frontpage hit counter

KH. Cholil Ridwan: Perlunya Umat Islam Berjama’ah

Termasuk dalam bidang ekonomi, umat Islam perlu untuk berjamaah

KH. Cholil Ridwan: Perlunya Umat Islam Berjama’ah

Terkait

Hidayatullah.com—Umat Islam harus menggunakan prinsip berjamaah dalam segala hal. Bahkan termasuk dalam ekonomi atau poltik. Pernyataan ini disampaikamn K.H. A. Cholil Ridwan Lc di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran, belum lama ini.

Menurut salah satu pengurus MUI Pusat dan Ketua Dewan Dakwah Indonesia Pusat ini ada banyak hal-hal yang amat sederhana dan mungkin seringkali banyak diremehkan orang, yakni terhadap pentingnya umat Islam untuk selalu berjama’ah. Termasuk dalam shalat.

“Tentunya, berjama’ah yang ia maksud bukan saja berjama’ah dalam shalat semata, tetapi lebih luas dari itu, contohnya berjama’ah dalam ekonomi,” ujarnya.
Ia menyebutnya dengan ekonomi kejama’ahan dan konsep seperti ini bisa dimulai dari shalat berjama’ah, karena dengan berjama’ah maka sebuah masjid tidak akan kehilangan rohnya.

“Rasulullah tidak pernah tidak berjama’ah, kemana pun beliau selalu berjama’ah dan shalat berjama’ah sudah seperti fardhu ‘ain”, ungkapnya.

Begitu juga dalam masalah ekonomi, umat Islam harus terus berjama’ah, ungkapnya lagi. Ia juga ingin agar umat Islam menjadikan masjid sebagai pusat perekonomian seperti pada jaman Rasulullah dulu, sehingga masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah ritual semata melainkan lebih dari itu.

“Kita tidak boleh sendiri, kita harus jama’ah. Kalau ada ekonomi kerakyatan kita usulkan menjadi ekonomi kejama’ahan,” tandasnya.

Dari sini, selain masjid pesantren seharusnya juga bisa menjadi basis dari ekonomi kejama’ahan. Mengingat, kata beliau, berdasarkan data Depag jumlah pesantren pada tahun 2009 saja sudah sekitar 180.000 buah. Tentunya hal tersebut harus dimaksimalkan.*/Sarah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !