frontpage hit counter

Paradise Papers, Apakah Itu?

Siapa saja yang diungkap dalam Paradise Papers? Sejauh ini ratusan nama pejabat, politisi, selebriti, yang akrab di telinga masyarakat sudah berhasil diidentifikasi

Paradise Papers, Apakah Itu?

Terkait

Hidayatullah.com— Beberapa hari terakhir media diramaikan dengan laporan seputar orang-orang kaya dunia yang menyembunyikan hartanya di luar negeri. Berita itu ditulis berdasarkan bocoran dokumen yang disebut Paradise Papers.

Untuk mengetahui apakah Paradise Papers itu, berikut paparan singkatnya.

Paradise Papers adalah bocoran dokumen-dokumen finansial seputar harta-harta dan investasi yang disimpan di luar negeri. Dokumen itu memberi gambaran usaha keras yang dilakukan para jutawan dan miliarder di dunia untuk menyembunyikan harta mereka supaya terhindar dari pajak yang lebih tinggi di negaranya.

Seperti bocoran Panama Papres tahun lalu, dokumen dalam Paradise Papers didapatkan oleh koran terkemuka Jerman, Süddeutsche Zeitung, yang menggandeng International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) untuk mengawal investigasinya.

Nama Paradise Papers diambil karena wilayah, teritori, atau negara yang dipilih sebagai tempat persembunyian harta itu selama ini dikenal sebagai tujuan wisata kelas atas, di mana biasanya orang-orang kaya berlibur menikmati keindahan alam layaknya berada di surga. Ambil contoh, Bermuda, Isle of Man dan Caymand Island. Selain itu, istilah ini cocok sekali dengan isitlah tax haven dalam bahasa Prancis, paradis fiscal.

Apa itu surga pajak (tax haven)? Istilah ini dipakai media untuk menyebut tempat atau negara di mana individu (baik perorangan atau perusahaan) bisa menikmati kebebasan dari membayar pajak atau mendapatkan diskon pajak sangat besar. Negara yang dikenal sebagai surga pajak antara lain Swiss, Irlandia dan Belanda. Mereka memiliki mekanisme pengurangan pajak yang sangat menggiurkan bagi orang-orang kaya. Sementara teritori seperti Bahama, Isle of Man dan Caymand Island, selain dikenal kondisi geografisnya yang indah seperti surga, di sana juga terdapat banyak perusahaan di mana uang-uang korporasi dan orang kaya dari berbagai penjuru dunia bisa diolah sedemikian rupa sehingga tidak kelihatan, dan kalaupun terlihat hanya akan menimbulkan pajak yang kecil.

Siapa saja yang diungkap dalam Paradise Papers? Sejauh ini ratusan nama pejabat, politisi, selebriti, yang akrab di telinga masyarakat sudah berhasil diidentifikasi, serta nama perusahaan dari berbagai sektor, termasuk firma hukum, lembaga keuangan, akuntan yang terlibat di dalamnya.

Dari sisi jumlah dokumen yang dibocorkan, Panama Papers jauh lebih besar, tetapi Paradise Papers lebih mengundang perhatian. Pasalnya, nama-nama yang terlibat di dalam Panama Papers –atau bocoran dokumen sejenis lain seperti Offshore Leaks, Bahama Leaks, Luxembourg Leaks, Swiss Leaks, dan Cablegate ala Wikileaks– tidak sepopuler nama yang diungkap Paradise Papers. Tidak hanya itu, kasus-kasus yang terungkap kali ini cukup mengejutkan. Satu contoh, siapa sangka harta jutaan pound milik Ratu Inggris Elizabeth II disembunyikan di luar negeri demi menghindari pajak, dan perusahaan yang terlibat mengeksploitasi rakyat miskin di negaranya sendiri.

Dari mana Paradise Papers berasal? Ada lebih dari 1.400GB data, berisi sekitar 13,4 juta dokumen dalam Paradise Papers. Sekitar 6,8 juta di antaranya berasal dari penyedia layanan hukum di luar negeri Appleby, dan penyedia layanan korporat Estera. Keduanya beroperasi bersama-sama di bawah nama Appleby sampai Estera menjadi independen di tahun 2016. Sebanyak 6 juta dokumen lain berasal dari register-register korporat di sekitar 19 yuridiksi, kebanyakan di kawasan Karibia. Sebagian kecil berasal dari international trust dan penyedia layanan korporat berbasis di Singapura, Asiaciti Trust. Dokumen yang dibocorkan itu berasal dari tahun 1950 sampai 2016, tujuh dekade.

Siapa atau apa itu Appleby? Ini adalah sebuah firma hukum yang membantu perusahaan-perusahaan, lembaga finansial dan orang-orang super kaya mendirikan dan mendaftarkan perusahaannya di luar negeri.

Didirikan di Bermuda, sejarah perusahaan itu dapat dilacak sampai tahun 1890-an. Appleby menjadi salah satu yang terbesar dan paling dikenal di antara sekitar 10 perusahaan raksasa yang menggeluti bidang khusus itu. Register korporat Appleby menunjukkan kliennya didominasi orang atau perusahaan yang beralamat di Amerika Serikat, yaitu lebih dari 31.000 klien. Ada sekitar 14.000 klien Appleby menggunakan alamat Inggris dan 12.000 beralamat di Bermuda.

Siapa yang membocorkan Paradise Papers? Seperti halnya Panama Papers, koran Jerman Süddeutsche Zeitung yang mendapatkan materi aslinya dan menjadikannya batu pijakan untuk melakukakn investigasi lebih lanjut. Pada kasus Panama Papers, orang asli yang membocorkan dokumen tersebut –sebut saja John Doe– mengeluarkan manifesto satu bulan setelah dokumen itu dipublikasikan ke pembaca media. Kali ini, dalam masalah Paradise Papers, Süddeutsche Zeitung memilih untuk tidak menyebutkan siapa sumber dokumen tersebut.

Sama halnya dengan Panama Papers, awak-awak media dari seluruh dunia yang tergabung dalam International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) diajak untuk menggarap Paradise Papers. Program unggulan BBC, Panorama, dan sejawatnya di Inggris, Guardian, serta New York Times di Amerika Serikat termasuk di antara hampir seratus media di 67 negara yang mengungkapkan masalah ini ke publik.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !