frontpage hit counter

Setengah Juta Pengungsi Suriah Dikabarkan Telah Kembali ke Rumah

NHCR mengaku sedang melakukan sejumlah langkah persiapan, untuk mengantisipasi kondisi saat pemulangan pengungsi agar bisa kembali dalam keadaan aman

Setengah Juta  Pengungsi Suriah Dikabarkan Telah Kembali ke Rumah
UNHCR
Pengungsi Suriah kembali pulang

Terkait

Hidayatullah.com—Diperkirakan setengah juta warga Suriah yang meninggalkan kediaman sejak perang yang berlangsun enam tahun  sudah pulang ke rumah sejak Januari.

Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi  (UNHCR) mengabarkan, mereka kembali menemukan anggota keluarga dan memeriksa harta benda yang telah ditinggalkan.

Juru bicara UNHCR, Andrej Mahecic mengatakan,  sekitar 440.000 orang telah meninggalkan negara yang dilanda perang, kembali ke rumah mereka, terutama di Aleppo, Hama, Homs dan Damaskus, tulis laman resmi UNHCR.

Baca:  Gambar Penduduk Suriah Berbuka Puasa di Tengah Reruntuhan Kota

Selain itu, setidaknya 31.000 pengungsi di negara tetangga turut pulang ke negara mereka, sehingga menjadikan jumlah 260.000 pengungsi yang pulang ke negara masing-masing sejak 2015.

Para pengungsi telah kembali secara spontan ke Suriah, terutama dari Turki ke Suriah utara.

Baca:  Pengungsi Suriah di Turki Mudik ke Suriah dengan Berjalan Kaki

Namun, Mahecic mengatakan angka itu hanya sebagian kecil dari lima juta pengungsi Suriah dari empat wilayah bersangkutan.

NHCR mengaku sedang melakukan sejumlah langkah persiapan, untuk mengantisipasi kondisi saat pemulangan pengungsi agar bisa kembali dalam keadaan  aman dan bermartabat.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !