frontpage hit counter

Pilot MIG23 Rezim Bashar: ‘Pesawat Saya Ditembak’

Milisi Ahrar al-Syam merilis video jatuhnya pesawat yang diklaim telah mereka tembak

Pilot MIG23 Rezim Bashar: ‘Pesawat Saya Ditembak’
AMN
Tempat jatuhnya MIG-23

Terkait

Hidayatullah.com–Pilot Syrian Arab Air Force (SyAAF) mengklaim pesawatnya yang terhempas di Turki hari Sabtu lalu, ditembak jatuh ketika dalam penerbangan untuk menyerang daerah pedesaan dekat Idlib utara Suriah, lapor kantor berita lokal.

Anadolu Agency melaporkan, pernyataan awal pilot ini diinformasikan kepada otoritas Turki setelah dia diselamatkan tim penyelamat negara itu.

Pilot angkatan udara Suriah berusia 56 tahun itu mengatakan, Pesawat Tempur jenis MIG23 diterbangkan dari Latakia Suriah.Kini pilot tersebut sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Propinsi Hatay, tulis Rueters.

Baca:  Jet tempur Suriah Dikabarkan Hilang Dekat Turki

Sementara itu, pemerintahan Turki mengatakan, pesawat tempur  Rezim Bashar al Assad itu jatuh di Propinsi Hatay, tepatnya jatuh di daerah Samandağı Hatay Turki.

Menurut keterangan media pemerintah Turki, pilot pesawat tempur Suriah yang jatuh daerah pusat Kota Hatay, wilayah Antakya luar kota Yaylacık dengan melompat dengan terjun payung.

Pilor ditemukan tim penyelamat melalui operasi pencarian yang diikuti oleh tim polisi dan pasukan khusus serta anjing pelacak.

Dalam waktu  9 jam, akhirnya tim menemukan pilot tersebut di 500 meter dari tempat parasut dalam keadaan letih.

Pilot yang diketahui warga negara Suriah dan belum diketahui namanya itu, dibawa ke Komandan Gendarmerie Daerah Altınözü.

Sang pilot, menurut keterangan pemerintah, mendapatkan pertolongan pertama dalam ambulans, kemudian dirawat di Rumah Sakit Negeri Hatay.

Baca: Jet Suriah Menghancurkan Masjid di Yarmuk

Karena tidak ditemukan pilot lain dan diperkirakan hanya ada satu pilot di kapal tersebut, operasi pencaharian dihentikan.

Perdana Menteri Turki, Binali Yıldırım, mengatakan bahwa pilot pesawat dalam keadaan aman. Sementara itu, Gubernur Hatay, Ardal Ata, memberitahukan bahwa tim gendarmerie dan tim medis telah sampai ke tempat ditemukannya puing-puing pesawat.

Sedangkan pihak oposisi Suriah mengumumkan telah menggempur sebuah pesawat tempur milik rezim di pedalaman kota Idlib.

Kelompok milisi Ahrar al-Syam yang menguasai sebagian wilayah utara Suriah merilis video terkait jatuhnya pesawat itu.

Pihak oposisi juga mengatakan mereka melihat pesawat yang telah mereka tembak.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !