunan internal umat Islam di Aceh, yang berdampak positif pada kerukunan umat beragama di tingkat nasional,” ungkap Din Syamsuddin kepada wartawan di Jakarta, kemarin (03/12/2017) melalui keterangan persnya.

Sementara itu, kunjungan ke Sumatera Utara, besok, Selasa (05/12/2017) akan dikhususkan untuk melakukan dialog dengan Ompui Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing, sebagai pimpinan gereja Protestan dan etnik tertua dan terbesar, serta disebut sebagai organisasi keagamaan terbesar ketiga di Indonesia.

Baca: Dialog dengan Majelis Agama Konghucu, Din Dorong Peningkatan Kerukunan

Dialog tersebut akan berlangsung di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Tarutung, Tapanuli pada pukul 17.30 WIB. Diagendakan juga akan dihadiri oleh pimpinan gereja, pengurus pusat HKBP, tokoh-tokoh lintas agama, dan para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Din menambahkan, dari kunjungan tersebut diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan mengenai persamaan pandangan dan rencana kegiatan kolektif di masa yang akan datang. Yaitu dalam rangka mewujudkan keberlanjutan kehidupan umat beragama yang rukun dan damai di Indonesia, khususnya di kedua wilayah provinsi tersebut.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kunjungan kerja dan silaturahmi kepada para pemuka agama-agama di Indonesia telah mengawali pelaksanaan tugas Din Syamsuddin sebagai UKP-DKAAP.

Sepanjang bulan November 2017, UKP telah melakukan pertemuan maraton dengan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Wali Gereja (KWI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua, dan beberapa gereja denominasi lainnya termasuk Gereja Injili di Indonesia (GIDI).

Baca: Kembangkan Kerukunan Serumpun, Utusan Khusus Presiden RI Temui Wakil PM MalaysiaBaca

Selain itu, UKP juga telah memfasilitasi kunjungan Rev Kosho Niwano, Presiden Rissho Kosei-kai dan Co-Moderator Religios for Peace dengan delegasi pendamping dari Jepang dan AS ke Indonesia, termasuk untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Presiden RI; serta melaksanakan pertemuan dengan delegasi yang dipimpin oleh Mr Mahmud Altun, Penasihat Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Pemipin Komunitas Turki di AS.

Sebagai UKP-DKAAP, Din akan melaksanakan mandat Presiden untuk mengembangkan dialog dan kerja sama antar agama, baik ke dalam dan ke luar negeri, dengan mempromosikan kerukunan antar-agama di Indonesia, kebudayaan/peradaban Indonesia berdasarkan Pancasila, serta kehidupan umat Islam Indonesia yang menganut prinsip jalan tengah (wasathiyah) sebagai Rahmatan lil-Aaalamin.* Zulkarnain

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !