Internasional – Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Tue, 19 Dec 2017 06:19:01 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.1 Berebut Makanan Selamatan Kematian Eks Wali Kota, 10 Orang Tewas di Bangladesh http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/19/130803/berebut-makanan-selamatan-kematian-eks-wali-kota-10-orang-tewas-di-bangladesh.html Tue, 19 Dec 2017 00:58:00 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130803

Hidayatullah.com—Sedikitnya sepuluh orang tewas dan lebih dari 30 lainnya luka-luka akibat kekacauan yang terjadi di Chittagong, Bangladesh. Aksi desak-desakan ratusan […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Sedikitnya sepuluh orang tewas dan lebih dari 30 lainnya luka-luka akibat kekacauan yang terjadi di Chittagong, Bangladesh.

Aksi desak-desakan ratusan orang itu terjadi usai prosesi pemakaman mantan wali kota Mohiuddin Chowdhury, ketika warga berebut untuk mendapatkan bungkusan makanan kenduri.

Chowdhury, yang mengurus kota itu selama 16 tahun, meninggal dunia hari Jumat (15/12/2017) dalam usia 73 tahun.

Seorang pejabat kepolisian mengatakan kepada koran itu bahwa semua orang yang meninggal ingin menghadiri acara tersebut. Jumlah korban meninggal kemungkinan bertambah, sebab 15 dari korban yang dirawat di rumah sakit mengalami luka kritis, lansir AFP.

Ratusan orang berbondong-bondong menuju aula pusat kegiatan masyarakat untuk mendapatkan bungkusan makanan yang dibagikan dalam rangka selamatan kematian Chowdhury.

“Kami berulang kali mengumumkan di pengeras suara bahwa ada cukup makanan di aula. Namun, ketika pintu gerbang dibuka, ratusan orang berusaha masuk dalam waktu bersamaan,” kata seorang tokoh lokal Partai Liga Awami, lapor Reuters.

Selamatan itu bagian dari tradisi komunitas Muslim di Bangladesh. Oleh karena status sosialnya, selamatan kematian Chowdhury dilakukan di sejumlah daerah, yang menarik ribuan warga masyarakat.

Koran setempat Daily Star melaporkan bahwa peristiwa itu terjadi di daerah Jamal Khan, dalam sebuah acara yang digelar untuk komunitas minoritas Hindu, lansir BBC.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Mufti Agung Mesir Uji Desertasi Mahasiswa Indonesia http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/19/130912/mufti-agung-mesir-uji-desertasi-mahasiswa-indonesia.html Mon, 18 Dec 2017 19:39:57 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130912

Hidayatullah.com–Sidang ujian desertasi karya mahasiswa Indonesia Muhammad Azuri Qamaruddin, memiliki  suasana berbeda karena yang hadir sebagai penguji adalah Prof. Dr. […]

(Sholah Salim,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com–Sidang ujian desertasi karya mahasiswa Indonesia Muhammad Azuri Qamaruddin, memiliki  suasana berbeda karena yang hadir sebagai penguji adalah Prof. Dr. Syauqi Allam, Mufti Agung Mesir.

Sebgaiamana diberitakan oleh Bawwabah Al Azhar (17/12/2017), Muhammad Azuri Qamaruddin, mahasiswa Indonesia yang menempuh program doktoral di Universitas Al Azhar membahas masalah fiqih keluarga dalam desertasinya.

Mengenai desertasi tersebut, Prof. Dr. Syauqi Allam menyampaikan,”Sesungguhnya karya ini amat penting, jika dilihat dari solusi mengenai persoalan keluarga. Karena keluarga merupakan titik awal, jika ia baik maka masyarakat pun baik”

Selain Prof. Dr. Syauqi Allam, yang turut penjadi penguji dalam forum itu adalah Prof. Dr. Abbas Syauman selaku Wakil Al Azhar, juga Prof. Dr. Ahmad Karima selaku pengajar fiqih.*

(Sholah Salim,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Si Jago Merah Terus “Beraksi”, 270.000 Hektar Lahan di California Ludes http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/18/130892/si-jago-merah-terus-beraksi-270-000-hektar-lahan-di-california-ludes.html Mon, 18 Dec 2017 08:19:55 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130892

Jerry Brown, menyalahkan Presiden Donald Trump atas kebakaran hutan terburuk di Amerika Serikat

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com–Kebakaran hutan terjadi di California, Amerika Serikat dan membakar habis 270.000 hektar serta menghancurkan lebih dari 1.000 bangunan.

Kebakaran yang sudah terjadi hampir dua pekan ini merupakan kebakaran terbesar ketiga di sejarah California.

Dikutip dari Anadolu Agency, Cal Fire, badan darurat kebakaran negara bagian, memperkirakan kebakaran Thomas Fire hanya 40 persen yang baru padam setelah terbakar selama hampir dua minggu, dan mengatakan bahwa hal itu mengancam 18.000 bangunan tambahan.

“Cuaca api yang kritis dikombinasikan dengan pemuatan bahan bakar yang sangat tinggi, kelembaban bahan bakar yang sangat rendah, dan kelembaban relatif satu digit akan terus mendukung pertumbuhan api di sisi barat, timur dan utara,” Cal Fire memperingatkan.

Baca: [Video] Neraka Dunia! Kebakaran di California Meluas ke New York

Sedangkan kebun Binatang Santa Barbara mulai tutup pada hari Ahad karena kualitas udara yang buruk. Sebagai tindakan pencegahan, kebun binatang itu mengirim Burunng Kondor California yang terancam punah ke Kebun Binatang Los Angeles bersama dengan burung pemangsa Ruppell.

Oprah Winfrey, yang memiliki sebuah rumah di wilayah Santa Barbara mengatakan bahwa dia “masih berdoa untuk kota kecil’ itu.

“Tuhan memberkati setiap pemadam kebakaran dan keluarga mereka pertarungan tiga minggu berturut-turut Masih ada Bayangkan kelelahan mereka! #ThomasFire,” penduduk Montecito, California menulis di Twitter.

Baca: Kebakaran Tak Terkendali di California, AS Umumkan Keadaan Darurat

Sementara dikutip dari Tempo, Gubernur California, Jerry Brown, menyalahkan Presiden Donald Trump atas kebakaran hutan terburuk di Amerika Serikat. Menurutnya, kebakaran hebat yang melanda wilayah negara bagian yang dipimpinnya karena Trump menunjukkan sikap seakan tidak takut dengan Tuhan.

“Saya tidak berpikir bahwa Presiden Trump takut pada Tuhan, takut akan murka Allah, yang membuat seseorang bisa menjadi lebih rendah hati,” kata Brown.

Bencana Cedar Fire, akibat perbuatan manusia, adalah kebakaran terbesar dalam sejarah California dan terjadi pada 2003 lalu. Bencana itu melahap 273.000 hektare tanah di San Diego. */Sirajuddin Muslim

(Admin Hidcom,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Pesan Ultah Ke-81 Paus Fransiskus: Jangan Ungkit Kasus Lama http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/18/130813/pesan-ultah-ke-81-paus-fransiskus-jangan-ungkit-kaus-lama.html Sun, 17 Dec 2017 23:58:51 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130813

Hidayatullah.com—Paus Fransiskus mengecam penyebaran berita bohong yang marak tahun-tahun belakangan dengan menyatakannya sebagai “dosa yang sangat serius” dan meminta wartawan […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Paus Fransiskus mengecam penyebaran berita bohong yang marak tahun-tahun belakangan dengan menyatakannya sebagai “dosa yang sangat serius” dan meminta wartawan tidak mengungkit-ungkit kasus lama.

Berbicara dalam perayaan ulang tahunnya ke-81 hari Ahad (17/12/2017) di Vatikan, pemimpin tertinggi Katolik Roma itu mendesak para jurnalis agar tidak melakukan disinformasi atau deformasi, dan menyebut bahwa perkerjaan mereka “fundamental” bagi kehidupan masyarakat demokratis.

Dia menyeru agar para reporter menghindari laporan satu sisi dan tidak mengungkit-ungkit skandal-skandal yang sudah lewat.

Hal tersebut dikatakan Paus Fransiskus di tengah-tengah maraknya kembali berita soal pelanggaran-pelanggaran seksual di kalangan Gereja Katolik. Beberapa hari lalu, hasil penyelidikan pihak berwenang di Australia menyebutkan bahwa terjadi tindakan pembungkaman atau kesengajaan penyembunyian kasus-kasus pelanggaran seksual terutamanya di lembaga-lembaga Katolik.

Pernyataan Fransiskus itu sejalan dengan pesan tahunannya, sebagaimana yang pernah dijanjikan, bahwa tahun ini Vatikan akan memusatkan perhatian pada apa yang disebutnya ‘seruan iblis’ berupa kabar bohong.

“Kalian tidak boleh terjerumus ke dalam ‘dosa komunikasi:’ disinformasi, atau hanya melaporkan satu sisi, kabar bohong sensasional yang merusak citra orang, atau defamasi, mengorek-ngorek masalah yang sudah berlalu, sudah ditangani, dan mengungkit-ungkitnya lagi sekarang,” kata Paus Fransiskus kepada media Katolik seperti dilansir Euronews.

Tindakan-tindakan semacam itu merupakan “dosa besar yang menyakiti hati jurnalis dan orang lain,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir kasus-kasus seputar pelanggaran seksual di lingkungan gereja Katolik banyak diungkap di media Barat. Para korban, di berbagai belahan dunia, satu persatu mengungkapkan bagaimana kejahatan tersebut disimpan dan ditutup-tutupi, serta tidak dilaporkan ke pihak kepolisian selama bertahun-tahun dari lingkungan gereja Katolik terbawah hingga Vatikan. Sejumlah laporan analisis di media negara-negara Barat menyebutkan, faktor ini yang antara lain menjadi penyebab berkurangnya jumlah orang yang menghadiri peribadatan di gereja di Eropa dan Amerika, sehingga banyak gereja yang terpaksa ditutup. *

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Rakyat yang Ingin Inggris Tetap Gabung Uni Eropa Bertambah Persen http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/18/130810/rakyat-yang-ingin-inggris-tetap-gabung-uni-eropa-bertambah-persen.html Sun, 17 Dec 2017 23:44:28 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130810

Hasil Referendum Brexit Juni 2016 menunjukkan, 52 persen rakyat yang menggunakan hak suaranya memilih Inggris hengkang dari Uni Eropa.

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Jajak pendapat yang dilakukan oleh BMG Research untuk koran Independent menunjukkan bahwa rakyat yang ingin agar Inggris tetap sebagai anggota Uni Eropa bertambah sepuluh persen.

BMG Research menanyai 1.509 orang dewasa yang tinggal di Inggris dari tanggal 5 sampai 8 Desember “apakah Inggris harus tetap menjadi anggota Uni Eropa, atau meninggalkan Uni Eropa?” Sebanyak 51 persen responden menilih Inggris tetap menjadi anggota UE, dan 41 persen memilih untuk keluar UE. Sementara 7 persen mengatakan “tidak tahu.”

Namun, ketika didesak untuk memberikan jawaban pasti, hasilnya 55,5 persen mengatakan lebih memilih Inggris bertahan sebagai anggota UE, dan 44,5 persen memilih hengkang.

Independent mengklaim perbedaan pendapat itu merupakan marjin terbesar sejak digelarnya referendum.

Michael Turner, kepala polling BMG Research, mengatakan kepada Independent (17/12/2017) bahwa terakhir kali suara “hengkang” mengungguli suara “bertahan” dalam jajak pendapat Brexit adalah pada bulan Februari 2017.

Namun, pembaca harus mengingat bahwa jika data digali lebih dalam, maka perubahan ini kecenderungannya berasal dari responden yang pada tahun 2016 tidak menggunakan hal suaranya dalam Referendum Brexit, kata Turner.

Hasil Referendum Brexit Juni 2016 menunjukkan, 52 persen rakyat yang menggunakan hak suaranya memilih Inggris hengkang dari Uni Eropa, sementara 48 persen memilih bertahan. Pemilih yang datang ke tempat-tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya mencapai 72,2 persen.

“Jajak pendapat kami menunjukkan bahwa setahun lalu, mereka yang tidak ikut memilih dalam referendum terpecah cukup lebar. Namun, jajak pendapat sekarang menunjukkan mereka cenderung memilih bertahan di EU, dengan marjin lebih dari empat banding satu,” imbuh Turner.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Kapal Selamnya Hilang, Argentina Copot Pimpinan Angkatan Laut http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/18/130806/kapal-selamnya-hilang-argentina-copot-pimpinan-angkatan-laut.html Sun, 17 Dec 2017 23:19:00 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130806

Hidayatullah.com—Argentina mencopot kepala pimpinan angkatan laut menyusul kasus hilangnya sebuah kapal selam beserta krunya di Atlantik Selatan bulan lalu. Menteri […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Argentina mencopot kepala pimpinan angkatan laut menyusul kasus hilangnya sebuah kapal selam beserta krunya di Atlantik Selatan bulan lalu.

Menteri Pertahanan mengganti Laksamana Marcelo Srur, yang dipensiunkan hari Jumat malam (15/12/2017), lapor BBC. Srur, 60, diangkat oleh Presiden Macri untuk memimpin AL Argentina pada Januari 2016.

Kapal selam ARA San juan hilang bersama 44 krunya setelah melaporkan gangguan kelistrikan di lepas pantai Patagonia.

Ada yang Melihat ke Mana Perginya Kapal Selam Argentina?

Operasi pencarian yang melibatkan sejumlah negara itu sampai saat ini tidak dapat menemukan lokasi kapal selam tersebut.

Keluarga para kru yang hilang mendesak pemerintah agar terus mencari kapal selam itu, menyusul pengumuman diakhirinya operasi penyelamatan dua pekan lalu.

Sejumlah kapal masih dikerahkan untuk melakukan pencarian di area di mana suara keras terekam pada jam-jam terakhir sebelum kapal selam itu menghilang, yang menjadi petunjuk bahwa kemungkinan kapal bawah air itu meledak.

Presiden Argentina Mauricio Macri membentuk sebuah komisi independen khusus untuk menyelidiki kasus menghilangnya kapal selam itu, setelah dihujani kritik terkait cara penanganan serta operasi penyelamatan dan pencarian kapal selam itu.

Komisi tersebut terdiri dari tiga pelaut kapal selam, salah satunya adalah ayah dari seorang kru yang hilang.

Menteri Pertahanan Oscar Arguad menjanjikan investigasi akan dilakukan secara transparan dan anggaran yang disediakan tidak terbatas.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
CIA Bantu Kremlin Gagalkan Serangan Teroris http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/18/130688/cia-bantu-kremlin-gagalkan-serangan-teroris.html Sun, 17 Dec 2017 22:36:27 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130688

Rusia akan melakukan hal serupa jika memiliki informasi perihal rencana serangan di wilayah AS.

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Sebuah pernyataan di website pemerintah Rusia mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin menelepon Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari Ahad (17/12/2017), guna mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan oleh CIA.

Dilansir Euronews, Kremlin mengatakan bahwa informasi dari Central Intelligence Agency (CIA) telah membantunya mencegah serangan teroris.

“Presiden Rusia menyampaikan terima kasih kepada koleganya dari Amerika atas informasi yang diberikan oleh Central Intelligence Agency, yang membantu penangkapan sekelompok teroris yang berencana meledakkan Katedral Kazansky dan tempat-tempat keramaian lainnya di kota itu,” kata Kremlin.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa Rusia akan melakukan hal serupa jika memiliki informasi perihal rencana serangan di wilayah AS.

Gedung Putih mengkonfirmasi hal tersebut dalam pernyataan, yang membenarkan bahwa dinas-dinas intelijen AS memberikan peringatan awal kepada pihak berwenang Rusia “soal rencana serangan besar di St. Petersburg.”

Sebelumnya, lewat Twitter sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengkonfirmasi bahwa kedua presiden itu berbicara pada hari Ahad.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Korsel: Tak Ada Les Bahasa Inggris untuk Kelas 1 dan 2 SD http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/16/130679/korsel-tak-ada-les-bahasa-inggris-untuk-kelas-1-dan-2-sd.html Sat, 16 Dec 2017 02:37:38 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130679

Hidayatullah.com—Mulai bulan Maret tahun depan, lembaga pendidikan di seluruh Korea Selatan dilarang mengajarkan bahasa Inggris untuk anak kelas satu dan […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Mulai bulan Maret tahun depan, lembaga pendidikan di seluruh Korea Selatan dilarang mengajarkan bahasa Inggris untuk anak kelas satu dan dua sekolah dasar.

Kebijakan itu diambil untuk mengurangi beban siswa-siswa belia dengan melarang pembelajaran tingkat lanjut. Saat ini bahasa asing itu diajarkan mulai kelas tiga ke atas.

Namun, keputusan itu langsung mendapat kritikan tajam dari masyarakat.

“Putra saya mendapatkan pendidikan bahwa Inggris berkualitas tinggi usai jam sekolah, tiga kali seminggu, hanya dengan biaya 50.000 won perbulan (sekitar 624.000 rupiah). Sekarang, saya harus mencarikannya seorang hagwon privat atau tutor karena pemerintah melarang les Inggris mulai tahun depan usai pembelajaran di sekolah,” kata seorang ibu dari siswa kelas satu sekolah dasar yang tinggal di Changwon, Provinsi Gyeongsang Selatan, seperti dikutip Korea Herald Jumat (15/12/2017).

Seorang ibu beranak dua bermarga Lee menyebut keputusan kementerian pendidikan itu “sama sekali tidak masuk akal.”

“Bahkan anak-anak pra-sekolah les privat bahasa Inggris sekarang ini,” ujarnya.

“Apa maksudnya melarang les berbiaya terjangkau yang diselenggarakan sekolah, sementara les-les privat itu masih dibiarkan ada?” imbuh Lee.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Institut Perlindungan dan Pendidikan Anak Korea, hampir 85 persen anak usia 5 tahun mendapatkan pendidikan privat tahun lalu. Bahasa Inggris menjadi pelajaran keempat paling populer, setelah bahasa Korea, olahraga dan kesenian.

Di seluruh penjuru Korea Selatan, ada sekitar 13.000 guru kontrak yang menyelenggarakan berbagai macam les usai jam sekolah. Mereka mengajarkan bahasa Inggris, sains, sejarah, kesenian, musik, bahkan olahraga.

Bahasa Inggris merupakan subyek yang paling diminati orangtua, dan mata pelajaran ini yang satu-satunya dilarang pemerintah. Sejarah diajarkan di kelas lima, tetapi kelas sejarah yang diajarkan usai jam sekolah tidak dilarang.

Bagi sekitar 7.000 guru les bahasa Inggris, yang kebanyakan merupakan pekerja kontrak, ini adalah masalah hajat hidupnya.

“kebanyakan kelas bahasa Inggris sekolah dasar adalah untuk siswa kelas satu dan dua. Dalam keputusan pemerintah itu sama sekali tidak ada pertimbangan soal guru kontrak seperti kami, yang hajat hidupnya sangat tergantung pada kelas yang akan mereka tutup,” kata Kim Kyung-hee, seorang guru les dan ketua Serikat Guru Les.

“Sepengetahuan saya hanya ada satu tempat les bahasa Inggris di dekat sekolah kami, yang pastinya tidak cukup mengakomodasi semua anak kelas satu dan dua jika orangtua mereka ingin mengirim anak-anaknya ke sana,” kata guru les bermarga Jung.

Sementara itu, petisi online lewat website Cheong Wa Dae yang memprotes kebijakan itu sejauh ini sudah mengumpulkan 18.000 dukungan.

Seorang pejabat dari Kementerian Pendidikan Korea Selatan mengatakan kepada Korea Herald bahwa penutupan les bahasa Inggris untuk anak kelas 1 dan 2 SD akan dilakukan mulai Maret 2018.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Airbus Ganti CEO dan COO Terkait Kasus Korupsi http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/16/130672/airbus-ganti-ceo-dan-coo-terkait-kasus-korupsi.html Sat, 16 Dec 2017 00:45:45 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130672

Hidayatullah.com—Pabrikan pesawat terbang Airbus akan menganti dua eksekutif papan atasnya. Perusahaan berbasis di Prancis itu menghadapi penyelidikan kasus korupsi di […]

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Pabrikan pesawat terbang Airbus akan menganti dua eksekutif papan atasnya. Perusahaan berbasis di Prancis itu menghadapi penyelidikan kasus korupsi di Prancis, Jerman, Inggris dan Austria.

Pimpinan eksekutif (CEO) Airbus Tom Enders tidak akan dipilih kembali untuk memimpin perusahaan itu ketika masa jabatannya habis akhir tahun 2019, demikian diumumkan Airbus hari Jumat (15/12/2017).

Kepala operasional (COO) dan presiden pesawat komersial Fabrice Bregier akan melepaskan jabatannya pada Februari 2018 dan digantikan oleh Guillaume Faury, yang sekarang memimpin unit helikopter, lapor RFI.

Kabar kepergian kedua pejabat tinggi Airbus itu muncul di media Prancis hari Selasa (12/12/2017), meningkatkan kekhawatiran pertarungan suksesi akan mengguncang perusahaan itu. Akan tetapi, hari Jumat kemarin saham Airbus masih stabil di 85,32 euro di bursa saham Paris.

Airbus sedang dalam proses penyelidikan oleh kejaksaan Prancis dan Serious Fraud Office Inggris terkait kasus dugaan korupsi di cabangnya di Inggris yang memproduksi pesawat sipil. Masalah korupsi itu dilaporkan sendiri oleh pihak Airbus ke pihak berwenang.

Tim investigasi Prancis pada bulan November menggeledah kantor Airbus yang berada di pinggiran kota Paris.

Perusahaan raksasa itu juga menjadi target penyelidikan di Austria dan Jerman terkait penjualan jet militer Eurofighter ke Austria tahun 2003.

Dewan direksi Airbus mengatakan akan menjajaki calon-calon penggati Enders tahun depan, yang diharapkan bisa dikukuhkan pada rapat pemegang saham tahun 2019.

Setelah 25 tahun bergabung dengan Airbus, Bregier (56) menjanjikan transisi kepemimpinan yang mulus kepada penggantinya.

Meskipun terjadi pergesekan dengan Bregier yang merupakan orang nomor duanya, Enders memberikan pujian kepada koleganya asal Prancis tersebut.

“Banyak kesuksesan yang membanggakan perusahaan ini selama lebih dari 10 tahun telah dicapai melalui kepemimpinan bersama oleh Fabrice dan saya,” kata pria berusia 59 tahun asal Jerman itu.

Faury, eksekutif asal Prancis yang baru berusia 49 tahun, dianggap berhasil memimpin unit helikopter meskipun masih ada sejumlah masalah di unit bisnis Airbus yang satu itu.

Dia “mewakili generasi baru kepemimpinan kami,” kata Enders.

Penggantinya akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

Pemerintah Jerman dan Prancis memiliki 22 persen saham Aairbus, yang mempekerjakan 134.000 orang dan merupakan penyumbang besar bagi surplus perdagangan kedua negara tersebut.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>
Dewan Kota Paris: Hewan Tak Boleh Ikut Sirkus http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2017/12/15/130645/dewan-kota-paris-hewan-tak-boleh-ikut-sirkus.html Fri, 15 Dec 2017 14:13:05 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=130645

Kritik terhadap penggunaan hewan dalam pertunjukan sirkus menguat di Prancis dan 65 dewan pemerintah daerah sudah menyatakannya terlarang.

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>

Hidayatullah.com—Dewan Kota Paris memutuskan bahwa hewan-hewan liar tidak boleh diikutsertakan dalam atraksi sirkus, tetapi menyerahkan keputusan aktualnya soal pelarangan itu kepada pemerintah.

Dilansir Radio France Internationale Kamis (14/12/2017), dewan kota secara bulat mendukung kebijakan yang diusulkan oleh Wali Kota Anne Hidalgo tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka sepakat bulat untuk tidak mengikutsertakan hewan-hewan liar dalam sirkus.

Meskipun demikian, anggota legislatif di ibukota Prancis itu tidak memerintahkan para pemilik sirkus berhenti menggunakan hewan dalam pertunjukan. Mereka menyerahkan implementasi larangan itu sepenuhnya kepada pemerintah, terlebih jika akan diterapkan secara nasional.

Kritik terhadap penggunaan hewan dalam pertunjukan sirkus menguat di Prancis dan 65 dewan pemerintah daerah sudah menyatakannya terlarang.

Larangan serupa bahkan sudah diberlakukan di 19 negara Eropa lain.

Masalah ini mendapat sorotan tajam dari publik Prancis pada bulan November lalu, ketika seekor harimau ditembak mati di jalanan kota Paris setelah kabur dari rombongan sirkus.

Anggota dewan yang juga seorang pakar lingkungan, Jacques Boutault, mengatakan bahwa kepputusan hari Rabu itu merupakan sebuah langkah maju, meskipun kecil dan tidak ditindaklanjuti lebih jauh.

Dewan kota Paris akan menggelar pertemuan dengan para pemilik sirkus untuk mendiskusikan langkah apa yang akan diambil terhadap hewan-hewan yang ada.*

(Ama Farah,Hidayatullah.com - Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran )

]]>