frontpage hit counter

Islamic Center Kupang Ditargetkan Selesai Juli

"Diharapkan dengan dibangunnya Islamic Center Kupang ini dapat menjadi solusi pembinaan keiislaman di Kota Kupang dan sekitarnya," kata Wakil Imam Besar Masjid Nurussa'adah Muhammad Ramli

Terkait

Hidayatullah.com–Bila Anda punya waktu luang, sesekali cobalah berwisata ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana, jangan lupa untuk mampir beribadah dan menikmati pemandangan indah Islamic Center Masjid Raya Nurussa’adah Kupang, beralamat di Jalan Soekarno Nomor 24 Fontein, Kota Kupang, NTT. 

Masjid Raya yang sekaligus Islamic Center di Kota Kupang ini belum sepenuhnya rampung untuk saat ini. Kini yang hampir selesai diperkirakan sudah 75 persen. Panitia pembangunan telah mengkonfirmasi bahwa rencana pembangunannya akan rampung pada bulan Juli tahun ini. 

Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Islamic Center Kupang Ir. H. Muhammad Anshor, mengatakan, pusat kegiatan Islam, baik pendidikan dan dakwah, akan dipusatkan di Masjid Raya Nurussa’adah sebagai Islamic Center kota ini. Ia juga menghimbau seluruh ormas Islam dapat bersatu dalam menyelesaikan persoalan umat. 

“Diharapkan dengan adanya Islamic Center dapat memberikan motivasi beragama umat Islam Kota Kupang dan sekitarnya,” kata Muhammad Anshor kepada kontributor Hidayatullah.com, Usman Aidil Wandan, di Kupang, Selasa (16/04/2013).

Meski umat Islam di Kupang minoritas, namun tahap demi tahap pembangunan Masjid Raya dan Islamic Center berjalan tanpa kendala berarti. Hal itu mendapat angin segar pula ketika peletakan batu pertama turut andil memberi sumbangan Gubernur NTT Frans Lebu Raya yang beragama Katolik sebesar Rp 100 Juta dan Walikota Kota Kupang Jonas Salean yang beragama Kristen berdonasi sebesar Rp 30 Juta. 

Dikatakan Anshor, di masa mendatang Islamic Center ini terdapat kantor untuk perwakilan ormas-ormas Islam yang ada di Kota Kupang. Ia menjelaskan, dalam bulan Juli mendatang, Islamic Center ini dijadwalkan telah rampung dengan memakan dana sekitar Rp 8 Miliar dari dana Anggaran Perbelanjaan Negara (APBN) Kementerian Agama Pusat Jakarta. Rencananya Islamic Center ini akan diresmikan oleh Menteri Agama Suryadarma Ali.

Kebanggaan Masyarakat Kupang

Wakil Imam Besar Masjid Nurussa’adah Muhammad Ramli mengatakan bahwa Masjid Raya dan Islamic Center serta Pusat Dakwah Islam Nurussa’adah Kota Kupang merupakan ikon kebanggaan umat Islam NTT nantinya. 

Sekretari DDII Provinsi NTT ini mengharapkan, ke depan masjid ini menjadi pusat kegiatan keumatan yang diharapkan mampu berperan untuk meningkatkan mutu dan kualitas umat di bidang pendidikan, keagamaan, sosial, dan sinergi keumatan.

“Bentuk konkrit yang akan dilakukan adalah sebagai pusat dakwah berkumpulnya ormas-ormas Islam untuk bersama-sama berfikir dan bekerja sama untuk kemaslahatan umat,” kata Ramli. 

Harapan masyarakat Kota Kupang datang dari Saharuddin. Ia berharap semoga dengan adanya Masjid Raya Nurussa’adah kelak menjadi tempat ibadah yang nyaman dan membuat khusyu’ bagi yang beribadah. 

“Harus ada satu tradisi keilmuan yang dibangun nanti melalui pusat pengkajian keislaman. Saya juga berharap ini menjadi masjid percontohan di NTT,” kata Sahar.

Hari ini perkembangan Islam cukup pesat di Kota Kupang. Hal itu dapat dilihat dengan kian semaraknya pengajian-pengajian, baik bapak maupun ibu-ibu serta kaum remaja. Perkembangan umat Islam juga bisa dilihat ketika sholat Jum’at, nyaris tidak ada masjid yang tidak dipadati jama’ah

“Setiap tahun ada saja dari kelompok masyarakat yang masuk Islam menjadi muallaf. Sehingga diharapkan dengan dibangunnya Islamic Center Kupang ini dapat menjadi solusi pembinaan keislaman di Kota Kupang dan sekitarnya,” tutup Ramli.*

Rep: Ainuddin Chalik

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !