frontpage hit counter

Diresmikan, IHR Akan Kirim Bantuan untuk Pengungsi Suriah

Dalam penyaluran misi kemanusiaan, IHR bekerjasama dengan IHH. Selain itu, IHR juga melakukan misi diplomasi dan aksi.

Diresmikan, IHR Akan Kirim Bantuan untuk Pengungsi Suriah
Yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Peresmian Indonesian Humanitarian Relief (IHR) di Tebet, Jakarta, Jumat (24/06/2016).

Terkait

Hidayatullah.com– Lembaga kemanusiaan Indonesian Humanitarian Relief (IHR) diresmikan di Aula Ar-Rahman Qur’an Learning (AQL) Center, Tebet, Jakarta, Jumat, 19 Ramadhan 1437 (24/06/2016).

Ketua Umum IHR, Bachtiar Nasir mengatakan, dalam peresmian itu, lembaganya sekaligus akan mengirimkan bantuan uang sebesar 100 ribu Dolar Amerika bagi pengungsi Suriah yang berada di Turki.

“Pada Ramadhan kali ini bersama dengan Sinergi Foundation, kita memberikan bantuan kepada pengungsi Suriah yang dalam keadaan menderita,” ujarnya saat konferensi pers.

Bachtiar menambahkan, dalam penyaluran misi kemanusiaan tersebut, IHR bekerjasama dengan Insani Yardim Vakfi (IHH), lembaga kemanusiaan internasional terbesar asal Turki.

Tidak hanya mengirimkan bantuan, pihaknya juga melakukan misi diplomasi dan aksi. Di antaranya dengan mengunjungi Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zakeriya Akcam, di Jakarta dan kantor AFAD (Badan Negara Penanggulangan Bencana) di Istanbul beberapa waktu lalu.

“Aksi diplomasi dan sosial ini untuk meyakinkan pemerintah Turki, sekaligus menunjukkan dukungan kepada AFAD selaku penampung pengungsi terbesar di dunia dengan jumlah sebanyak 3 juta pengungsi,” jelas Bachtiar.

Selain itu, terangnya, IHR turut meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI untuk juga berperan aktif dalam menanggulangi krisis kemanusiaan di Suriah.

“Meskipun pemerintah RI cenderung mendukung Rusia dan Cina, tapi tidak ada salahnya membantu para pengungsi,” pungkasnya.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !