SAR Hidayatullah dan Berbagai Elemen Bangsa Buat Rekor Dunia

Pengibaran Merah Putih 1000 m2 digelar untuk menyatukan bangsa dan publikasi dakwah

Terkait

Hidayatullah.com- Tim Search and Rescue (SAR) Hidayatullah bersama berbagai elemen bangsa dan kepemudaan menggelar kegiatan “Berkibarlah Benderaku 1000 m2”. Pengibaran bendera Indonesia yang berlangsung di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) ini membuat rekor dunia baru.

Dalam acara yang digelar pada Selasa (21/05/2013) pagi hingga siang ini, SAR Hidayatullah menaikkan bendera Merah Putih di atas menara setinggi 67 meter. Uniknya, menara tersebut terbuat dari bambu, bukan kayu atau besi.

“Kita bangun tower dengan merakit bambu dengan cara mengikat. Jadi tidak ada paku, tidak ada alat-alat itu. Jadi semua dikerjai dengan tangan,” jelas Pembina SAR Hidayatullah Musafir.

Musafir menjelaskan, menara bambu tersebut mencapai 50 meter hingga ke pucuk. Selebihnya disambung dengan tiang yang juga bambu. Menurutnya, rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya di Amerika yang mencatatkan tower setinggi 40 meter.

“Rekornya itu sekaligus pengibaran bendera 1000 meter (persegi),” lanjutnya.

Perakitan bambu tersebut, jelasnya, melibatkan santri-santri Hidayatullah yang tergabung dalam tim SAR. Dibantu sejumlah personel tentara.

“Yang terlibat perakitan rata-rata santri kita,” imbuh Musafir.

Masih menurutnya, acara ini digelar dengan berbagai tujuan. Pertama, mengambil momen Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2013 (Selasa kemarin, Red).

“Yang kedua, ada tema kebangsaaan. Ini artinya menyatukan komponen-komponen bangsa yang ada di Kaltim,” sambungya.

Yang ketiga, kegiatan ini juga mendukung pembangunan Provinsi Kaltim. Sesuai dengan tema acara ini, “Bersama Membangun Kebangkitan Kaltim Menuju Visi Indonesia 2030”.

“Yang kempat, sebetulnya kita ada pensuasanaan publikasi Hidayatullah sebagai lembaga dakwah, dalam hal ini SAR Hidayatullah. Sejak awal bagaimana shalat berjamaah, perkemahan dipisah laki dan perempuan. Di upacara ini juga, upacara bendera itu ada pembacaan al-Qur’an juga,” terang Musafir.

Acara ini sendiri, kata Musafir, dicetuskan oleh Pengurus Kwartir Nasional Pramuka Supriyadi. Pria yang akrab disapa Mas Pri ini merupakan Ketua Panitia “Berkibarlah Benderaku 1000 m2”.

“Beliau yang menggagas awal kali,” pungkas Musafir.

Seperti diketahui, kegiatan Berkibarlah Benderaku 1000 m2 didukung oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syabab Hidayatullah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim dan berbagai Ormas lainnya.*

Rep: Muh. Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !