frontpage hit counter

Seratus Migran Ilegal Gambia Dideportasi dari Libya

Pemulangan itu merupakan bagian dari program pemulangan sukarela para migran ke negara asalnya yang digagas International Organisation for Migrants (IOM).

Seratus Migran Ilegal Gambia Dideportasi dari Libya

Terkait

Hidayatullah.com—Lebih dari seratus migran ilegal asal Gambia telah dikirim pulang dari Libya oleh badan urusan migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pemulangan itu merupakan bagian dari program pemulangan sukarela para migran ke negara asalnya yang digagas International Organisation for Migrants (IOM), lapor Euronews Selasa (2/1/2018).

Para migran itu diterbangkan dengan tiket sekali jalan ke Gambia dari bandara di Misrata. Tujuan utama deportasi mereka untuk mengurangi kepadatan di pusat-pusat detensi migrasi di Libya yang sudah terlalu penuh sesak.

Jumlah orang yang terjebak di pusat detensi angkanya naik drastis tahun 2017, setelah kelompok-kelompok bersenjata di Libya kebanyakan menutup jalur penyeberangan dengan perahu ke Italia. Seperti diketahui, penyeberangan migran dari Afrika melalui Libya melewati Laut Tengah (Mediterania) sebagian besar diorganisir oleh kelompok-kelompok bersenjata di Libya.

Di bulan terakhir tahun 2017, IOM mempercepat programnya dengan memulangkan 15.000 migran. Deportasi itu dilakukan di tengah-tengah ramainya laporan bahwa para migran asing diperjual-belikan layaknya budak di Libya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !