frontpage hit counter

Pengajian Politik Islam (PPI)

Setiap Ahad Tak Lagi Takut Bincang Politik di Masjid

Pengajian juga bersumber pada kitab Ahkam Shulthoniyah, sebuah kitab ini mengulas tentang hukum ketatanegaraan dalam Islam

Setiap Ahad Tak Lagi Takut Bincang Politik di Masjid
Hidayatullah.com/Rias
Pengajian Politik Islam (PPI) di Masjid Al Azhar

Terkait

Hidayatullah.com–Bertempat di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, hari Ahad (12/01/2014) kemarin Pengajian Politik Islam (PPI) digelar.

Setiap bulan pada Ahad kedua dan keempat, terjadwal kehadiran tokoh-tokoh politik Islam nasional.

KH. A. Cholil Ridwan, Ketua MUI Pusat mengatakan pengajian yang digelarnya bertujuan untuk mematahkan mitos bahwa berpolitik itu haram. Padahal, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassalam juga berpolitik.

Bersama para sahabat, menurut Kiai Cholil, Rasulullah menyiapkan strategi perang dari dalam masjid.

Sebagai salah satu pemrakarsa PPI,  Cholil mengajak masyarakat untuk tidak takut berbincang politik di masjid. Bahkan di rumah Allah, seharusnya mereka leluasa menganalisis peluang perolehan suara kandidat masing-masing partai.

Sama seperti Ahad 12 Januari 2014, Pengajian Politik Islam (PPI) mengundang dua tokoh Islam nasional, Daud Rasyid Sitorus dan Sri Bintang Pamungkas.

Keduanya mampu menggambarkan peta politik Tanah Air. Tidak hanya dari sisi pergerakan, tapi juga bersumber pada kitab Ahkam Shulthoniyah,  sebuah kitab ini mengulas tentang hukum ketatanegaraan dalam Islam.

Satu-Dua Orang, Tetap Ngaji

Anggota Dewan Pembina Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) itu bertekad terus menggulirkan PPI, tak peduli seberapa banyak peserta yang ikut.

“Walaupun cuma satu-dua orang yang hadir, saya bertekad pengajian ini akan tetap jalan,”ucap pria kelahiran Jakarta, 7 Mei 1947. Ia sekaligus memohon doa pada jamaah agar bisa terus mendampingi kelompok pengajian yang digulirkan sejak Juni 2013 itu.

Pada 26 Januari 2014, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, akan menjadi pembicara selanjutnya. Sedangkan pada 9 Februari 2014, Habib Rizieq, Pendiri FPI, direncanakan mengisi Tabligh Akbar yang diselenggarakan PPI.*

Rep: Rias Andriati

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !