frontpage hit counter

Anadolu Agency Resmikan Layanan Berita Bahasa Indonesia

Anadolu Agency Indonesia merupakan jembatan hubungan Turki dan Indonesia, agar persahabatan dan persaudaraan semakin kuat

Anadolu Agency Resmikan Layanan Berita Bahasa Indonesia
Launching Kantor Berita Anadolu Agency biro Indonesia di Hotel Borobudur, Senin (23/10/2017)

Terkait

Hidayatullah.com – Kantor berita Turki Anadolu Agency mengembangkan sayap internasional dengan meresmikan layanan berita Bahasa Indonesia. Acara peresmian itu digelar di Borobudur Hotel, Jakarta pada Senin malam (23/10/2017).

Deputi Direktur Jenderal Mustafa Ozkaya mengatakan, Anadolu Agency Biro Indonesia menjadi layanan bahasa yang ke-12. Ia mengungkapkan, medianya merupakan satu-satunya kantor berita internasional yang menyiarkan layanan berita berbahasa Indonesia.

“Kami siap menyebarkan berita mengejutkan dari seluruh dunia ke Indonesia,” ujar Mustafa, dalam sambutannya.

Baca: Dewan Pers: Media Siber Harus Merujuk Kantor Berita yang Reputasinya Jelas

Mustafa menyampaikan, jurnalisme memiliki kekuatan untuk membangun opini publik dan membawa perubahan. Saat ini, sambungnya, beragam kekerasan menimpa anak-anak dan orang tak bersalah di seluruh dunia setiap hari, seperti perang Suriah dan eksodus jutaan pengungsi Rohingya akibat aksi kekerasan di Myanmar.

Anadolu Agency hadir mendokumentasikan beragam insiden itu, foto dan berita memiliki kekuatan untuk menyatukan emosi kita melawan rasa sakit dan penderitaan dunia, juga memotivasi agar kita berbuat sesuatu,” jelasnya.

Ia menyebut, Indonesia merupakan negara prioritas Anadolu Agency. Dengan populasi Iebih dari 260 juta, Indonesia memiliki posisi penting di kawasan Asia Pasifik.

Baca: Media Massa dan Tipu Daya

Menurutnya, Turki dan Indonesia memiliki sejarah kedekatan di masa silam. Peresmian Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia, dikatakan Mustafa, merupakan upaya merekatkan kembali, sekaligus memperkuat hubungan bilateral kedua negara dengan menyiarkan kisah menarik seputar kehidupan Indonesia ke seluruh dunia.

Anadolu Agency Biro Indonesia merupakan jembatan kedekatan Turki dan Indonesia, kami berharap persahabatan dan persaudaraan kita akan semakin kuat dalam semua aspek kehidupan,” tandasnya.

“Kami siap menyebarkan berita yang mengejutkan di Indonesia melalui jaringan global koresponden dan wartawan foto kami ke seluruh dunia,” tambah Mustafa.

Sementara itu, Kepala Biro Anadolu Indonesia Dandy Koswaraputra mengatakan, Anadolu Agency Bahasa Indonesia telah memulai kegiatannya sejak awal Juli lalu.

Ia memaparkan, Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia sendiri dapat diakses di www.aa.com.tr/id. Dan saat ini berita Anadolu Agency telah digunakan oleh 1694 subscribers dari 45 negara.

Anadolu Agency, lanjut Dandy, juga memilliki jaringan kantor di lebih dari 40 kota di dunia, dengan representatif jurnalis di 97 negara dan pegawai dari 74 kewarganegaraan.

“Sebagai kantor berita, Anadolu Agency merupakan satu di antara sepuluh agensi paling berpengaruh di dunia. Berpengalaman lebih dari 97 tahun kami menyediakan ribuan artikel berita, foto, video, infografis dan statistik ke seluruh dunia,” pungkasnya.

Diketahui, sejak berdiri tahun 1920 Anadolu Agency telah hadir dalam beragam Bahasa. Selain Bahasa Turki, Anadolu Agency juga hadir dalam layanan Bahasa Inggris, Arab, Rusia, Bosnia, Kroasia, Serbia, Prancis, Kurdish-Sorani, Kurdish-Kurmanchi, Persia, Albania, Spanyol, dan Makedonia.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !