frontpage hit counter

LGBT Kampanye di Kampus, Civitas Akademika Unair Kecewa

Penyelenggaraan acara IDAHOT di Unair dinilai kurang sesuai dengan motto kampus “Exellence with Morallity”

Terkait

Hidayatullah.com—Pembukaan peringatan International Day Against Homophobia & Transphobia 2013 (IDAHOT) di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya rupanya menyisahkan kekecewaan pihak civitas akademisi di kampus yang berdiri sejak 1847 ini. Peringatan acara kelombok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) ini dinilai kurang tepat dengan motto Unair “Excellence with Morallity” (membangun keunggulan dengan moralitas).

“Acara seperti itu kurang tepat dilaksanakan di kampus, dan tidak konstruktif,” ujar A Latief Burhan, mantan Sekretaris Rektor Unair Surabaya. Harusnya, menurut dosen Science dan Technologi ini, Unair menyelenggarakan acara-acara yang sesuai dengan mottonya,  “Excellence with Morallity”.

Seperti diketahui, pada hari 15 Mei 2013 lalu, kampus Universitas Airlangga (Unair) dipilih menjadi pembuka peringatan International Day Against Homophobia & Transphobia 2013 (IDAHOT) yang diselenggarakan kelompok LGBT. Acara yang diselenggarakan pukul 16.00-18.00 WIB di ruang Multimedia Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dinilai kalangan LGBT momen tepat kampanye untuk mahasiswa untuk mempengaruhi masyarakat.

“Kami mengadakan acara di Kampus Unair , karena mahasiswa adalah masyarakat akademis yang bisa di ajak dialog, dan harapannya mereka nantinya bisa mempengaruhi masyarakat awam agar bisa menerima kaum non heteroseksual,” ujar Tiwi Deputi Bendahara Gaya Nusantara, organisasi homoseksual dan lesbian kepada hidayatullah.com, Selasa (21/05/2013).

Menurut mahasiswi yang masih kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair ini, dipilihnya tempat di kampus karena mahasiswa jauh lebih enak diajak dialog dari pada masyarakat awam.

Menurut Tiwi, acara bertajuk “IDAHOT 2013 Goes to Campus” diharap bisa menjembatani pemahaman kaum LGBTIQ dengan para mahasiswa.

Acara kelompok homo dan lesbian masuk kampus ini dilangsungkan dalam bentuk diskusi dengan nara sumber. Seperti Andreas (gay), Edyth (waria), dan Cindy (lesbian). 

Selain di Unair, kelompok ini juga membuat acara nonton bareng film Queer Duck, film yang bertema Gay dan Lesbi, yang dilangsungkan di sekretariat mereka di Jalan Mojo Kidul I No 11 A Surabaya dan puncaknya diadakan di Collours Pub Surabaya.

Sementara itu, beberapa mahasiswa mengaku ikut juga prihatin penyelenggaraan acara seperti ini di Kampusnya.

“Saya tidak setuju  ada acara seperti itu, karena itu tidak sesuai motto kampus kami,” ujar Joko mahasiswa Fakultas Ekonomi. Menurut mahasiswa yang semester duduk di semester empat ini, acara semacam itu hanya akan merusak moral mahasiswa.

Menurut rencana, selain diadakan di Kampus Unair, acara seperti ini juga akan digelar di berbagai kota di Indonesia.*/Samsul Bahri

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !