frontpage hit counter

69 Pemimpin Katolik Flores Mundur Karena Dugaan Uskup Gerejanya Menyeleweng

Terkait kasus ini, para pendeta telah melakukan konferensi bersama para uskup untuk menyelidiki kasus tersebut dan telah mengajukan laporan ke Vatikan

69 Pemimpin Katolik Flores Mundur Karena Dugaan Uskup Gerejanya Menyeleweng
Sumber : Floresa.co

Terkait

Hidayatullah.com–Sekitar 69 imam dari keuskupan Ruteng, Flores mengundurkan diri setelah menemukan penyelewengan yang dilakukan uskup gereja Herbertus Leteng. Para imam menuduh uskup menggunakan dana gereja sebesar 100 ribu dolar untuk kepentingan pribadi.

Para imam yang mengundurkan diri itu menuntut agar Uskup Hubertus Leteng merombak jalannya pelayanan keuskupan. Karena itulah reformasi gereja sangat dibutuhkan ‘sehingga gereja dapat benar-benar sesuai dengan tuntunan Roh Kudus’.

“Kami menuntut pembaharuan dalam pekerjaan pastoral dan juga di gereja dan manajemen keuangan,” ucap pendeta Marthen Chen, seperti dilansir  Churchmilitan.com.

Baca: Uskup Jerman Pecat Penyelidik Kasus Kejahatan Seks di Gereja .

Sebagaimana diketahui, Uskup Leteng dituduh telah diam-diam meminjam uang sekitar 94 ribu dolar dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan 30 ribu dolar lainnya dari keuskupannya sendiri tanpa memberikan laporan pertanggungjawaban kepada pengelola dana gereja.

Sementara melalui seorang pendeta gereja dikatakan bahwa sang uskup mengaku menggunakan dana tersebut bukan untuk kepentingan pribadi melainkan untuk membiayai pendidikan seorang pemuda miskin yang sedang belajar menjadi pilot. Tetapi sang uskup enggan memberikan rincian dana yang digunakan kepada pendeta tersebut.

Baca: Andi Noya Menangis Dapat Salib Dada Uskup

Pengunduran diri 69 imam itu terjadi setahun setelah 112 uskup menandatangani sebuah surat yang menyatakan ketidakpercayaan mereka terhadap sang uskup. Mereka bahkan menduga bahwa dana yang digunakan juga diberikan kepada seorang wanita yang diduga adalah selingkuhannya.

Sayangnya, Uskup Leteng menepis tuduhan itu dan menyebutkan hanyalah fitnah belaka.

Terkait kasus ini, para pendeta telah melakukan konferensi bersama para uskup untuk menyelidiki kasus tersebut dan telah mengajukan laporan ke Vatikan. Namun hingga kini mereka masih terus menunggu respon dari Gereja Katolik pusat.*

Rep: Ahmad

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !