frontpage hit counter

Baru Dilantik, Dubes Afghanistan Eratkan Hubungan dengan Turki

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani baru-baru ini mengunjungi Turki untuk menghadiri pertemuan puncak mengenai masalah Palestina di Istanbul

Baru Dilantik, Dubes Afghanistan Eratkan Hubungan dengan Turki
Abdul Rahim Sayed Jan

Terkait

Hidayatullah.com–Duta Besar baru Afghanistan untuk Turki mengatakan kedua negara (Turki dan Afghanistan) menjalin hubungan sangat baik, yang akan terus membaik di masa mendatang.

Abdul Rahim Sayed Jan memulai tugasnya pada 21 Desember 2017, namun menyampaikan surat kepercayaannya kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan di Ibu Kota Ankara, Selasa (23/01/2018),  lalu dikutip Anadolu Agency.

“Rakyat Afghanistan sangat menyukai presiden Anda dan mereka selalu mendoakannya,” katanya, menambahkan bahwa orang-orang Afghanistan melihat Turki sebagai panutan bagi Dunia Islam dan sebagai salah satu negara Muslim yang paling maju dan modern.

“Semua orang ingin memiliki perkembangan, demokrasi dan keadilan seperti ini. Jadi, ketika saya diberitahu bahwa saya ditunjuk di sini, saya sangat senang,” katanya.

Baca: NATO Kirim Balik Pengungsi yang Diselamatkannya ke Turki

Hubungan Afghanistan dengan Turki memiliki sejarah panjang dan kedua belah pihak memiliki nilai “sangat umum”, Jan menambahkan.

Dia mengatakan bahwa dia bermaksud mengadakan beberapa pertemuan sehingga dia bisa mengenal masyarakat dan pejabat pemerintah dengan lebih baik.

Dia juga menyatakan harapannya bahwa siswa Afghanistan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar di Turki.

“Kami memiliki banyak siswa di sini, saya akan berusaha membuat jumlah siswa meningkat,” lanjutnya.

Jan mengatakan bahwa orang-orang Afghanistan membutuhkan bantuan di sektor kesehatan karena kurangnya rumah sakit berkualitas tinggi.

Baca: Erdogan: Taliban Bebaskan 4 Insinyur Turki

Beberapa orang Afghanistan juga datang ke Turki untuk perawatan, kata duta besar tersebut, menambahkan bahwa warga Afghanistan ingin memiliki kualitas yang sama di sektor kesehatan di Afghanistan, dan mereka ingin dokter Turki pergi dan bekerja di sana.

Tentang upaya untuk membawa perdamaian di Afghanistan, dia mengatakan bahwa Turki melalui “kantor yang baik” presiden Turki dapat mendorong Pakistan untuk membantu Afghanistan dalam membawa perdamaian dan stabilitas ke negaranya.

Dia menyerukan agar lebih banyak kerja sama dalam memerangi terorisme.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani baru-baru ini mengunjungi Turki untuk menghadiri pertemuan puncak mengenai masalah Palestina di Istanbul dimana dia mengadakan diskusi “sangat baik” dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

“Hubungan kita sangat baik dan, mudah-mudahan kita akan meningkatkan hubungan ini. Kami berdua berusaha untuk saling bekerjasama dan meningkatkan hubungan antara kedua negara persaudaraan,” kata Jan.

Baca: Puluhan Kadet Polisi Wanita Afghanistan Dilatih di Turki

“Kami selalu saling mendukung mengenai isu-isu internasional,” ia menambahkan bahwa Afghanistan tetap bersyukur kepada Turki, yang merupakan anggota NATO dan juga merupakan bagian dari pasukan bantuan internasional yang membantu Afghanistan.

“Selain itu Turki melatih tentara kita,” katanya.

Duta Besar kemudian mencatat bahwa Turki juga memerangi teroris di wilayahnya dan terorisme merupakan musuh bersama bagi semua orang.

“Turki dan Afghanistan berada di garis depan. Jadi, pertukaran informasi sangat penting satu sama lain mengenai memerangi terorisme.

“Sayangnya, fenomena ini adalah musuh kemanusiaan dan mereka [teroris] harus diberantas dari dunia,” katanya.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Ahmad Damanik

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !