frontpage hit counter

Hakim Prancis Pimpin Panel Investigasi Kejahatan Perang Suriah

Catherine Marchi-Uhel selama ini bertugas sebagai ombudsperson pada Komite Dewan Keamanan yang memantau sanksi terhadap ISIS dan al-Qaida

Hakim Prancis Pimpin Panel Investigasi Kejahatan Perang Suriah
Catherine Marchi-Uhel

Terkait

Hidayullah.com–Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, kemarin melantik mantan hakim Prancis memimpin panel internasional yang ditugaskan mengumpulkan bukti kejahatan perang di Suriah, kutip AFP.

Mantan Hakim Prancis, Catherine Marchi-Uhel bertugas sebagai petugas dari komite Dewan Keamanan yang bertanggung jawab tentang militan Daesh (IS) dan al-Qaidah.

Baca: PBB Bentuk Tim Khusus Selidiki Kejahatan Perang di Suriah

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengumumkan penunjukkan itu hari Senin (03/0/2017). Catherine Marchi-Uhel selama ini bertugas sebagai ombudsperson pada Komite Dewan Keamanan yang memantau sanksi terhadap ISIS dan al-Qaida.

Majelis Umum PBB, Desember lalu mendirikan panel internasional untuk membantu mengutip bukti untuk digunakan dalam kasus penuntutan kejahatan perang pada masa depan.

Baca: Rusia Dinilai Lakukan Serangan 304 Kejahatan Perang di Aleppo

Meskipun ditentang keras oleh Suriah dan sekutunya Rusia, Majelis Umum yang beranggota 193 negara Desember lalu memutuskan membentuk sebuah badan baru ‘untuk secara dekat berkordinasi’ dengan Independent International Commission of Inquiry on Syria yang dibentuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang berkedudukan di Jenewa. Komisi itu mengatakan tahun lalu bahwa kejahatan perang ‘merajalela’ di Suriah.

Sebagaimana diketahui, lebih 320.000 korban tewas menurut catatan PBB dalam perang selama enam tahun di Suriah.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !