Internasional – Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Thu, 30 Aug 2018 22:00:59 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.6 61797197 Korea Selatan Larang Jual Kopi di Seluruh Sekolah http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/30/149774/korea-selatan-larang-jual-kopi-di-seluruh-sekolah.html Thu, 30 Aug 2018 12:01:00 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149774

Hidayatullah.com–Korea Selatan akan segera memberlakukan larangan penjualan produk kopi di sekolah-sekolah guna memptomosikan gaya hidup sehat di kalangan pelajar dan […]

The post Korea Selatan Larang Jual Kopi di Seluruh Sekolah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Korea Selatan akan segera memberlakukan larangan penjualan produk kopi di sekolah-sekolah guna memptomosikan gaya hidup sehat di kalangan pelajar dan guru.

Hari Selasa (28/8/2018) Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-obatan mengatakan undang-undang khusus perihal pengaturan makanan anak telah direvisi, guna melarang penjualan kopi di sekolah-sekolah. UU yang direvisi itu akan berlaku efektif 14 September.

Berdasarkan UU yang masih berlaku saat ini, produk yang mengandung kalori atau kafein tinggi, atau bernutrisi rendah dibatasi atau dilarang penjualannya di sekolah. Produk dimaksud termasuk kopi susu. Namun, kopi dikategorikan sebagai minuman orang dewasa dan dijual di mesin-mesin swalayan dan toko kudapan untuk dikonsumsi para guru.

Akan tetapi, dalam UU revisi semua produk kopi tidak akan dijual di sekolah, sekalipun untuk guru, lapor The Korea Times.

Kementerian mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan pusing, jantung berdebar, gangguan tidur atau gelisah, dan apabila dikonsumsi terus menerus oleh anak dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental mereka.

Menurut riset kementerian tahun 2015 tentang kandungan kafein dalam berbagai macam produk, kopi memiliki konsentrasi tertinggi dengan kadar 449,1 mg per kilogram. Disusul kemudian oleh produk minuman susu, termasuk susu coklat, yang mengandung kafein 277,5 mg per kilogram.

Kementerian menetapkan batas aman harian konsumsi kafein untuk orang dewasa per hari kurang dari 400 mg per kilogram, 300 mg per kilogram bagi wanita hamil, dan 2,5 mg per kilogram bagi anak-anak.

Dilansir The Guardian, banyak pelajar Korea Selatan mengkonsumsi kopi atau minuman berenergi agar tidak mengantuk di sekolah, supaya mendapatkan nilai tinggi di tengah persaingan ketat antar pelajar.

Orang Korea dalam setahun rata-rata mengkonsumsi kopi 181 cangkir, terbanyak di kawasan Asia, menurut hasil riset pasar oleh Euromonitor. Angka itu lebih rendah dari Inggris yang mencapai 151, tetapi jauh lebih rendah dari Amerika Serikat yang mencapai 266.

Kopi instan bungkusan yang mengandung gula dan susu mulai populer di tahun 1950-an bersamaan dengan kedatangan ribuan serdadu Amerika Serikat di Semenanjung Korea. Seoul, ibukota sekaligus kota terbesar di Korsel, memiliki 18.000 warung kopi pada akhir 2016. Jumlah itu melebihi convenience store yang juga menjamur di negeri ginseng itu.

Larangan kopi di sekolah ini menyusul larangan penjualan energi drink yang diberlakukan pada awal tahun ini.

Pihak berwenang Korea Selatan berusaha mengatasi masalah obesitas yang makin merebak di kalangan pelajar. Sekitar 17% pelajar sekolah dasar dan menengah mengalami obesitas pada 2016 atau naik sekitar 12% dari dekade sebelumnya, menurut data pemerintah.*

The post Korea Selatan Larang Jual Kopi di Seluruh Sekolah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149774
Swiss Luncurkan Website Selfie Gaji Guna Atasi Diskriminasi Upah http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/30/149771/swiss-luncurkan-website-selfie-gaji-guna-atasi-diskriminasi-upah.html Thu, 30 Aug 2018 11:55:38 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149771

Hidayatullah.com–Serikat dagang di Swiss Unia melahirkan sebuah website baru tempat di mana siapa saja di negara itu dapat memajang foto […]

The post Swiss Luncurkan Website Selfie Gaji Guna Atasi Diskriminasi Upah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Serikat dagang di Swiss Unia melahirkan sebuah website baru tempat di mana siapa saja di negara itu dapat memajang foto diri sekaligus menuliskan berapa gaji atau upah yang diterimanya.

Website itu zeigdeinenlohn.ch, Zeig Deinen Lohn yang artinya tunjukkan gajimu, mulai beroperasi pekan lalu dan sejauh ini sudah sekitar 500 orang yang membeberkan berapa besaran gaji mereka, lapor Euronews Rabu (29/8/2018).

Website itu sempat tidak berfungsi pada hari Rabu, disebabkan banyaknya pengguna internet yang ingin mengaksesnya dalam waktu bersamaan.

Orang-orang yang mengunggah foto diri dan menulis berapa upah bekerja yang mereka terima berasal dari beragam sektor. Seorang inspektor di perusahaan minyak mengaku membawa pulang gaji 37.000CHF (€32.369) setiap bulannya. Sedangkan seorang petugas kebersihan mengatakan mendapat upah 3.200CHF ($2.800) setiap bulan. [1CHF sekitar 15.188 rupiah]

Website itu dapat dipergunakan orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi nama depan, jabatan atau posisi pekerjaan, sektor pekerjaan, pekerja purna atau paruh waktu, gender, usia, dan foto diri.

Namun, sebelum berpartisipasi calon pengguna website itu harus mempertimbangkan konsekuensinya, mengingat-ingat apakah ada perjanjian dengan majikan atau bekas majikan perihal pengungkapan data jumlah upah yang mereka terima. Jika ternyata mereka meneken perjanjian untuk tidak mengungkapkan informasi gaji, maka mereka berpotensi terkena jerat hukum.

Kepada Euronews kepala bidang komunikasi Unia, Nicole Niedermueller, mengatakan bahwa semua orang Swiss –baik teman maupun pasangan suami/istri– tidak pernah membicarakan berapa gaji yang mereka terima.

“Adalah tabu besar bagi orang Swiss membicarakan soal gaji. Oleh karena itu kami juga berusaha memecah tabu itu dengan membuat website ini,” kata Niedermueller.

Tabu itulah, menurut wanita itu, yang menyebabkan ketimpangan gaji di Swiss.

“Jika anda tidak mengetahui berapa gaji yang diterima rekan kerja anda, maka hal itu memudahkan majikan untuk memberikan gaji yang tidak setara,” imbuhnya.

“Di Swiss, masalah terbesarnya adalah tidak adanya kesetaraan perihal gaji…wanita menerima 20 persen lebih rendah dibanding laki-laki,” paparnya.

Angka itu didukung oleh Badan Statistik Federal yang menyebutkan bahwa di sektor swasta perempuan digaji 19,5% lebih rendah dibanding laki-laki. Apabila digabungkan antara sektor publik dan swasta, maka kesenjangannya 12% pada tahun 2016.

Perbedaan gaji itu tidak hanya didasarkan pada gender, kata Niedermueller. Antara orang asing dan warga Swiss sendiri –meskipun sama-sama pria– terjadi perbedaan besaran gaji. Orang asing dibayar lebih rendah.

Sejak tahun 1996, konstitusi Swiss sudah memasukkan kesetaraan gender di dalamnya. Akan tetapi pada praktiknya, dalam hal ini soal gaji, pemerintah masih harus berbuat banyak, kata Unia dan berbagai organisasi peduli HAM.

Di samping gaji, Unia berharap masalah kondisi tempat bekerja juga diperhatikan.

“Orang akan lebih merasa yakin percaya diri di tempat kerja, lebih kerasan di perusahaan terkait, dan akan lebih produktif,” kata Niedermueller, jika perusahaan mau memperbaiki kondisi lingkungan kerjanya.*

The post Swiss Luncurkan Website Selfie Gaji Guna Atasi Diskriminasi Upah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149771
Julius Malema Serukan Afsel Keluar dari Persemakmuran Inggris http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/30/149767/julius-malema-serukan-afsel-keluar-dari-persemakmuran-inggris.html Thu, 30 Aug 2018 11:51:02 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149767

Hidayatullah.com–Julius Malema, tokoh bersuara vokal dari partai Economic Freedom Fighter (EFF), menyeru agar Afrika Selatan keluar dari organisasi gabungan bekas […]

The post Julius Malema Serukan Afsel Keluar dari Persemakmuran Inggris appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Julius Malema, tokoh bersuara vokal dari partai Economic Freedom Fighter (EFF), menyeru agar Afrika Selatan keluar dari organisasi gabungan bekas wilayah penjajahan Inggris Commonwealth (Persemakmuran).

Malema mengatakan bahwa organisasi itu dipimpin oleh penjajah dan bergabung dengan persekutuan itu berarti mengakui “supremasi kulit putih.”

Ratu Inggris Elizabeth II adalah pimpinan dari organisasi yang dibentuk pada tahun 1931 tersebut. Sementara putranya Pangeran Charles sudah dipersiapkan sebagai penggantinya.

Malema juga mengatakan hakim-hakim Afrika Selatan harus tidak lagi mengenakan wig kehakiman, yang dipandangnya sebagai jejak peninggalan penjajah, lapor BBC Rabu (29/8/2018).

Padahal faktanya, Afrika Selatan sejak era apartheid berakhir sudah tidak lagi mewajibkan hakim memakai wig rambut pirang di kepalanya ketika bertugas memimpin persidangan.*

The post Julius Malema Serukan Afsel Keluar dari Persemakmuran Inggris appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149767
Pengadilan Korupsi Proses Kasus Hakim Mahkamah Agung Kenya http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/30/149724/pengadilan-korupsi-proses-kasus-hakim-mahkamah-agung-kenya.html Thu, 30 Aug 2018 00:08:00 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149724

Hidayatullah.com—Pimpinan pengadilan rendah antikorupsi Kenya, Lawrence Mugambi, menolak perintah Pengadilan Tinggi untuk menghentikan kasus penuntut atas Philomena Mwilu, wakil ketua […]

The post Pengadilan Korupsi Proses Kasus Hakim Mahkamah Agung Kenya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Pimpinan pengadilan rendah antikorupsi Kenya, Lawrence Mugambi, menolak perintah Pengadilan Tinggi untuk menghentikan kasus penuntut atas Philomena Mwilu, wakil ketua mahkamah agung.

Mugambi mengatakan surat perintah itu mengandung kesalahan klerikal, sehingga dia akan menunda proses kasus tersebut sampai hari Jumat (31/8/2018) guna memberikan waktu kepada Pengadilan Tinggi untuk mengklarifikasi posisinya.

Hakim Mwilu ditangkap hari Selasa (28/8/2018) dan menghadapi dakwaan penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi dan penggelapan pajak, serta melakukan kesalahan dengan menerima pinjaman bank untuk kepentingan pribadi sebesar $120.000.

Tim pengacara dari hakim wanita itu berhasil mempengaruhi Pengadilan Tinggi agar mengeluarkan perintah penghentian kasusnya, dengan alasan kredit bank yang diterima Mwilu “murni transaksi komersial” dan menuding tuduhan-tuduhan yang ditujukan kepadanya dimaksudkan untuk membuat malu salah satu hakim terkemuka Kenya tersebut, lapor BBC.

Penangkapan atas hakim Mwilu dipandang sebagai bagian dari perang melawan korupsi oleh pemerintahan Presiden Uhuru Kenyatta.

Pihak kejaksaan mengatakan memiliki bukti cukup untuk membuat dakwaan terhadap hakim Mwilu, meskipun muncul dugaan bahwa gugatan tersebut bermotif politik.

Tahun lalu, hakim Mwilu menjadi pusat perhatian setelah Mahkamah Agung memerintahkan pengulangan pelaksanaan pemilu presiden.

Pembatalan hasil pemilu itu membuat marah Presiden Uhuru Kenyatta yang berjanji “akan membereskan sistem peradilan” di negaranya.*

The post Pengadilan Korupsi Proses Kasus Hakim Mahkamah Agung Kenya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149724
Data Pelanggan Raksasa Properti Huazhu Hotels Dijual di Darknet http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/30/149707/data-pelanggan-raksasa-properti-huazhu-hotels-dijual-di-darknet.html Wed, 29 Aug 2018 23:04:35 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149707

Hidayatullah.com—Kelompok usaha penginapan di China Huazhu Hotels sedang menyelidiki kemungkinan pembocoran jutaan data pelanggannya, yang sepertinya dijual di internet. Sebuah […]

The post Data Pelanggan Raksasa Properti Huazhu Hotels Dijual di Darknet appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Kelompok usaha penginapan di China Huazhu Hotels sedang menyelidiki kemungkinan pembocoran jutaan data pelanggannya, yang sepertinya dijual di internet.

Sebuah iklan yang menawarkan data 140 gigabyte dengan imbalan Bitcoin di sebuah forum darknet, “pasar gelapnya” dunia maya.

Pakar-pakar kemanan internet meyakini database perusahaan itu kemungkinan secara tidak sengaja diungguh ke internet, lapor BBC Rabu (29/8/2018).

Huazhu Hotels mengatakan kepada BBC dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya “langsung menghubungi polisi perihal isu itu tanpa ditunda-tunda.”

Kepolisian Shanghai saat ini sedang menyelidiki kemungkinan peretasan.

Kasus peretasan data di China bukan masalah baru. Namun, besaran data pelanggan yang ditawarkan di darknet itu luar biasa sehingga menarik perhatian pers internasional.

Huazhu merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di China, yang mengelola lebih dari 3.500 properti lewat 13 merek seperti Ibis dan Mercure.

Firma keamanan internet Zibao mengatakan kepada media setempat bahwa kebocoran data itu disebabkan para developer perangkat lunak Huazhu Hotels secara tidak sengaja mengunggah database mereka ke Github, sebuah layanan yang bisa dipakai bersama-sama oleh para developer perangkat lunak.

“Kami memberikan perhatian yang besar terhadap masalah ini dan segera melakukan ausit internal guna menjamin keamanan informasi perihal pelanggan-pelanggan kami,” kata Huazhu Hotels kepada BBC dalam sebuah pernyataan.

Huazhu juga mengatakan phaknya menggunakan perusahaan eksternal guna memverifikasi apakah kebocoran data itu terjadi.*

The post Data Pelanggan Raksasa Properti Huazhu Hotels Dijual di Darknet appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149707
Setiap Tahun 250 Ribu Orang Mati karena Senjata Api http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/29/149682/setiap-tahun-250-ribu-orang-mati-karena-senjata-api.html Wed, 29 Aug 2018 04:27:08 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149682

Amerika Serikat memiliki rata-rata bunuh diri dengan senpi tertinggi kedua, dengan 6 per 100.000 orang

The post Setiap Tahun 250 Ribu Orang Mati karena Senjata Api appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Studi yang dilakukan Journal of Medical Association (JAMA) mendapati bahwa seperempat juta kematian setiap tahun terjadi akibat penggunaan senjata api di seluruh dunia.

Dari 250.000 kematian akibat senpi yang terjadi setiap tahun di seluruh dunia itu, hampir dua pertiga merupakan tindakan bunuh diri, menurut hasil studi yang dirilis JAMA seperti dikutip DW Selasa (28/10/2018).

Dalam editorialnya yang menyertai laporan tersebut JAMA juga mengatakan kematian akibat senjata api merupakan “masalah besar kesehatan publik bagi kemanusiaan.”

Baca:  Dor! Seorang Tentara Amerika Bunuh Diri di Pangkalan Militer 

Studi itu menghitung kematian akibat senpi di 195 negara dan teritori berbeda dari tahun 1990 sampai 2016. Peneliti menghitung sekitar 209.000 kematian senpi pada tahun 1990 dibandingkan dengan 251.000 kematian pada tahun 2016, yang 27 persen di antaranya merupakan kasus bunuh diri dan 9 persen kecelakaan.

Brazil, Colombia, Guatemala, Meksiko, Venezuela dan Amerika Serikat mencakup setengah dari jumlah kematian itu.

Selama periode itu angka rata-rata kematian 4 per 100.000 orang tidak berubah. Namun, jumlah kasusnya terus naik di banyak negara yang dianalisis, terutama di kawasan Amerika Tengah dan Selatan.

El Salvador memiliki rata-rata kematian senpi tertinggi, yaitu hampir 4 per 100.000 orang. Sedangkan Singapura menjadi yang terendah dengan 0,1 per 100.000 orang.

Jerman mencatat sekitar 1.220 kematian senpi pada tahun 2016. Angka rata-ratanya turun hampir setengah dibanding 25 tahun silam, yaitu 0,9 per 100.000 orang pada 2016 dan 1,7 per 100.000 orang pada 1990. Pada dekade lalu, Jerman memberlakukan amnesti beberapa kali guna mengurangi jumlah senpi ilegal di negara itu.

Baca: Bunuh Diri Penyebab No.1 Kematian Tentara Israel

Penembakan massal di Amerika Serikat menjadi kepala berita internasional beberapa tahun terakhir, termasuk kasus beberapa hari lalu di turnamen video game di Jacksonville, Florida.

Namun hasil studi menunjukkan “kasus bunuh diri dengan senjata api di AS jumlahnya jauh mengalahkan pembunuhan dengan senpi di banyak negara.”

Amerika Serikat memiliki rata-rata bunuh diri dengan senpi tertinggi kedua, dengan 6 per 100.000 orang. Rata-rata tertinggi kasus bunuh diri dengan senpi ada di Greenland dengan 22 per 100.000, meskipun total kasus bunuh diri hanya 11.*

The post Setiap Tahun 250 Ribu Orang Mati karena Senjata Api appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149682
Eks Presiden Iran Ahmadinejad Dukung Petenis Serena Williams Soal Baju di French Open http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/29/149662/eks-presiden-iran-ahmadinejad-dukung-petenis-serena-williams-soal-baju-di-french-open.html Wed, 29 Aug 2018 01:44:46 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149662

Hidayatullah.com—Petenis wanita Amerika Serikat Serena Williams mendapat dukungan tak terduga dari bekas presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, setelah panitia French Open […]

The post Eks Presiden Iran Ahmadinejad Dukung Petenis Serena Williams Soal Baju di French Open appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Petenis wanita Amerika Serikat Serena Williams mendapat dukungan tak terduga dari bekas presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, setelah panitia French Open melarang seragam ‘catsuit’ yang pernah dipakainya dalam turnamen tahun ini.

Bos-bos Prancis Terbuka menyatakan awal bulan ini bahwa pakaian berwarna hitam yang dikenakan Williams pada turnamen tahun ini akan dilarang di masa depan, berdasarkan peraturan yang lebih ketat soal pakaian.

Serena Willians mengenakan pakaian ketat serba hitam dalam turnamen French Open tahun ini. Petenis peraih 23 gelar Grand Slam itu mengatakan seragam itu membantunya mengatasi masalah-masalah pembekuan darah yang dialaminya, dan menjadikan dirinya merasa “seperti superhero.”

Banyak orang mengkritik larangan yang ditetapkan oleh panita French Open tersebut. Dan sepertinya isu ini menarik minat bekas presiden Iran untuk ikut berkomentar.

Dilansir RT, lewat akunnya di Twitter hari Senin (27/8/2018) Mahmoud Ahmadinejad menulis, “Mengapa #FrenchOpen tidak menghormati @SerenaWilliams? Sayangnya, sebagian orang di semua negara, termasuk negara saya sendiri, belum menyadari tentang makna sejati dari kebebasan.”

Komentar bekas presiden republik Syiah periode 2005-2012 itu kontan mendapat kritikan balik dari warganet. Tidak sedikit yang menilai komentar Ahmadinejad tersebut menunjukkan jelas kemunafikannya.

Pemilik akun Twitter @nevsinmengu salah satu penghuni dunia maya yang menyoroti hal tersebut. Dia menulis, “Dude kamu memaksa wanita-wanita Iran mengenakan hijab, memaksa mereka mengenakan jubah panjang dalam suhu panas 40 derajat C. Sebagian wanita tidak mau menutup tubuh mereka, rezim kamu memaksakan seragam islami terhadap mereka. Kamu bukan pembela kebebasan.”

Serena Williams sendiri sebenarnya menanggapi santai larangan yang yang diberlakukan oleh panita French Open tersebut. Pekan lalu dia berkomentar tentang masalah itu dengan mengatakan, “Bukan masalah besar,” lapor RT.

Williams mengenakan serangam hitam-hitam di Roland Garros dalam tiga ronde pertama. Sayangnya, dia harus menghentikan permainannya ketika melawan petenis Rusia Maria Sharapova karena terluka.

Petenis berusia 36 tahun, yang belum lama melahirkan bayi pertamanya itu, mengaku bahwa seragam hitamnya tersebut menjadikan dia merasa seperti “seorang ratu dari Wakanda,” merujuk film superhero ‘Black Panther’.*

The post Eks Presiden Iran Ahmadinejad Dukung Petenis Serena Williams Soal Baju di French Open appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149662
Ratusan Ribu Orang Dengarkan Ocehan Warren Buffett Palsu di Twitter http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/29/149649/ratusan-ribu-orang-dengarkan-ocehan-warren-buffett-palsu-di-twitter.html Wed, 29 Aug 2018 00:47:45 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149649

Hidayatullah.com—Cuitan Warren Buffett di Twitter berupa kutipan-kutipan kata-kata inspiratif “didengarkan” oleh ratusan ribu warganet. Hanya saja yang tidak disadari mereka, […]

The post Ratusan Ribu Orang Dengarkan Ocehan Warren Buffett Palsu di Twitter appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Cuitan Warren Buffett di Twitter berupa kutipan-kutipan kata-kata inspiratif “didengarkan” oleh ratusan ribu warganet. Hanya saja yang tidak disadari mereka, itu bukan cuitan dari Warren Buffett asli orang terkaya di dunia, melainkan salah satu akun palsu di Twitter.

Hari Sabtu (25/8/2018) akun palsu miliarder Amerika Serikat berusia 87 tahun itu mendulang popularitas di dunia maya, sebab cuitan perdananya langsung disukai oleh hampir 300.000 warganet. Penyuka cuitan motivasi dan inspiratif yang dimuat akun tersebut terus bertambah hingga hampir dua juta, lapor BBC.

Warren Buffett, CEO dari konglomerat Berkshire Hathaway, memang memiliki sebuah akun di Twitter. Hanya saja dia tidak bersuara sejak tahun 2016.

Berikut beberapa hal yang memastikan bahwa akun @WarrenBuffet99 yang disukai beribu-ribu orang itu palsu.

Pertama, tidak ada tanda centang biru. Warren Buffett adalah orang penting, salah satu orang terkaya di dunia, mustahil Twitter tidak memverifikasi apakah pemilik akun tersebut benar-benar Warren Buffett asli.

Kedua, aktivitasnya terbatas. Akun palsu itu pertama kali bercuit pada 25 Agustus 2018, dan hanya menyampaikan kutipan-kutipan motivasi. Rasanya, orang terkaya di dunia yang sesungguhnya tidak mungkin cuma tertarik mengunggah kalimat-kalimat semacam itu saja di akunnya dan tidak berkomentar soal isu-isu lain atau menunjukkan minat lain.

Ketiga, ejaan namanya saja sudah keliru. Warren Buffett asli menggunakan dua T, bukan Warren Buffet.

BBC mencoba mengontak pemilik akun @warrenbuffet99 untuk meminta keterangan lebih lanjut, tetapi tidak mendapat respon.*

The post Ratusan Ribu Orang Dengarkan Ocehan Warren Buffett Palsu di Twitter appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149649
Pelaku Penembakan di Jacksonville Terobsesi Video Game, Malas Mandi dan Sekolah http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/29/149640/pelaku-penembakan-di-jacksonville-terobsesi-video-game-malas-mandi-dan-sekolah.html Wed, 29 Aug 2018 00:23:34 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149640

Hidayatullah.com—Seorang pelaku penembakan yang menyerang sebuah turnamane video game di Florida belum lama ini diketahui terobsesi dengan hobinya, malas mandi […]

The post Pelaku Penembakan di Jacksonville Terobsesi Video Game, Malas Mandi dan Sekolah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Seorang pelaku penembakan yang menyerang sebuah turnamane video game di Florida belum lama ini diketahui terobsesi dengan hobinya, malas mandi dan malas pergi sekolah, menurut catatan di pengadilan.

David Katz, 24, memiliki riwayat gangguan mental, menurut berkas perceraian kedua orangtuanya di negara bagian asalnya, lapor BBC Selasa (28/8/2018).

Ibunya pernah menyita peralatan gamenya dan mengunci barang itu di kamar. Tidak hanya itu, menurut si ibu putranya bahkan pernah menghantam sebuah pintu di rumah hingga berlobang.Menurut sejumlah laporan, pintu yang dirusak adalah pintu kamar ibunya.

David Katz membunuh dua orang di Jacksonville, hari Ahad (26/8/2018), sebelum akhirnya menembak dirinya sendiri, kata polisi.

Menurut berkas pengadilan di negara bagian Maryland, pemuda itu sejak lama bertikai dengan ibunya, dan dua kali dirawat di rumah sakit akibat gangguan jiwa.

“Rambutnya sering berhari-hari tidak dicuci,” kata ibunya dalam berkas perceraian yang diajukan tahun 2007.

“Waktu saya menyita peralatan pengendali gamenya, supaya dia tidak dapat bermain game pada pukul tiga atau empat pagi, saya terbangun dari tidur dan melihat dia hanya berjalan berputar-putar saja di dalam rumah,” papar ibunya.

Dokumen yang diperoleh Associated Press menunjukkan bahwa kedua orangtuanya, insinyur NASA Richard Katz dan toksikolog yang bekerja untuk pemerintah Elizabeth Katz, tidak sepaham perihal bagaimana cara mengasuh putra mereka. Termasuk soal apakah dia harus meminum obat-obatan antipsikotik yang diresepkan untuknya.

Anak mereka terkadang membuat posisi “meringkuk seperti bola”, tidak mau pergi ke sekolah dan merengek, kata Nyonya Katz.

Hakim di Maryland memberikan hak asuh kepada ibu anak lelaki itu, dan memberikan hak berkunjung kepada ayahnya.

Eli Clayton, 21, dan Taylor Robertson, 27, ditembak mati dalam serangan hari Senin di sebuah turnamen eSports bagi pemain-pemain Madden NFL, sebuah game American football (permainan bola ala Amerika yang lebih mirip rugby daripada sepakbola pada umumnya). Sebelas orang lainnya terluka akibat aksi brutal yang dilakukan David Katz.

Teman-teman sesama penggemar game mengatakan Katz memiliki gaya bermain seperti orang gila dan enggan berteman.

“Kami selalu menganggapnya ‘agak kurang beres’ karena dia tidak bersosialisasi sama sekali,” kata Shay Kivlen, 21, dari Seattle, kepada CBS News hari Senin.

Sheriff Jacksonville, Mike Williams, mengatakan kepada Baltimore Sun hari Senin bahwa motif penembakan yang dilakukan David Katz belum dipastikan.

Sheriff Williams mengatakan pemuda itu membeli senjata api berupa dua buah pistol yang digunakan dalam serangan tersebut secara legal, dari sebuah toko senjata berlisensi di wilayah Baltimore.*

The post Pelaku Penembakan di Jacksonville Terobsesi Video Game, Malas Mandi dan Sekolah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149640
Aksi Penikaman di Jerman Picu Protes Antimigran http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/08/28/149605/aksi-penikaman-di-jerman-picu-protes-antimigran.html Tue, 28 Aug 2018 11:47:47 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149605

Hidayatullah.com--Kematian seorang pria Jerman memicu aksi protes spontan yang digelar oleh kelompok-kelompok kanan jauh yang dikenal dengan sikap xenofobianya. Sebuah […]

The post Aksi Penikaman di Jerman Picu Protes Antimigran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com--Kematian seorang pria Jerman memicu aksi protes spontan yang digelar oleh kelompok-kelompok kanan jauh yang dikenal dengan sikap xenofobianya.

Sebuah festival jalanan di kota Chemnitz, bagian timur Jerman, hari Ahad (26/8/2018) terpaksa dibatalkan beberapa jam sebelum resmi berakhir, setelah 800 orang turun ke jalan memprotes kematian seorang pria berusia 35 tahun.

Korban, yang katanya asli Jerman, ditikam saat terjadi perkelahian yang melibatkan 10 orang, beberapa di antaranya berasal dari “beragam suku bangsa,” kata sumber kepolisian seperti dilansir DW.

Baku hantam itu terjadi sekitar pukul 3 pagi waktu setempat hari Ahad, setelah penutupan festival hari Sabtu malam. Perkelahian didahului dengan adu mulut. Selain satu korban yang tewas itu, dua pria lain berusia 30-an tahun juga ditikam dan sekarang dalam kondisi kritis.

Sementara itu BBC melaporkan bahwa korban tewas adalah seorang tukang kayu bernama Daniel H, yang beribukan wanita Jerman dan berayahkan lelaki asal Kuba.

Polisi dalam aksi baku hantam itu menangkap dua orang laki-laki, satu asal Suriah berusia 23 tahun dan satunya asal Iraq berusia 22 tahun.

Polisi membantah rumor di media sosial yang menyebutkan bahwa perkelahian itu berkaitan dengan kasus pelecehan seksual.

Ahad siang polisi kewalahan menertibkan aksi unjuk rasa ratusan orang, yang juga diikuti oleh kelompok-kelompok kanan-jauh yang dikenal anti terhadap pendatang asing. Pihak berwenang mengatakan mereka umumnya tidak kooperatif dan melemparkan botol-botol minuman ke arah petugas. Tidak sanggup mengatasi massa yang rusuh itu, polisi meminta bantuan dari daerah tetangga Dresden dan Leipzig, lapor DW.

Menurut laporan AFP, unjuk rasa awalnya hanya diikuti oleh sekitar 100 orang saja dan berlangsung tanpa insiden apapun.

Namun kemudian, sekitar 800 orang berkumpul di monumen Karl Marx, yang menjadi titik pusat kota Chemnitz. Monumen tersebut menjadi simbol kota sosialis di Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur), ketika monumennya diganti nama menjadi Karl-Marx-Stadt.

Jurnalis lepas Johannes Grunert mengatakan kepada Spiegel Online bahwa dia menyaksikan sejumlah pengunjuk rasa menggunakan botol-botol untuk menyerang “orang-orang yang tidak berwajah Jerman.”

Pegida, gerakan kanan-jauh yang dikenal anti-Islam dan antimigran, menyeru agar hari Senin sore dilakukan unjuk rasa lagi.

Sementara pada hari Ahad (26/8/2018) malam, politisi Markus Frohnmaier dari AfD –parpol yang beraliran sama dengan Pegida– memanas-manasi publik dengan cuitan di Twitter, “Jika negara tidak lagi dapat melindungi warganya, maka rakyat akan turun ke jalan-jalan dan melindungi diri mereka sendiri. Sederhana saja!”

“Hari ini adalah kewajiban warga negara untuk menghentikan ‘migrasi pisau’ mematikan!” ujarnya, merujuk gelombang arus migran dan pengungsi yang beberapa tahun terakhir membanjiri Jerman. “Peristiwa itu bisa saja menimpa ayah kalian, putra atau saudara lelaki kalian!” imbuhnya.

Polisi melaporkan hari Senin malam (27/8/2018) kelompok kanan-jauh berkumpul di monumen Karl Marx, sementara ucapan belasungkawa dan karangan bunga serta lilin memenuhi lokasi sekitar insiden penusukan tersebut, lansir BBC. Di kerumunan kanan-jauh tampak sebagian orang saling memberikan salam dengan salut tangan ke atas seperti yang biasa dilakukan Hitler. Para pengunjuk rasa itu juga terlihat membawa tulisan berbunyi, “Hentikan banjir pencari suaka.”*

The post Aksi Penikaman di Jerman Picu Protes Antimigran appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149605