frontpage hit counter

Cacing 27cm Ditemukan di Perut Defektor Korea Utara

Cacing 27cm Ditemukan di Perut Defektor Korea Utara

Terkait

Hidayatullah.com—Cacing-cacing parasit yang ditemukan dalam tubuh seorang anggota tentara Korea Utara, yang belum lama ini membelot ke Korea Selatan, memberikan gambaran perihal buruknya nutrisi dan higiene di negara komunis itu, kata para pakar.

Prajurit itu, yang menderita luka parah ketika ditembaki oleh pasukan Korea Utara saat menyeberangi zona demiliterisasi untuk mencapai wilayah Korea Selatan, dilarikan ke rumah sakit lewat udara hari Senin lalu.

Dalam sebuah pemaparan hari Rabu (15/11/2017), Lee Cook-jong, dokter bedah yang memimpin operasi, menampilkan foto-foto puluhan parasit berwarna seperti daging tubuh manusia — termasuk salah satunya yang memiliki panjang 27 cm– diambil dari saluran pencernaan prajurit itu.

“Selama lebih dari 20 tahun karir saya sebagai dokter bedah, saya baru pernah melihat sesuatu yang seperti ini di buku teks,” kata Lee seperti dilansir Euronews.

Cacing-cacing parasit itu, bersama dengan bulir jagung di lambungnya, bisa jadi merupakan konfirmasi atas dugaan para pakar selama ini perihal kondisi buruk kesehatan orang-orang di Korea Utara, seperti yang pernah diceritakan oleh para pembelot Korut lainnya.

Lee menjelaskan, cacing-cacing parasit itu pernah umum ditemukan di Korea Selatan sekitar 40 hingga 50 tahun silam. Namun, sekarang kebanyakan hilang seiring dengan meningkatnya kondisi perekonomian dan kesehatan masyarakat.

Hong Sung-tae, seorang profesor spesialis parasit di Seoul National University College of Medicine, mengatakan bahwa keberadaan cacing-cacing itu di tubuh orang Korea Utara berkaitan dengan pemanfaatan kotoran manusia dalam pertanian.

“Oleh karena langkanya pupuk, orang-orang Korea Utara memupuk lahan-lahan mereka dengan tinja manusia. Dan ini merupakan akibat langsung yang disebabkan oleh infeksi parasit,” kata Hong.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !